Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


MTs Nurul Huda Sukaraja Madani dan Modern

MTs Nurul Huda Pembentuk Karakter Generasi Indonesia

Saturday, April 19, 2025

Laporan Kegiatan Pembelajaran Informatika

 




LAPORAN

PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI/INFORMATIKA

DI MTs NURUL HUDA SUKARAJA

PERIODE TRIWULAN 1 (JANUARI – MARET 2025)

 

A.    Pendahuluan

Kompetensi pedagogik yang harus dikuasai guru antara lain kemampuan merencanakan pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran, dan kemampuan menilai pembelajaran.

Setelah guru melaksanakan kegiatan merencanakan pembelajaran, maka selanjutnya yang harus dilakukan oleh guru adalah melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas atau di laboratorium sesuai dengan jadwal pembelajaran yang ditetapkan oleh madrasah.

Sebagaimana telah dimaklumi bersama bahwa sejak semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024 Kementerian Agama khusunya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur telah menerapkan Kurikulum Merdeka untuk jenjang Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Oleh karena itu, pelaksanaan pembelajaran harus menekankan literasi yang relevan dengan perkembangan zaman, meliputi literasi digital, literasi finansial, literasi finansial, dan literasi perubahan iklim. Selain itu juga, Kurikulum Merdeka menekankan pengembangan keterampilan hidup, kompetensi, dan karakter.

Pembelajaran menurut Kurikulum Merdeka dilakukan dengan pendekatan diferensial, yaitu pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik dan gaya belajar peserta didik yang berbeda-beda.


B.     Maksud Laporan

Maksud penyusunan laporan ini adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas guru dalam melaksanakan pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul Huda Sukaraja OKU Timur.

 

C.    Tujuan Laporan

Tujuan penyusunan laporan ini adalah untuk memberikan laporan secara detail tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul Huda Sukaraja OKU Timur.

 

D.    Ruang Lingkup Kegiatan

Laporan ini memuat laporan pelaksanaan kegiatan pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika meliputi:

1.      Kegiatan pembelajaran tatap muka yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan meningkatkan kompetensi peserta didik.

2.      Kegiatan pembelajaran dengan memasukkan muatan moderasi beragama.

3.      Kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter.

4.      Kegiatan pembelajaran yang mengimplementasikan pendidikan ramah anak.

5.      Kegiatan pembelajaran yang melibatkan kreativitas dan partisipasi siswa.

6.      Kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi.

 

E.     Dasar Hukum

Dasar hukum penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan perencanaan pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika antara lain:

1.      Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara

2.      Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020;

3.      Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara

4.      Peraturan Mendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

5.      Keputusan Menteri Agama Nomor 450 Tahun 2024 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan.

 

F.     Pelaksanaan Kegiatan

1.      Waktu Pelaksanaan

Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika dilaksanakan berdasarkan SK Pembagian Tugas Mengajar Guru MTs Nurul Huda Sukaraja Tahun Pelajaran 2024/2025. Alokasi waktu yang diberikan disusun dalam Jadwal Pembelajaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.


2.      Organisasi Pelaksana

Pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika dilaksanakan oleh guru. Supervisi pembelajaran dilakukan oleh kepala madrasah sesuai jadwal yang dibuat oleh kepala madrasah, selain itu juga dilakukan monitoring pembelajaran oleh Pengawas Pembina Madrasah dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.


3.      Sistem Pelaksanaan

Pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika MTs Nurul Huda Sukaraja sepenuhnya dilaksanakan di Laboratorium Komputer MTs Nurul Huda Sukaraja. Pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika dilaksanakan secara terpadu dan terintegrasi dari berbagai komponen pembelajaran, meliputi:

a.    Kegiatan pembelajaran tatap muka dan praktikum

Pembelajaran ini merupakan aktivitas rutin yang dilakukan untuk setiap kelas, yaitu pembelajaran teori mengkaji pengetahuan sesuai perencanaan pembelajaran. Dalam pembelajaran teori ini, diterapkan prosedur pembelajaran yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengolahm/menganalisis, dan mengkomunikasikan. Setelah selesai kajian teori, kemudian dilanjutkan dengan praktikum di bawah bimbingan dari guru. 

Kegiatan guru dalam pembelajaran antara lain:

No

Kegiatan Guru

1.       

Guru menampilkan fenomena/gambar/obyek/media yang sesuai dengan materi pembelajaran yang dapat diamati oleh siswa, sehingga siswa dapat menginventarisir segala sesuatu yang belum diketahui.

 

2.       

Guru membantu siswa merumuskan pertanyaan tentang apa saja yang belum diketahui atau belum dapat dilakukan terkait dengan fenomena/gambar/obyek/media yang diamati.

 

3.       

Guru menyediakan sumber-sumber belajar seperti buku, lembar kerja, media, alat eksperiman, dan sebagainya. Kemudian membantu dan mendampingi siswa menggali informasi yang dibutuhkan dan relevan dengan pertanyaan-pertanyaan yan dirumuskan siswa.

 

4.       

Guru mengarahkan siswa agar menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menarik kesimpulan yang merupakan jawaban atas pertanyaan yang dirumuskan siswa.

 

5.       

Guru membantu siswa menentukan butir-butir penting dan simpulan yang akan dipresentasikan baik  dengan atau tanpa memanfaatkan teknologi informasi, sehingga siswa dapat menyampaikan jawaban terhadap pertanyaan yang dirumuskan ke kelas baik secara lisan atau tulis atau media lainnya.

 

 Kegiatan yang dilakukan oleh siswa antara lain:

No

Kegiatan Siswa

A

Siswa mengamati fenomena/gambar/obyek/media yang ditampilkan guru dan menginentarisir segala sesuatu yang belum diketahui.

B

Siswa merumuskan pertanyaan tentang apa saja yang belum diketahui atau belum dapat dilakukan terkait dengan fenomena/gambar/obyek/media yang diamati.

C

Siswa menggali informasi yang dibutuhkan dan relevan dengan pertanyaan-pertanyaan yan dirumuskan

D

siswa menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menarik kesimpulan yang merupakan jawaban atas pertanyaan yang dirumuskan

E

Siswa menentukan butir-butir penting dan simpulan serta menyampaikan jawaban terhadap pertanyaan yang dirumuskan ke kelas baik secara lisan atau tulis atau media lainnya.

 

Berikut adalah sampel rangkuman kegiatan guru dan siswa dalam pembelajaran untuk setiap tahapan pembelajaran:

No

Tahapan

Deskripsi Kegiatan

1.       

Mengamati

1.      Guru menampilkan gambar tentang jaringan komputer dan internet menggunakan proyektor.

2.      Guru memberikan penjelasan singkat tentang gambar yang ditampilkan.

3.      Siswa mengamati gambar tentang jaringan komputer dan jaringan komputer.

4.      Siswa mencatat tentang gambar yang belum dipahami.

2.       

Menanya

1.      Guru memandu siswa membuat pertanyaan tentang gambar yang belum diketahui.

2.      Guru berkeliling kelas memastikan semua siswa telah membuat pertanyaan.

3.      Siswa menulis pertanyaan di buku masing-masing.

3.       

Mengumpulkan informasi/mencoba

1.      Guru membagikan lembar kerja kerja siswa.

2.      Guru mendampingi siswa untuk mencari informasi terkait sesuatu yang belum diketahui di lembar kerja siswa.

3.      Siswa mencari dan mencatat informasi yang dibutuhkan di lembar kerja siswa.

4.       

Mengasosiasi

1.      Guru membimbing siswa menghubungkan informasi yang didapat dari lembar kerja siswa untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan sebelumnya.

2.      Dengan bimbingan dan dampingan guru, siswa membuat kesimpulan untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.

5.       

Mengkomunikasikan

1.      Guru membimbing siswa menentukan butir penting dan simpulan jawaban pertanyaan untuk dipresentasikan di kelas.

2.      Kemudia secara acak, guru meminta siswa untuk mempresentasikan simpulan jawaban pertanyaan.

3.      Siswa membuat kesimpulan jawaban pertanyaan.

4.      Siswa secara acak mempresentasikan kesimpulannya di depan kelas

 

b.    Kegiatan pembelajaran dengan memasukkan muatan moderasi beragama

Kegiatan pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/ Informatika juga memasukkan muatan moderasi beragama yang bertujuan untuk menanamkan sikap toleran dan menghargai perbedaan, baik agama, budaya, maupun pandangan hidup, juga untuk mendorong siswa berpikir kritis.

Muatan moderasi beragama dalam pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika didujudkan dalam bentuk:

1)      Menanamkan nilai-nilai tolerasi, anti kekerasan, dan komitmen kebangsaan.

2)      Mengajarkan sikap menghargai perbedaan sudut pandang pengamalan ajaran agama.

3)      Mengajarkan sikap peduli terhadap sesama dan lingkungan.

4)      Mengajarkan sikap demokratis.

5)      Mengajarkan sikap ikhlas, sabar, pemaaf, jujur, amanah, dan istikomah.

6)      Mengajarkan sikap berempati terhadap sesama.

7)      Mengajarkan sikap terbuka terhadap kekayaan budaya dan tradisi yang ada di dalam masyarakat.

 

c.    Kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter

Pendidikan karakter juga diintegrasikan dalam pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika dengan tujuan agar siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan madrasah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggalnya.

Pendidikan karakter diwujudkan dengan:

1)      Menyelipkan pesan moral dari setiap materi pembelajaran.

2)      Memberikan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari terkait materi pembelajaran.

3)      Memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk menerapkan karakter baiknya di lingkungan kelas pembelajaran.

4)      Menanamkan nilai-nilai karakter, seperti jujur, tangguh, dan peduli.

5)      Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

 

d.   Kegiatan pembelajaran yang mengimplementasikan pendidikan ramah anak

Pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika juga dilakukan dengan pendekatan pendidikan ramah anak, yaitu pembelajaran yang berfokus pada kesejahteraan anak, hak anak, dan kebutuhan anak.

Pendidikan ramah anak dalam pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika diwujudkan dengan:

1)      Menempatkan anak sebagai subjek utama dalam pembelajaran.

2)      Menciptakan lingkungan yang aman, peduli, dan mendukung anak.

3)      Memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa untuk menggunakan fasilitas yang ada di laboratorium komputer.

4)      Mencegah kekerasan, pelecehan, intimidasi, dan hukuman fisik.

5)      Memberikan materi pelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak.

6)      Memberikan layanan bimbingan yang baik kepada anak.

 

e.    Kegiatan pembelajaran yang melibatkan kreativitas dan partisipasi siswa

Pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika juga melibatkan kreativitas dan partisipasi siswa, yaitu keterlibatan mental, emosional, dan fisik siswa dalam pembelajaran. Siswa bersedia memperhatikan secara aktif, bersedia memberikan reaksi terhadap rangsang yang disajikan, keterlibatan dalam memberikan inisiatif terhadap kegiatan yang dilaksanakan, mendukung pencapaian tujuan, dan bertanggung jawab terhadap tugas dan keterlibatannya dalam pembelajaran.

Keterlibatan kreativitas dan partisipasi siswa diwujudkan dengan:

1)      Melaksanakan pembelajaran aktif, seperti kerja kelompok, permainan, dan kolaboratif.

2)      Melaksanakan pembelajaran berbasis proyek yang relevan dengan kehidupan nyata sehari-hari.

3)      Menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia.

4)      Memberikan tantangan berupa tugas menarik kepada siswa.

5)      Menyedikan ruang dan waktu untuk siswa bereksperimen.

6)      Memberikan umpan balik konstruktif untuk pencapaian siswa.

7)      Menciptakan lingkungan laboratorium komputer yang kondusif dan mendukung pembelajaran.

8)      Memberikan apresiasi dan saran atas tugas yang dilakukan oleh siswa.

9)      Membiasakan siswa untuk memberikan pendapat dan pertanyaan.

 

f.     Kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul Huda Sukaraja sangat mungkin dilaksanakan karena dukungan sumberdaya yang tersedia, yaitu sudah ada laboratorium komputer, jaringan internet, dan perangkat komputer/PC/laptop, LCD proyektor, dan aplikasi yang dibutuhkan untuk pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi.

Pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi seperti di laboratorium komputer MTs Nurul Huda Sukaraja menjadi mata pelajaran favorit, karena:

1)      Meningkatkan kualitas interaksi antara guru dan siswa.

2)      Membantu siswa mengakses informasi secara luas.

3)      Membantu guru menyajikan materi yang lebih menarik.

4)      Memungkinkan aktivtas belajar berlangsung secara fleksibel.

5)      Memfasilitasi kerja sama tim dan kolaborasi antar siswa.

6)      Memungkinkan siswa belajar lebih menarik dan partisipatif.

7)      Memungkinkan siswa mengakses konten positif kapan saja dan dimana saja.


G.    Hasil yang Dicapai

Hasil yang telah dicapai dalam kegiatan pembelajaran, khususnya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika adalah:

1.      Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul Huda Sukaraja mengikuti langkah-langkah model pembelajaran Saintifik yang berpusat pada siswa, yaitu siswa mengamati, siswa menanya, siswa mengumpulkan informasi, siswa mengasosiasi, dan siswa mengkomunikasikan.

2.      Dalam pembelajaran, guru hanya memfasilitasi, membimbing, membantu, dan mendampingi aktivitas belajar siswa.

3.      Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul Huda Sukaraja juga mengintegrasikan:

a)      Muatan moderasi beragama,

b)      Pendidikan karakter,

c)      Pendidikan ramah anak,

d)     Kreativitas dan partisipasi siswa, dan

e)      Pemanfaatan teknologi.

4.      Pelaksanaan asesmen sumatif semester dan ujian madrasah berbasis komputer.

 

H.    Kesimpulan

1.      Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul Huda Sukaraja mengikuti langkah-langkah model pembelajaran Saintifik yang berpusat pada siswa, yaitu siswa mengamati, siswa menanya, siswa mengumpulkan informasi, siswa mengasosiasi, dan siswa mengkomunikasikan.  Dalam pembelajaran, guru hanya memfasilitasi, membimbing, membantu, dan mendampingi aktivitas belajar siswa.

2.      Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul Huda Sukaraja juga mengintegrasikan: muatan moderasi beragama, pendidikan karakter, pendidikan ramah anak, kreativitas dan partisipasi siswa, dan pemanfaatan teknologi.

 

I.       Saran

1.      Setiap pegawai guru hendaknya melaksanakan tugas mengajar sesuai mata pelajaran yang diampunya berdasarkan jadwal yang diberikan oleh madrasah.

2.      Ucapan terima kasih kepada pengelola madrasah yang telah memfasilitasi pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika dengan laboratorium komputer dan perangkat yang dibutuhkan, hendaknya fasilitas ini terus ditingkat di waktu mendatang.

 

J.      Penutup

Laporan ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban kegiatan pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika di MTs Nurul Huda Sukaraja. Laporan ini disusun tentunya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Selanjutnya saran dan masukan dari berbagai pihak sangat kami perlukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi/Informatika yang dilaksanakan di MTs Nurul Huda Sukaraja.

 

 

Dibuat di Sukaraja

Pada tanggal  9 April 2025

Mengetahui,                                                                Guru ahli madya,

Kepala Madrasah,

 

 

Nur Khamid, S.Pd.                                                   Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.

NIP. -                                                                          NIP. 198002162005011003

 







No comments: