Pertemuan ke-2
Materi | : | Memulai Microsoft Word, Menutup Microsoft Word, Membuat Dokumen Baru, Menyimpan Dokumen, Mengulang dan Membatalkan Perintah, Menutup Dokumen, Membuka Dokumen. |
PENDAHULUAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 41 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Dalam rangka pembaharuan sistem pendidikan nasional telah ditetapkan visi, misi dan strategi pembangunan pendidikan nasional. Visi pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
Mengingat kebhinekaan budaya, keragaman latar belakang dan karakteristik peserta didik, serta tuntutan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu, proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran harus fleksibel, bervariasi, dan memenuhi standar. Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan salah satu standar yang harus dikembangkan adalah standar proses. Standar proses adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai kompetensi lulusan. Standar proses berisi kriteria minimal proses pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar proses ini berlaku untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah pada jalur formal, baik pada sistem paket maupun pada sistem kredit semester. Standar proses meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
Pertemuan ke-3
Materi | : | Menentukan Ukuran Kertas, Menentukan Margin, Mengatur Perataan Teks, Merubah Jenis Huruf, Merubah Ukuran Huruf, Perintah Efek, Mengatur Indentasi, Mengatur Jarak Spasi |
PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN
Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar.
A. Silabus
Silabus sebagai acuan pengembangan RPP memuat identitas mata pelajaran atau tema pelajaran, SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Silabus dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), serta panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam pelaksanaannya, pengembangan silabus dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah/ madrasah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan. Pengembangan silabus disusun di bawah supervisi dinas kabupaten/kota yang bertanggung jawab di bidang pendidikan untuk SD dan SMP, dan dinas provinsi yang bertanggung jawab di bidang pendidikan untuk SMA dan SMK, serta departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama untuk Ml, MTs, MA, dan MAK.
Pertemuan ke-4
Materi | : | Penomoran Paragraf, Membuat Bullet, Menyalin Teks, Memindahkan Teks, Membuat Border and Shading, Membuat Kolom Koran |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Komponen RPP adalah :
Identitas mata pelajaran
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indikator pencapaian kompetensi
Tujuan pembelajaran
Materi ajar
Alokasi waktu
Metode pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Penilaian hasil belajar
Sumber belajar
Pertemuan ke-5
Materi | : | Membuat Drop Cap, Menyisipkan Simbol, Merubah Tampilan Huruf |
PRINSIP-PRINSIP PENYUSUNAN RPP
1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik. RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis. Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan
4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
5. Keterkaitan dan keterpaduan RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Keliling Lingkaran = 2 p r (r = jari-jari, p = 3.14) W = omega, S = jumlah total, a = alpha
ﺑﺴﻢﺍﷲﺍﻟﺮﺤﻤﻥﺍﻟﺭﺤﻴﻡ
ﺍﻠﺤﻤﺪ ﻟﻟﻪ ﺮﺐﺍﻟﻌﺎﻠﻤﻴﻦ
ﺍﻠﺮﺣﻣﻦﺍﻟﺮﺤﻴﻡ
ﻤﻟﻚ ﻴﻭﻢﺍﻟﺪﻴﻥ
ﺍﻴﺎﻚ ﻧﻌﺑﺩ ﻭﺍﻴﺎﻚ ﻧﺴﺘﻌﻴﻦ
اطلب العلم من المهد الى للحد
Pertemuan ke-6
Materi | : | Membuat Tabel, Menyisipkan Kolom, Menyisipkan Baris, Menggabungkan Kolom/Baris |
DATA SANTRI MTs NURUL HUDA
SUKARAJA BUAY MADANG KAB. OKU TIMUR SUMSEL TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
No. Urt | NISN | Nama | Tempat lahir | Tanggal Lahir | Alamat |
1 | 9997937946 | ABDI MARDIYANTO | PISANG BARU | 1999/05/17 | PATOK SONGO |
2 | 9988696992 | ADE RANDIKA PRATAMA | SUKARAJA | 1999/06/09 | JATIMULYO |
3 | 9987854429 | AFRIZAL | BATU BELANG | 1998/03/22 | BATU BELANG 2 |
4 | 9984340018 | AHMAD FAJRI YALIL | BATURAJA | 1998/06/28 | MUARA DUA |
5 | 0010773332 | AHMAD MUKSIN | KURUNGAN NYAWA | 1999/03/27 | BATUMARTA |
PROGRAM SEMESTER
No | Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar | Jml Jam | | | | Ket | ||||||||||||
Juli | Agustus | Desember | ||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
1. | Akidah Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir | 2 | P E | K E | X | | | L I | | | L I | | | U L | P E | L I | | | |
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir | 6 | N E | G I | | X | X | B U | X | | B U | | | A N | R S | B U | | | |
Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir | 4 | R I M | A T A | | | | R A | | X | R A | | | G A N | I A P | R S | | | |
Menjelaskan macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir | 4 | A A N | N A | | | | W A L | | | K H I | | | S M T | A N | E M E | | | |
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir | 2 | S I S | W A L | | | | R A M | | | R R | | | G A N | T E R | S T E | | |
Pertemuan ke-7
Materi | : | Membagi Kolom/Baris, Mengurutkan Data Tabel, Penomoran Halaman, Mengatur Tabulasi, Membuat Header dan Footer |
DAFTAR HADIR MAHASISWA
STKIP NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR
SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2007/2008
Mata Kuliah : Komputer
Semester : V
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Nomor | Nama | Pertemuan ke-/Tanggal Pertemuan | ||||||||||||||||||||
Urut | NIM | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | |
1 | 020 | M. Sukron Alinudin | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | 015 | Hemanto | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | 001 | Agustina | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | 014 | Eti Susanti | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | 022 | Misinah | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
6 | 016 | Iin Mardiana | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
7 | 039 | Bagus Mulan Sari | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
8 | 010 | Eka Emayanti | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
9 | 021 | Masruroh Astuti | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
10 | 033 | Sutriyanto | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
11 | 019 | Lusy Meilani Putri | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
12 | 032 | Sudirman | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
13 | 026 | Robby Sumarlin | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
14 | 013 | Ery Kurniawan | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
15 | 025 | Reny Puspitasari | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Sukaraja,
Dosen Pengasuh,
(........................................)
Pertemuan ke-8
Materi | : | Membuat Text Box, Menginsert Picture, Menginsert Word Art |
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR SUMATERA SELATAN 2012 |
TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI
1. PENDIDIKAN
2. PENELITIAN
3. PENGABDIAN MASYARAKAT
Pertemuan ke-9
Materi | : | Menginsert Chart |
Pertemuan ke-10 s.d. 12
Materi | : | Bekerja dengan Microsoft Excel, Manipulasi Lembar Kerja, Entri Data Format Data, Sel dan Fungsi If, Operasi Data Base Chart, Judul Artistik dan Gambar |
DAFTAR NILAI
MTs NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas : IX-1
No | Nama | Nilai | Jumlah | Rata-Rata | Rangking | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||||
1 | A Syarifudin | 97 | 100 | 64 | 100 | 93 | | | |
2 | Anaconda Giswara | 96 | 99 | 96 | 91 | 100 | | | |
3 | Atik Setiani | 98 | 65 | 100 | 94 | 98 | | | |
4 | Diana Anisa S | 98 | 96 | 91 | 95 | 97 | | | |
5 | Evan Aulia N | 76 | 100 | 87 | 100 | 95 | | | |
6 | Indah Khoirul Anis | 99 | 67 | 95 | 95 | 93 | | | |
7 | Kholifatul ma'rifah | 92 | 98 | 100 | 56 | 96 | | | |
8 | Khusna Quroatul Aini | 94 | 97 | 90 | 97 | 97 | | | |
9 | Khusnul Maarif | 95 | 75 | 99 | 93 | 71 | | | |
10 | M Abdul Mukhlis | 96 | 97 | 100 | 99 | 83 | | | |
Nilai Tertinggi | | | | | | | |
Nilai Terendah | | | | | | | |
Nilai Rata-Rata | | | | | | | |
Deviasi | | | | | | | |
Pertemuan ke-13 s.d. 16
Materi | : | Bekerja dengan Microsoft Power Point, Bekerja dengan Presentasi, Edit dan Menyunting Obyek Teks, Format Slide Menyisipkan Obyek pada Slide, Bekerja dengan Tabel Animasi dan Menjalankan Presentasi |
No comments:
Post a Comment