Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Wednesday, July 10, 2024

PERSIAPAN ANAK MASUK SD/MI




Bagi anak-anak yang baru masuk SD/MI pada tahun pelajaran baru ada yang senang dan bahagia, tetapi tidak sedikit yang takut, gugup, menangis minta pulang, dan lain sebagainya reaksi anak-anak ketika sudah dekat dengan pintu gerbang sekolah. Menyikapi hal ini, orang tua terkhusus ibu-ibu harus mempersiapkannya dengan baik agar sekolah anak di SD/MI lancar.

Perlu diketahui bahwa masa sekolah di SD/MI lebih panjang dibanding dengan masa sekolah di TK/RA yang hanya dua tahun. Anak-anak akan menempuh pendidikan di SD/MI selama enam tahun. Kondisi dan perkembangan pertemanan, materi pembelajaran, waktu belajar, dan lingkungan belajar di awal masuk SD/MI bisa saja mengganggu anak-anak, sehingga merasa tidak nyaman belajar di SD/MI.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua terkhusus ibu-ibu untuk mempersiapkan anaknya memasuki SD/MI:
1. Tumbuhkan rasa percaya diri agar anak mampu mengekspresikan dirinya dan mau berkumpul bersama teman-teman sebayanya.
2. Berikan contoh sikap dan perilaku yang baik kepada anak-anak. Anak-anak akan meniru sikap dan perilaku orang tua dalam bersikap, bertutur sapa, berbicara, bertindak, dan kegiatan lain yang dilakukan orang tua akan ditiru oleh anak-anak.
3. Sering-seringlah ajak anak berkomunikasi, sehingga akan menjadikan suasana keluarga riang gembira dan terbuka, misalnya mengajak anak berbicara tentang kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan seharian oleh anak. Dengan begitu anak akan terbiasa berani bertanya, berani menyampaikan pendapat, dan berani bercerita kepada orang lain.
4. Ajak anak bermain di luar rumah bersama teman-temannya, kalau perlu ajak anak menginap di rumah saudara, agar anak mudah akrabkan diri dengan orang lain.
5. Ajak anak untuk beraktivitas dalam sebuah kelompok atau komunitas, misalnya ajak mengikuti kegiatan pengajian, nonton olah raga, dan sebagainya. Hal ini mengajari anak bergaul dan mencari teman.
6. Ajari anak untuk menghargai orang lain, adab bergaul, dan sopan santun baik terhadap teman sebaya maupun dengan orang-orang yang lebih tua.
7. Berikan perhatian dan dukungan kepada anak untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.
8. Biarkan anak belajar melakukan sendiri kegiatan-kegiatan dan keperluannya. Jangan over protektif.
9. Berikan penjelasan dan pengertian kepada anak bahwa dunia ini bukan hanya tentang dirinya, tetapi ada orang lain. Dan orang lain memiliki arti penting bagi anak, anak butuh orang lain, anak adalah makhluk sosial.

Jenjang SD/MI merupakan dasar penting bagi anak dalam kehidupannya, masa anak belajar di SD/MI adalah masa-masa yang penuh dengan kegembiraan dan bermain, tetapi juga penuh tantangan bagi anak-anak. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk mempersiapkan dengan tepat anak-anaknya memasuki jenjang SD/MI, sehingga anak akan merasa nyaman, siap belajar, dan menyikapi setiap tantangan yang mungkin muncul selama belajar di SD/MI.

No comments: