SILABUS PERKULIAHAN
SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2015/2016
Perguruan Tinggi : STKIP Nurul Huda Sukaraja
Mata Kuliah : Statistik Pendidikan
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester : V (Lima)
Bobot :
3 sks
Pengampu : Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
Contact : Hp. 0812 7129 4699
e-mail: mukhamadfathoni@gmail.com
Kompetensi Dasar
Mahasiswa mampu melaksanakan
analisis deskriptif dan inferensial dalam lapangan pendidikan, khususnya
Pendidikan Agama Islam.
Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan
mahasiswa dapat:
1.
Memahami pengetahuan dasar statistik.
2.
Menyajikan data dalam bentuk distribusi frekuensi dan diagram.
3.
Menghitung tendensi sentral.
4.
Menghitung variabilitas data.
5.
Melakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen.
6.
Menentukan populasi dan sampel penelitian.
7.
Melakukan uji prasyarat analisis.
8.
Melakukan analisis deskriptif.
9.
Melakukan analisis hubungan antar variabel.
10. Melakukan analisis perbedaan antar variabel.
11. Melakukan uji hipotesis.
Materi
No
|
Topik
|
Materi
|
1.
|
Pengetahuan dasar
|
Pengertian statistik, tujuan statistik,
kegunaan statistik, ciri-ciri statistik, macam statistik, data penelitian,
konsep dasar penelitian.
|
2.
|
Distribusi frekuensi
|
Distribusi frekuensi data tunggal,
distribusi frekuensi data kelompokkan, diagram.
|
3.
|
Tendensi sentral
|
Mean, median, modus, kuartil, decil,
percentil.
|
4.
|
Variabilitas data
|
Rentangan, simpangan rata-rata, simpangan
baku, varians.
|
5.
|
Validitas dan reliabilitas instrumen
|
Validitas instrumen, reliabilitas instrumen.
|
6.
|
Populasi dan sampel
|
Populasi, sampel, teknik sampling.
|
7.
|
Uji persyaratan analisis
|
Normalitas (Liliefors, Chi Kuadrat),
homogenitas (Bartlet)
|
8.
|
Analisis Deskriptif
|
Analisis data nominal, analisis data
ordinal, analisis data interval/rasio.
|
9.
|
Hubungan antar variabel (Analisis korelasi)
|
Product Moment, Kontingensi, Korelasi Phi,
Point Biserial, peta korelasi, regresi linier.
|
No
|
Topik
|
Materi
|
10.
|
Perbedaan antara variabel (Analisis komparasi)
|
Analisis dua sampel berkorelasi, analisis
dua sampel independen.
|
11.
|
Uji hipotesis
|
Konsep dasar pengujian hipotesis, hipotesis
deskriptif, hipotesis komparatif, hipotesis asosiatif.
|
Sumber Belajar
Hasan, Iqbal.
2009. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara, Jakarta.
Irianto, Agus.
2004. Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Kencana Prenada Media
Group, Jakarta.
Riduwan. 2004. Belajar
Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Alfabeta, Bandung.
Sudijono, Anas.
2010. Pengantar Statistik Pendidikan. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Sudjana. 2001. Metode
Statistika. Tarsito, Bandung.
Sugiyono. 2011.
Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.
Susetyo, Budi. 2010. Statistik Untuk Analisis Data
Penelitian. Refika Aditama, Bandung.
Buku-buku, dokumen-dokumen, laporan, dan tulisan tentang statistik.
Strategi Pembelajaran
1. Secara
umum perkuliahan akan menggunakan strategi belajar aktif, dimana mahasiswa
diperlukan sebagai subyek, dengan sistem komunikasi dialogis. Pendekatan yang
diterapkan ialah pembelajaran orang dewasa (andragogy/adult learning)
dengan menggunakan lebih banyak teknik diskusi. Mengacu pada perolehan dari
membaca atau pengalaman pribadi, mahasiswa diharapkan secara aktif memberikan
pendapat atau mengajukan hal-hal yang perlu didiskusikan. Kuliah lebih
merupakan upaya saling belajar di antara dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa
dengan mengutamakan presentasi dan argumentasi atas berbagai isu yang
diidentifikasikan sebagai pokok bahasan.
2.
Ketika presentasi mahasiswa diwajibkan
menyusun dan membagi handout berisi konsep-konsep pokok bahasan serta
dipaparkan secara deskriptif, kritis, dan berimprovisasi dengan memberikan
contoh-contoh yang aktual. Isi paparan hendaknya memotivasi diskusi. Peserta
diskusi diharapkan memahami pokok bahasan secara utuh.
3. Kuliah ini
direncanakan akan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan termasuk UTS dan UAS.
4. Dalam
perkuliahan, mahasiswa harus hadir di ruang belajar tepat waktu.
Tugas
1. Setiap
mahasiswa ditugaskan melakukan reading course, membaca bahan bacaan
terkait dengan topik tertentu sesuai dengan jadwal perkuliahan sebelum hadir di
kelas. Hasil bacaan dituangkan dalam tulisan tangan (1-3 halaman menggunakan
kertas double folio bergaris) dan dikumpulkan setiap kali pertemuan.
2. Mahasiswa
memilih salah satu topik diskusi untuk disajikan dalam bentuk makalah dan power
point serta mempresentasikannya secara berkelompok atau
individu di depan kelas. Makalah dikumpulkan pada saat akan presentasi sesuai
jadwal. Presentasi dimulai pertemuan ke-2.
3.
Kliping pendidikan dari media cetak lokal,
nasional, maupun internasional. Kliping diresume dan diberikan
komentar/pendapat penulis. Pendapat ditulis dengan mengikuti kerangka berpikir
ilmiah. Isi kliping antara 6–10 berita.
4. Keterlambatan pengumpulan tugas berdampak pada pengurangan skor penilaian.
5. Tugas lain akan diumumkan kemudian.
Penilaian
Evaluasi Hasil belajar
mahasiswa dalam mata kuliah ini meliputi:
1. Partisipasi
di kelas (a)
2. Makalah (b)
3. Tugas
latihan (individu) (c)
4. Reading course (d)
5. UTS, dan (e)
6. UAS (f)
Nilai Akhir
Nilai Akhir (NA) =
a + b + c + d + e + f
6
Rentang Nilai
Nilai Angka
|
Nilai Huruf
|
Bobot
|
Predikat
|
86 – 100
|
A
|
4
|
Lulus sangat baik
|
71 – 85
|
B
|
3
|
Lulus baik
|
56 – 70
|
C
|
2
|
Lulus cukup
|
41 – 55
|
D
|
1
|
Lulus kurang
|
0 – 40
|
E
|
0
|
Gagal
|
Sukaraja, 1 Oktober 2015
Dosen Pengampu,
Ttd
Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
No comments:
Post a Comment