Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Thursday, November 27, 2014

Pola Interaksi Edukatif



POLA INTERAKSI EDUKATIF

Ada beberapa pola interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Pola-pola tersebut antara lain:
1.      Pola interaksi dasar
Pada pola ini tidak terlihat ada unsur yang mendominasi proses interaksi. Di antara guru, siswa, dan isi/materi pembelajaran secara seimbang atau saling bergantian saling mendominasi.
2.      Pola interaksi berpusat pada guru
Interaksi pembelajaran yang bepusat pada guru, biasanya proses pembelajarannya berbentuk penyampaian materi, kegiatan pembelajaran sepenuhnya ada di guru. Guru aktif menyampaikan materi, sedangkan siswa hanya menerima secara pasif. Guru menjadi satu-satunya sumber belajar. Pada pola interaksi ini terjadi transfer of knowledge (pemindahan pengetahuan). Siswa diharuskan menguasai mater-materi yang disampaikan oleh guru. Proses pembelajaran dipandang sebagai penyampaian materi pembelajaran.
3.      Pola interaksi berpusat pada isi/materi
Proses pembelajaran dengan pola interaksi berpusat pada materi, guru menyampaikan materi diikuti dengan kegiatan siswa yang juga mempelajari materi tersebut dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Pada pola ini memungkinkan terjadi interaksi antara guru dan siswa, siswa dan siswa. Siswa bisa juga menjadi sumber belajar bagi siswa lainnya.
4.      Pola interaksi berpusat pada siswa
Pada pola ini, siswa berperan aktif dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajarannya. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan setiap kegiatan dalam mempelajari materi yang telah ditentukannya.
Selain itu, terdapat pula pola interaksi yang lain, seperti:
1.      Interaksi satu arah (guru-siswa)
2.      Interaksi dua arah (guru-siswa dan siswa-guru)
3.      Interaksi banyak arah (guru-siswa, siswa-guru, siswa-siswa, dan siswa-sumber belajar lain)


No comments: