RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MTs Nurul Huda Sukaraja
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Materi Pokok : Sifat-Sifat Allah
Alokasi Waktu : 4 x 40’ (2 x
pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI.3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1.2. Meyakini sifat-sifat Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan
ma’nawiyah, sifat-sifat mustahil serta sifat jaiz Allah.
2.2. Menampilkan perilaku mengimani sifat-sifat Allah.
3.2. Mengidentifikasi sifat-sifat Allah yang nafsiyah, salbiyah,
ma’ani, dan ma’nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat
mustahil, serta sifat jaiz Allah.
C. Indikator
1.
Menjelaskan pengertian sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat jaiz Allah.
2. Menjelaskan pembagian sifat-sifat wajib dan mustahil Allah
yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan
ma’nawiyah.
3. Menyebutkan sifat wajib
Allah, sifat mustahil Allah, dan sifat jaiz Allah.
4. Menunjukkan dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib, mustahil,
dan jaiz Allah.
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
peserta didik mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar, dan merefleksi
tentang sifat-sifat Allah diharapkan mampu:
1.
Meyakini sifat-sifat wajib
Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah, sifat-sifat mustahil,
serta sifat jaiz Allah.
2.
Menampilkan perilaku orang
yang mengimani sifat-sifat Allah.
3.
Mengidentifikasi
sifat-sifat Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah.
4.
Mengidentifikasi
bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz Allah.
E. Materi Pembelajaran
Pertemuan
pertama (2x40’)
1.
Sebagai seorang hamba, maka
manusia wajib mengenal Allah dengan cara mengenal sifat-sifat-Nya.
2.
Allah memiliki tiga macam
sifat, yaitu: sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat jaiz.
3.
Sifat wajib Allah adalah
sifat-sifat yang pasti dimiliki oleh Allah yang sesuai dengan keagungan-Nya
sebagai pencipta alam seisinya.
4.
Sifat mustahil Allah adalah
kebalikan dari sifat wajib Allah, yaitu sifat yang tidak mungkin ada dan tidak
layak disandarkan pada dzat Allah sebagai pencipta alam semesta.
5.
Sifat jaiz Allah berarti
sifat kebebasan Allah, yaitu kebebasan yang dimiliki-Nya sebagai Tuhan alam
semesta.
6.
Sifat wajib dan sifat
mustahil Allah ada 20 yang dikelompokkan menjadi empat kelompok, yaitu:
nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah.
7.
Sifat nafsiyah adalah sifat
yang berhubungan dengan zat-Nya, yaitu apabila sifat dengan zat-Nya dipisahkan,
maka zatnya akan hilang. Sifat nafsiyah hanya satu yaitu wujud yang berarti
ada.
8.
Sifat salbiyah adalah sifat meniadakan adanya
sifat sebaliknya dan tidak bisa digambarkan oleh akal pikiran manusia. Allah
Maha Suci dan tidak mungkin mempunyai sifat-sifat yang berlawanan dengan
sifat-sifat tersebut. Sifat salbiyah ada lima, yaitu: Qidam,
tidak ada permulaan; Baqa’, tidak ada kesudahannya; Mukhalafatul
lilhawadisi, berlainan dengan makhluk; Qiyamuhu binafsihi, berdiri sendiri; dan
Wahdaniyah,
tidak berbilang/Maha Esa.
9.
Sifat ma’ani adalah sifat
yang memastikan bahwa Allah bersifat dengan sifat-sifat tersebut. Sifat
ini abstrak, ada pada zat Allah yang
dapat dibayangkan oleh pikiran manusia, dan ada buktinya. Sifat ma’ani ada
tujuh, yaitu: Qudrat, Allah itu Berkuasa; Iradat,
Allah itu Berkehendak; Ilmu, Allah itu Mengetahui; Hayat,
Allah itu Maha Hidup; Sama‘, Allah itu Maha Mendengar; Basar,
Allah itu Maha Melihat; Kalam, Allah itu Maha Berfirman.
10.
Sifat ma’nawiyah adalah
sifat yang merupakan kelaziman atau keharusan dari sifat-sifat ma’ani. Sifat
ma’nawiyah ada tujuh, yaitu: Qadiran, Maha Kuasa; Muridan,
Maha Berkehendak; ’Aliman, Maha Mengetahui; Hayyan,
Maha Hidup; Sami‘an, Maha Mendengar; Basiran,
Maha Melihat; Mutakalliman, Maha Berfirman.
11.
Sifat mustahil Allah ada
20, yaitu: Adam (عدم), artinya tidak ada.
Hudus (حد ث), artinya baru. Fana (فناء), artinya rusak. Mumasalatu
lil hawadisi (مماثلة
للحوادث), artinya menyerupai
yang baru. Ihtiyaju ligairihi (احتياج لغيره), artinya membutuhkan yang lainnya. Ta‘adud (تعدد), artinya berbilang. ‘Ajz (عجز), artinya lemah. Karahah (كرحة), artinya terpaksa. Jahl (جهل), artinya bodoh. Maut (موت), artinya mati. Samam (صمم), artinya tuli. ’Umyun (عمي), artinya buta. Bukmun (بكم), artinya bisu. Ajizan (عجيزا), artinya maha lemah. Mukrahah
(مكرها), artinya maha terpaksa. Jahilan (جاهلا), artinya maha bodoh. Mayyitan
(ميتا), artinya maha mati. Asamma (اصمى), artinya maha tuli.A‘ma (اعمى), artinya maha buta. Abkam (ابكم),
artinya maha bisu.
12.
Sifat jaiz bagi Allah adalah satu, yaitu:
فِعْلُ كلَّ مُمْكِنٍ اَوْ تَرْكُهُ
Artinya:
”Memperbuat segala sesuatu yang mungkin terjadi atau tidak memperbuatnya.”
Pertemuan
kedua (2x40’)
Dalil
sifat-sifat Allah:
a.
Sifat Wujud
اللّهُ
الَّذِي رَفَعَ السَّمَاوَاتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى
الْعَرْشِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لأَجَلٍ مُّسَمًّى
يُدَبِّرُ الأَمْرَ يُفَصِّلُ الآيَاتِ لَعَلَّكُم بِلِقَاء رَبِّكُمْ تُوقِنُونَ.
Artinya:
”Allahlah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat,
kemudian Dia bersemayam di atas (menguasai) Arsy, dan menundukkan matahari dan
bulan. Masingmasing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan
(makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) supaya kamu meyakini
pertemuan (mu) dengan Tuhanmu.” (Q.S. Ar-Ra’du: 2)
b.
Sifat Qidam
هُوَ اْلاَوَّلُ وَاْلاخِرُ...
Artinya:
”Dialah Allah yang awal dan yang akhir...” (Q.S. Al-Hadid: 3)
c.
Baqa
كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ إِلاّ وَجْهَهُ
Artinya:
”... Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah...” (Q.S. Al-Qasas : 88)
d.
Sifat Mukhalafatu
Lilhawadisi
لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ
البَصِيرُ.
Artinya:
”Dan tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia (Allah).” (Q.S. Asy-Syura:
11)
e.
Sifat Qiyamuhu Binafsihi
أَنتُمُ الْفُقَرَاء إِلَى اللَّهِ وَاللَّهُ
هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ.
Artinya:
”... kamulah yang membutuh-kan Allah; sedangkan Allah, Dialah yang Maha Kaya
(tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.” (Q.S. Fatir: 15)
f.
Wahdaniyah
لَوْ
كَانَ فِيهِمَا آلِهَةٌ إِلا اللَّهُ لَفَسَدَتَا
Artinya:
”Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah
keduanya itu telah rusak binasa.” (Q.S. Al-Anbiya: 22)
g.
Qudrat
إِنَّ اللَّه عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Artinya:
”... Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu.” (Q.S. Al-Baqarah: 20)
h.
Iradat
إِنَّمَا
أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئاً أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ
Artinya:”Sesungguhnya
apabila Dia (Allah) menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, ‘Jadilah!’
maka jadilah.” (Q.S. Yasin: 82)
i.
Ilmu
يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِي الْأَرْضِ وَمَا
يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا وَهُوَ
الرَّحِيمُ الْغَفُورُ
Artinya:
”Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi, apa yang keluar daripadanya,
apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya, dan Dia-lah yang Maha
Penyayang lagi Maha Pengampun.”(Q.S. Saba: 2)
j.
Hayat
اللّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ
الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ
Artinya:
”Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus-menerus
mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur...” (Q.S. Al-Baqarah:
255)
k.
Sama’
قُلْ أَتَعْبُدُونَ مِن دُونِ اللّهِ مَا لاَ
يَمْلِكُ لَكُمْ ضَرّاً وَلاَ نَفْعاً وَاللّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
Artinya:
”Katakanlah, ’Mengapa kamu menyembah selain daripada Allah, sesuatu yang
tidak dapat memberi mudarat kepadamu, dan tidak (pula) memberi manfaat?’
Dan Allah-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. Al-Maidah: 76)
l.
Bashar
إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ البَصِيرُ
Artinya:
”... Sesungguhnya Allah zat yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (Q.S.Al-Isra:
1)
m.
Kalam
وَكَلَّمَ اللّهُ مُوسَى تَكْلِيماً
Artinya:
”Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung.” (Q.S.
an-Nisa’:164)
F. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
Scientific:
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan.
2. Model
Direct
instruction (pembelajaran langsung).
3.
Metode
Artikulasi
(membuat atau mencari pasangan untuk mengetahui daya serap peserta didik).
G. Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1. Media
Multimedia
berbasis ICT: slide power point.
2. Alat
Komputer/Laptop,
LCD Proyektor, Sound System, Instalasi listrik.
3. Sumber
pembelajaran
Kementerian
Agama. 2014. Buku siswa Akidah Akhlak untuk MTs kelas VII. Jakarta:
Kementerian Agama.
Hidayat,
Junaidi, dkk. 2009. Ayo Memahami Akidah dan Akhlak MTs kelas VII.
Jakarta: Airlangga.
H. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran, antara lain dengan
berdo’a, tadarus, mengecek kebersihan kelas, dan mengecek kehadiran peserta didik.
b.
Guru mengajukan pertanyaan
secara komunikatif tentang materi yang telah dipelajari dan hal-hal yang
berkaitan dengan materi sifat-sifat Allah.
c.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan cakupan materi serta kegiatan yang akan dilakukan peserta
didik.
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
Mengamati
gambar atau video yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam yang
berhubungan dengan sifat-sifat Allah.
Menyimak
dan membaca materi tentang sifat-sifat Allah
Mendengarkan
penjelasan tentang sifat-sifat Allah
Menanya
Siswa
menyusun pertanyaan tentang sifat-sifat Allah
Mengajukan
beberapa pertanyaan tentang sifat-sifat Allah
Mengumpulkan
informasi
Membaca
sumber lain tentang sifat-sifat Allah
Menginventarisir
contoh-contoh perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat Allah
Mendiskusikan
materi yang diperoleh tentang sifat-sifat Allah.
Mengasosiasi
Saling
mencocokkan materi yang diperoleh dari sumber lain.
Membuat
peta konsep tentang sifat-sifat Allah.
Menyimpulkan
contoh-contoh perilaku orang yang mengimani sifat-sifat Allah.
Mengkomunikasikan
Memaparkan
temuan-temuan tentang perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat Allah
3.
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa membuat
rangkuman/simpulan materi pembelajaran.
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Memberikan penugasan sesuai
dengan materi pembelajaran untuk pengayaan dan/atau remedi.
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan
kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran, antara lain dengan
berdo’a, tadarus, mengecek kebersihan kelas, dan mengecek kehadiran peserta
didik.
b.
Guru mengajukan pertanyaan
secara komunikatif tentang materi yang telah dipelajari dan hal-hal yang
berkaitan dengan materi sifat-sifat Allah.
c.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan cakupan materi serta kegiatan yang akan dilakukan peserta
didik.
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
Mendengarkan
penjelasan tentang dalil sifat-sifat Allah
Membaca
ayat-ayat al-Qur’an tentang sifat-sifat Allah
Mencermati
isi kandungan ayat-ayat al-Qur’an tentang sifat-sifat Allah
Menanya
Siswa
menyusun pertanyaan tentang dalil sifat-sifat Allah
Mengajukan
beberapa pertanyaan tentang dalil sifat-sifat Allah
Mengumpulkan
informasi
Membaca
sumber lain tentang dalil sifat-sifat Allah
Menggali
dari berbagai sumber dalil sifat-sifat Allah.
Mengasosiasi
Saling
mencocokkan materi yang diperoleh dari sumber lain.
Menyimpulkan
isi kandungan ayat tentang sifat Allah.
Mengkomunikasikan
Memaparkan
temuan-temuan tentang perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat Allah
Membacakan
dalil naqli tentang sifat-sifat Allah
Menyajikan
kesimpulan isi kandungan ayat tentang sifat Allah
3.
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa membuat
rangkuman/simpulan materi pembelajaran.
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Memberikan penugasan sesuai
dengan materi pembelajaran untuk pengayaan dan/atau remedi.
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
I. Penilaian
1.
Penilaian sikap
a.
Jenis/teknik penilaian :
Observasi
b. Bentuk
instrumen penilaian :
Lembar observasi
c. Instrumen
penilaian
No.
|
Aspek
|
Skor (1-4)
|
1
|
Tanggung
Jawab
a. Berupaya menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan
b. Menggunakan waktu secara efisien untuk mengerjakan
seluruh tugas
c. Menjalankan peran secara sukarela
d. Melaporkan setiap peristiwa yang memerlukan
penanganan guru
|
4
|
2
|
Disiplin
a. Hadir tepat waktu
b. Mengikuti seluruh proses pembelajaran
c. Mentaati prosedur belajar sesuai tugas
d. Selesai tepat waktu
|
4
|
No.
|
Aspek
|
Skor (1-4)
|
3
|
Kerja
sama
a.
Melibatkan diri dan mengambil peran secara aktif dalam kelas
b. Berbagi
tugas dengan siswa lain
(tidak mendominasi)
c. Tidak mengganggu siswa lain
d. Membantu mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran
|
4
|
Jumlah Skor
|
12
|
d. Pedoman
penskoran
1)
Penskoran
Skor 4, jika seluruh indikator ditunjukkan oleh
siswa yang diamati
Skor 3, jika tiga indikator ditunjukkan oleh siswa yang diamati
Skor 2, jika dua indikator ditunjukkan oleh siswa yang diamati
Skor 1, jika hanya satu indikator ditunjukkan
oleh siswa yang diamati
2)
Pengolahan skor
Skor maksimum : 12
Skor perolehan peserta
didik : SP
Nilai yang diperoleh
peserta didik : SP/12 X 4
3) Rentang
nilai
Nilai
|
Predikat
|
0,00˂Nilai≤1,00
|
D
|
1,00˂Nilai≤1,33
|
D+
|
1,33˂Nilai≤1,66
|
C-
|
1,66˂Nilai≤2,00
|
C
|
2,00˂Nilai≤2,33
|
C+
|
2,33˂Nilai≤2,66
|
B-
|
2,66˂Nilai≤3,00
|
B
|
3,00˂Nilai≤3,33
|
B+
|
3,33˂Nilai≤3,66
|
A-
|
3,66˂Nilai≤4,00
|
A
|
2.
Penilaian pengetahuan
a.
Jenis/teknik penilaian :
Tes tertulis
b. Bentuk
instrumen penilaian :
Uraian
c. Instrumen
penilaian
No
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Apa pengertian sifat wajib
Allah?
|
Sifat wajib Allah adalah
sifat-sifat yang pasti dimiliki oleh Allah yang sesuai dengan keagungan-Nya
sebagai pencipta alam seisinya.
|
4
|
2
|
Apa yang dimaksud dengan
sifat mustahil Allah?
|
Sifat mustahil Allah adalah
kebalikan dari sifat wajib Allah, yaitu sifat yang tidak mungkin ada dan
tidak layak disandarkan pada dzat Allah sebagai pencipta alam semesta.
|
4
|
3
|
Apa pengertian sifat jaiz
Allah?
|
Sifat jaiz Allah berarti
sifat kebebasan Allah, yaitu kebebasan yang dimiliki-Nya sebagai Tuhan alam
semesta.
|
4
|
4
|
Tuliskan 20 sifat wajib
Allah?
|
Wujud, Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lilhawadisi,
Qiyamuhu binafsihi, Wahdaniyah, Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat,
Sama’, Basar, Kalam, Qadiran, Muridan, ’Aliman,
Hayyan, Sami’an, Basiran, dan Mutakalliman.
|
4
|
No
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
5
|
Tuliskan 20 sifat mustahil
Allah?
|
Adam, Hudus,
Fana, Mumasalatu lil hawadisi, Ihtiyaju ligairihi, Ta‘adud, ’Ajzun, Karahah, Jahlun, Maut, Shamam, ’Umyun, Bukmun, ’Ajizan, Mukrahah, Jahilan, Mayyitan, Ashamma, A’ma,
dan Abkam.
|
4
|
6
|
Apa pengertian sifat
nafsiyah?
|
Sifat nafsiyah adalah sifat
yang berhubungan dengan zat-Nya, yaitu apabila sifat dengan zat-Nya dipisahkan,
maka zatnya akan hilang.
|
4
|
7
|
Apa pengertian sifat
salbiyah?
|
Sifat salbiyah adalah sifat meniadakan adanya
sifat sebaliknya dan tidak bisa digambarkan oleh akal pikiran manusia. Allah
Maha Suci dan tidak mungkin mempunyai sifat-sifat yang berlawanan dengan
sifat-sifat tersebut.
|
4
|
8
|
Apa saja sifat yang termasuk
kelompok sifat salbiyah?
|
Qidam,
Baqa’, Mukhalafatul lilhawadisi, Qiyamuhu binafsihi, dan
Wahdaniyah.
|
4
|
9
|
Apa saja sifat yang termasuk
kelompok sifat ma’ani?
|
Qudrat,
Iradat, Ilmu, Hayat, Sama’, Basar, Kalam.
|
4
|
10
|
Apa saja sifat yang termasuk
kelompok sifat maknawiyah?
|
Qadiran,
Muridan, ’Aliman, Hayyan,
Sami’an,
Basiran,
dan Mutakalliman.
|
4
|
Jumlah
|
40
|
d. Pedoman penskoran
1)
Penskoran
Skor 4, jika jawaban benar dan lengkap
Skor 3, jika jawaban benar tetapi kurang
lengkap
Skor 2, jika sebagian jawaban benar dan
kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian jawaban yang
benar dan tidak lengkap
2)
Pengolahan skor
Skor maksimum : 40
Skor perolehan peserta
didik : SP
Nilai yang diperoleh
peserta didik : SP/40 X 4
3) Rentang
nilai
Nilai
|
Predikat
|
0,00˂Nilai≤1,00
|
D
|
1,00˂Nilai≤1,33
|
D+
|
1,33˂Nilai≤1,66
|
C-
|
1,66˂Nilai≤2,00
|
C
|
2,00˂Nilai≤2,33
|
C+
|
2,33˂Nilai≤2,66
|
B-
|
2,66˂Nilai≤3,00
|
B
|
3,00˂Nilai≤3,33
|
B+
|
3,33˂Nilai≤3,66
|
A-
|
3,66˂Nilai≤4,00
|
A
|
3.
Penilaian keterampilan
a.
Jenis/teknik penilaian :
Unjuk kerja
b. Bentuk
instrumen penilaian :
Lembar penilaian unjuk kerja
c. Instrumen
penilaian
No
|
Butir Soal
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Tulislah salah satu ayat
al-Qur’an yang menjadi dalil sifat-sifat Allah!
|
Bentuk huruf
Keindahan
Kerapian
|
4
|
2
|
Berilah syakal (harakat)
ayat tersebut secara lengkap!
|
Harakat fathah
Harakat kasroh
Harakat domah
Harakat sukun
Harakat tasdid
|
4
|
3
|
Bacalah ayat tersebut dengan
tartil!
|
Makharijulhuruf
Tajwid
|
4
|
4
|
Artikan ayat tersebut dengan
benar!
|
Jelas
Runtut
|
4
|
5
|
Presentasikan kesimpulan isi
kandungan ayat tersebut
|
Jelas
Runtut
Penguasaan materi
|
4
|
Jumlah skor
|
20
|
d. Pedoman
penskoran
1) Penskoran
Skor 4, jika
semua indikator terpenuhi dan benar
Skor 3, jika
semua indikator terpenuhi dan kurang benar
Skor 2, jika
sebagian indikator terpenuhi dan kurang benar
Skor 1, jika
sebagian indikator terpenuhi dan tidak benar
2)
Pengolahan skor
Skor maksimum : 20
Skor perolehan peserta
didik : SP
Nilai yang diperoleh
peserta didik : SP/20 X 4
3) Rentang
nilai
Nilai
|
Predikat
|
0,00˂Nilai≤1,00
|
D
|
1,00˂Nilai≤1,33
|
D+
|
1,33˂Nilai≤1,66
|
C-
|
1,66˂Nilai≤2,00
|
C
|
2,00˂Nilai≤2,33
|
C+
|
2,33˂Nilai≤2,66
|
B-
|
2,66˂Nilai≤3,00
|
B
|
3,00˂Nilai≤3,33
|
B+
|
3,33˂Nilai≤3,66
|
A-
|
3,66˂Nilai≤4,00
|
A
|
Mengetahui Sukaraja,
Kepala Madrasah, Guru
Mata Pelajaran,
Sugiyanto, S.Ag. Mukhamad
Fathoni, S.Pd.I.
NIP. – NIP.
198002162005011003
Selengkapnya dapat diunduh di bawah ini:
Cover
Rincian Minggu Efektif
Silabus
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
1 comment:
terimakasih, semoga tulisan tulisannya memberi manfaat
Post a Comment