LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI/INFORMATIKA
DI MTs NURUL HUDA SUKARAJA
PERIODE TRIWULAN 1 (JANUARI – MARET 2025)
A. Pendahuluan
Kompetensi pedagogik yang harus dikuasai guru antara lain kemampuan merencanakan pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran, dan kemampuan menilai pembelajaran.
Setelah guru melaksanakan kegiatan
merencanakan pembelajaran, maka selanjutnya yang harus dilakukan oleh guru
adalah melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas atau di laboratorium sesuai
dengan jadwal pembelajaran yang ditetapkan oleh madrasah.
Sebagaimana telah dimaklumi bersama
bahwa sejak semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024 Kementerian Agama khusunya
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur telah menerapkan
Kurikulum Merdeka untuk jenjang Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah
Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Oleh karena itu, pelaksanaan pembelajaran
harus menekankan literasi yang relevan dengan perkembangan zaman, meliputi
literasi digital, literasi finansial, literasi finansial, dan literasi
perubahan iklim. Selain itu juga, Kurikulum Merdeka menekankan pengembangan
keterampilan hidup, kompetensi, dan karakter.
Pembelajaran menurut Kurikulum Merdeka
dilakukan dengan pendekatan diferensial, yaitu pembelajaran yang disesuaikan
dengan karakteristik dan gaya belajar peserta didik yang berbeda-beda.
B. Maksud Laporan
Maksud penyusunan laporan ini adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban atas
pelaksanaan tugas guru dalam melaksanakan pembelajaran mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul Huda Sukaraja OKU Timur.
C. Tujuan Laporan
Tujuan penyusunan laporan ini adalah untuk memberikan laporan secara detail
tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi
dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul Huda Sukaraja OKU Timur.
D. Ruang Lingkup Kegiatan
Laporan ini memuat laporan pelaksanaan kegiatan pembelajaran mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika meliputi:
1. Kegiatan pembelajaran tatap muka yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan
meningkatkan kompetensi peserta didik.
2. Kegiatan pembelajaran dengan memasukkan muatan moderasi beragama.
3. Kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter.
4. Kegiatan pembelajaran yang mengimplementasikan pendidikan ramah anak.
5. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan kreativitas dan partisipasi siswa.
6. Kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi.
E. Dasar Hukum
Dasar hukum penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan perencanaan
pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika
antara lain:
1.
Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara
2.
Peraturan
Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagaimana
telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020;
3.
Peraturan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022
tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara
4.
Peraturan Mendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024
tentang Kurikulum PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
5.
Keputusan Menteri Agama Nomor 450 Tahun 2024
tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Raudhatul Athfal, Madrasah
Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan.
F. Pelaksanaan Kegiatan
1. Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika
dilaksanakan berdasarkan SK Pembagian Tugas Mengajar Guru MTs Nurul Huda
Sukaraja Tahun Pelajaran 2024/2025. Alokasi waktu yang diberikan disusun dalam
Jadwal Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.
2. Organisasi Pelaksana
Pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika
dilaksanakan oleh guru. Supervisi pembelajaran dilakukan oleh kepala madrasah
sesuai jadwal yang dibuat oleh kepala madrasah, selain itu juga dilakukan
monitoring pembelajaran oleh Pengawas Pembina Madrasah dari Kantor Kementerian
Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.
3. Sistem Pelaksanaan
Pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika
MTs Nurul Huda Sukaraja sepenuhnya dilaksanakan di Laboratorium Komputer MTs
Nurul Huda Sukaraja. Pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi/Informatika dilaksanakan secara terpadu dan terintegrasi dari
berbagai komponen pembelajaran, meliputi:
a. Kegiatan pembelajaran tatap muka dan praktikum
Pembelajaran ini merupakan aktivitas rutin yang dilakukan untuk setiap kelas, yaitu pembelajaran teori mengkaji pengetahuan sesuai perencanaan pembelajaran. Dalam pembelajaran teori ini, diterapkan prosedur pembelajaran yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengolahm/menganalisis, dan mengkomunikasikan. Setelah selesai kajian teori, kemudian dilanjutkan dengan praktikum di bawah bimbingan dari guru.
Kegiatan guru dalam pembelajaran antara lain:
|
No |
Kegiatan Guru |
|
|
1.
|
Guru menampilkan fenomena/gambar/obyek/media
yang sesuai dengan materi pembelajaran yang dapat diamati oleh siswa,
sehingga siswa dapat menginventarisir segala sesuatu yang belum diketahui. |
|
|
2.
|
Guru membantu siswa merumuskan pertanyaan
tentang apa saja yang belum diketahui atau belum dapat dilakukan terkait
dengan fenomena/gambar/obyek/media yang diamati. |
|
|
3.
|
Guru menyediakan sumber-sumber belajar
seperti buku, lembar kerja, media, alat eksperiman, dan sebagainya. Kemudian
membantu dan mendampingi siswa menggali informasi yang dibutuhkan dan relevan
dengan pertanyaan-pertanyaan yan dirumuskan siswa. |
|
|
4.
|
Guru mengarahkan siswa agar menghubungkan
informasi yang diperoleh untuk menarik kesimpulan yang merupakan jawaban atas
pertanyaan yang dirumuskan siswa. |
|
|
5.
|
Guru membantu siswa menentukan butir-butir
penting dan simpulan yang akan dipresentasikan baik dengan atau tanpa memanfaatkan teknologi
informasi, sehingga siswa dapat menyampaikan jawaban terhadap pertanyaan yang
dirumuskan ke kelas baik secara lisan atau tulis atau media lainnya. |
|
|
No |
Kegiatan Siswa |
|
A |
Siswa
mengamati fenomena/gambar/obyek/media yang ditampilkan guru dan
menginentarisir segala sesuatu yang belum diketahui. |
|
B |
Siswa
merumuskan pertanyaan tentang apa saja yang belum diketahui atau belum dapat
dilakukan terkait dengan fenomena/gambar/obyek/media yang diamati. |
|
C |
Siswa
menggali informasi yang dibutuhkan dan relevan dengan pertanyaan-pertanyaan
yan dirumuskan |
|
D |
siswa
menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menarik kesimpulan yang
merupakan jawaban atas pertanyaan yang dirumuskan |
|
E |
Siswa
menentukan butir-butir penting dan simpulan serta menyampaikan jawaban
terhadap pertanyaan yang dirumuskan ke kelas baik secara lisan atau tulis
atau media lainnya. |
Berikut adalah sampel rangkuman kegiatan guru
dan siswa dalam pembelajaran untuk setiap tahapan pembelajaran:
|
No |
Tahapan |
Deskripsi
Kegiatan |
|
1.
|
Mengamati |
1.
Guru
menampilkan gambar tentang jaringan komputer dan internet menggunakan
proyektor. 2.
Guru
memberikan penjelasan singkat tentang gambar yang ditampilkan. 3.
Siswa
mengamati gambar tentang jaringan komputer dan jaringan komputer. 4.
Siswa
mencatat tentang gambar yang belum dipahami. |
|
2.
|
Menanya |
1.
Guru memandu
siswa membuat pertanyaan tentang gambar yang belum diketahui. 2.
Guru berkeliling
kelas memastikan semua siswa telah membuat pertanyaan. 3.
Siswa menulis
pertanyaan di buku masing-masing. |
|
3.
|
Mengumpulkan
informasi/mencoba |
1.
Guru
membagikan lembar kerja kerja siswa. 2.
Guru
mendampingi siswa untuk mencari informasi terkait sesuatu yang belum
diketahui di lembar kerja siswa. 3.
Siswa mencari
dan mencatat informasi yang dibutuhkan di lembar kerja siswa. |
|
4.
|
Mengasosiasi |
1.
Guru
membimbing siswa menghubungkan informasi yang didapat dari lembar kerja siswa
untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan sebelumnya. 2.
Dengan
bimbingan dan dampingan guru, siswa membuat kesimpulan untuk menjawab
pertanyaan yang telah dirumuskan. |
|
5.
|
Mengkomunikasikan |
1.
Guru
membimbing siswa menentukan butir penting dan simpulan jawaban pertanyaan
untuk dipresentasikan di kelas. 2.
Kemudia
secara acak, guru meminta siswa untuk mempresentasikan simpulan jawaban
pertanyaan. 3.
Siswa membuat
kesimpulan jawaban pertanyaan. 4.
Siswa secara
acak mempresentasikan kesimpulannya di depan kelas |
b. Kegiatan pembelajaran dengan memasukkan muatan moderasi beragama
Kegiatan pembelajaran mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi/ Informatika juga memasukkan muatan moderasi beragama
yang bertujuan untuk menanamkan sikap toleran dan menghargai perbedaan, baik
agama, budaya, maupun pandangan hidup, juga untuk mendorong siswa berpikir
kritis.
Muatan moderasi beragama dalam pembelajaran
mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika didujudkan dalam
bentuk:
1) Menanamkan nilai-nilai tolerasi, anti kekerasan, dan komitmen kebangsaan.
2) Mengajarkan sikap menghargai perbedaan sudut pandang pengamalan ajaran
agama.
3) Mengajarkan sikap peduli terhadap sesama dan lingkungan.
4) Mengajarkan sikap demokratis.
5) Mengajarkan sikap ikhlas, sabar, pemaaf, jujur, amanah, dan istikomah.
6) Mengajarkan sikap berempati terhadap sesama.
7) Mengajarkan sikap terbuka terhadap kekayaan budaya dan tradisi yang ada di
dalam masyarakat.
c. Kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter
Pendidikan karakter juga diintegrasikan dalam
pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika
dengan tujuan agar siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik
di lingkungan madrasah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat sekitar
tempat tinggalnya.
Pendidikan karakter diwujudkan dengan:
1) Menyelipkan pesan moral dari setiap materi pembelajaran.
2) Memberikan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari terkait materi
pembelajaran.
3) Memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk menerapkan karakter baiknya
di lingkungan kelas pembelajaran.
4) Menanamkan nilai-nilai karakter, seperti jujur, tangguh, dan peduli.
5) Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa, berakhlak mulia,
mandiri, bergotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.
d. Kegiatan pembelajaran yang mengimplementasikan pendidikan ramah anak
Pembelajaran mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi/Informatika juga dilakukan dengan pendekatan
pendidikan ramah anak, yaitu pembelajaran yang berfokus pada kesejahteraan
anak, hak anak, dan kebutuhan anak.
Pendidikan ramah anak dalam pembelajaran mata
pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika diwujudkan dengan:
1) Menempatkan anak sebagai subjek utama dalam pembelajaran.
2) Menciptakan lingkungan yang aman, peduli, dan mendukung anak.
3) Memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa untuk menggunakan
fasilitas yang ada di laboratorium komputer.
4) Mencegah kekerasan, pelecehan, intimidasi, dan hukuman fisik.
5) Memberikan materi pelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak.
6) Memberikan layanan bimbingan yang baik kepada anak.
e. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan kreativitas dan partisipasi siswa
Pembelajaran mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi/Informatika juga melibatkan kreativitas dan
partisipasi siswa, yaitu keterlibatan mental, emosional, dan fisik siswa dalam
pembelajaran. Siswa bersedia memperhatikan secara aktif, bersedia memberikan
reaksi terhadap rangsang yang disajikan, keterlibatan dalam memberikan
inisiatif terhadap kegiatan yang dilaksanakan, mendukung pencapaian tujuan, dan
bertanggung jawab terhadap tugas dan keterlibatannya dalam pembelajaran.
Keterlibatan kreativitas dan partisipasi siswa
diwujudkan dengan:
1) Melaksanakan pembelajaran aktif, seperti kerja kelompok, permainan, dan
kolaboratif.
2) Melaksanakan pembelajaran berbasis proyek yang relevan dengan kehidupan
nyata sehari-hari.
3) Menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia.
4) Memberikan tantangan berupa tugas menarik kepada siswa.
5) Menyedikan ruang dan waktu untuk siswa bereksperimen.
6) Memberikan umpan balik konstruktif untuk pencapaian siswa.
7) Menciptakan lingkungan laboratorium komputer yang kondusif dan mendukung
pembelajaran.
8) Memberikan apresiasi dan saran atas tugas yang dilakukan oleh siswa.
9) Membiasakan siswa untuk memberikan pendapat dan pertanyaan.
f. Kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi
Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran mata
pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul Huda
Sukaraja sangat mungkin dilaksanakan karena dukungan sumberdaya yang tersedia,
yaitu sudah ada laboratorium komputer, jaringan internet, dan perangkat
komputer/PC/laptop, LCD proyektor, dan aplikasi yang dibutuhkan untuk
pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi.
Pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi
seperti di laboratorium komputer MTs Nurul Huda Sukaraja menjadi mata pelajaran
favorit, karena:
1) Meningkatkan kualitas interaksi antara guru dan siswa.
2) Membantu siswa mengakses informasi secara luas.
3) Membantu guru menyajikan materi yang lebih menarik.
4) Memungkinkan aktivtas belajar berlangsung secara fleksibel.
5) Memfasilitasi kerja sama tim dan kolaborasi antar siswa.
6) Memungkinkan siswa belajar lebih menarik dan partisipatif.
7) Memungkinkan siswa mengakses konten positif kapan saja dan dimana saja.
G. Hasil yang Dicapai
Hasil yang telah dicapai dalam kegiatan pembelajaran, khususnya mata
pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika adalah:
1. Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul
Huda Sukaraja mengikuti langkah-langkah model pembelajaran Saintifik yang
berpusat pada siswa, yaitu siswa mengamati, siswa menanya, siswa mengumpulkan
informasi, siswa mengasosiasi, dan siswa mengkomunikasikan.
2. Dalam pembelajaran, guru hanya memfasilitasi, membimbing, membantu,
dan mendampingi aktivitas belajar siswa.
3. Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul
Huda Sukaraja juga mengintegrasikan:
a) Muatan moderasi beragama,
b) Pendidikan karakter,
c) Pendidikan ramah anak,
d) Kreativitas dan partisipasi siswa, dan
e) Pemanfaatan teknologi.
4. Pelaksanaan asesmen sumatif semester dan ujian madrasah berbasis komputer.
H. Kesimpulan
1. Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul
Huda Sukaraja mengikuti langkah-langkah model pembelajaran Saintifik yang
berpusat pada siswa, yaitu siswa mengamati, siswa menanya, siswa mengumpulkan
informasi, siswa mengasosiasi, dan siswa mengkomunikasikan. Dalam
pembelajaran, guru hanya memfasilitasi, membimbing, membantu, dan mendampingi
aktivitas belajar siswa.
2. Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul
Huda Sukaraja juga mengintegrasikan: muatan moderasi beragama, pendidikan
karakter, pendidikan ramah anak, kreativitas dan partisipasi siswa, dan
pemanfaatan teknologi.
I. Saran
1. Setiap pegawai guru hendaknya melaksanakan tugas mengajar sesuai mata
pelajaran yang diampunya berdasarkan jadwal yang diberikan oleh madrasah.
2. Ucapan terima kasih kepada pengelola madrasah yang telah memfasilitasi pembelajaran
mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika dengan
laboratorium komputer dan perangkat yang dibutuhkan, hendaknya fasilitas ini
terus ditingkat di waktu mendatang.
J. Penutup
Laporan ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban kegiatan pembelajaran
mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul Huda
Sukaraja. Laporan ini disusun tentunya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Selanjutnya saran dan masukan dari berbagai pihak sangat kami perlukan untuk
peningkatan kualitas pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi/Informatika yang dilaksanakan di MTs Nurul Huda Sukaraja.
Dibuat di Sukaraja
Pada tanggal 9 April 2025
Mengetahui, Guru
ahli madya,
Kepala Madrasah,
Nur Khamid, S.Pd. Mukhamad Fathoni,
M.Pd.I.
NIP. - NIP.
198002162005011003
.jpg)
.jpg)
.jpg)
.jpg)
.jpg)
.jpg)
.jpg)
No comments:
Post a Comment