NASKAH SOAL UJIAN AKHIR
SEMESTER (UAS)
Identitas
Perguruan Tinggi :
STKIP Nurul Huda Sukaraja
Mata kuliah : Belajar dan Pembelajaran
Program studi : Pendidikan Fisika
Semester : III
Sifat :
Take home
Tahun Akademik :
2014/2015
Petunjuk
1.
Baca dengan teliti setiap soal yang disajikan!
2.
Tulis jawaban dengan sistematis sehingga mudah dibaca dan
dipahami.
3.
Jawaban diketik rapi menggunakan kertas A4 dengan spasi
dobel.
4.
Jawaban dikumpul pada tanggal 19 Januari 2015.
5.
Ujian ulang dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2015.
6. Keterlambatan
pengumpulan jawaban akan berdampak pada pemberian sanksi berupa pengurangan
skor penilaian (10 skor).
7.
Apabila ada hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan
langsung kepada dosen pembimbing.
Soal
1.
Secara garis besar teori-teori belajar dikelompokkan
menjadi tiga paradigma, yaitu behaviorisme, kognitivisme, dan konstruktivisme. Uraikan
secara sistematis tentang pengertian belajar, ciri-ciri teori, proses
pembelajaran, implikasi teori terhadap pembelajaran, dan berikan kritik
terhadap masing-masing paradigma tersebut!
2.
Metodologi pembelajaran secara hierarkis terdiri dari
strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, model pembelajaran, metode
pembelajaran, teknik pembelajaran, dan taktik pembelajaran. Uraikan secara sistematis
pengertian dan perbedaan masing-masing konsep tersebut!
3.
Pilih satu strategi pembelajaran atau model pembelajaran
atau metode pembelajaran! Uraikan pengertian, tujuan, urutan langkah (sintak), peran
guru, sistem pendukung, kelebihan, dan kekurangan dengan menggunakan strategi
atau model atau metode pembelajaran tersebut!
4.
Ada beberapa prinsip yang perlu dipertimbangkan dalam
memilih atau menentukan strategi atau model atau metode pembelajaran yang akan
digunakan, antara lain tentang karakteristik siswa, karakteristik materi ajar,
media, dan alokasi waktu yang tersedia. Uraikan secara sistematis keterkaitan
antara strategi atau model atau metode yang dipilih dengan beberapa
karakteristik tersebut!
5.
Pilih satu materi pembelajaran Fisika! Berdasarkan materi
tersebut, tentukan/uraikan tujuan pembelajaran, analisis materi (cakupan materi
dan tingkat kesulitannya), alokasi waktu yang dibutuhkan, langkah-langkah proses
pembelajaran, penilaian (kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan), pengayaan,
remedial, dan interaksi guru dengan orang tua!
Bekerjalah dengan jujur, karena
apapun yang Anda kerjakan, Tuhan Maha Mengetahui
|
No comments:
Post a Comment