POLA INTERAKSI
EDUKATIF
Ada beberapa pola interaksi
antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Pola-pola tersebut antara
lain:
1.
Pola interaksi dasar
Pada pola
ini tidak terlihat ada unsur yang mendominasi proses interaksi. Di antara guru,
siswa, dan isi/materi pembelajaran secara seimbang atau saling bergantian
saling mendominasi.
2.
Pola interaksi berpusat
pada guru
Interaksi
pembelajaran yang bepusat pada guru, biasanya proses pembelajarannya berbentuk
penyampaian materi, kegiatan pembelajaran sepenuhnya ada di guru. Guru aktif
menyampaikan materi, sedangkan siswa hanya menerima secara pasif. Guru menjadi
satu-satunya sumber belajar. Pada pola interaksi ini terjadi transfer of
knowledge (pemindahan pengetahuan). Siswa diharuskan menguasai mater-materi
yang disampaikan oleh guru. Proses pembelajaran dipandang sebagai penyampaian
materi pembelajaran.
3.
Pola interaksi berpusat
pada isi/materi
Proses
pembelajaran dengan pola interaksi berpusat pada materi, guru menyampaikan
materi diikuti dengan kegiatan siswa yang juga mempelajari materi tersebut
dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Pada pola ini memungkinkan terjadi
interaksi antara guru dan siswa, siswa dan siswa. Siswa bisa juga menjadi
sumber belajar bagi siswa lainnya.
4.
Pola interaksi berpusat
pada siswa
Pada pola
ini, siswa berperan aktif dalam merencanakan dan melaksanakan proses
pembelajarannya. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan setiap
kegiatan dalam mempelajari materi yang telah ditentukannya.
Selain itu, terdapat pula pola
interaksi yang lain, seperti:
1.
Interaksi satu arah
(guru-siswa)
2.
Interaksi dua arah
(guru-siswa dan siswa-guru)
3.
Interaksi banyak arah
(guru-siswa, siswa-guru, siswa-siswa, dan siswa-sumber belajar lain)
No comments:
Post a Comment