SILABUS
Mata
Kuliah : Evaluasi
Pembelajaran
Program
Studi : Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia
Semester : III (Tiga)
Bobot : 3 sks
Tahun Akademik : 2015/2016
Pengampu : Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
Contact : Hp. 0812 7129 4699
e-mail: mukhamadfathoni@gmail.com
Twitter: @mukhamadfathoni
Facebook: mukhamad.fathoni1
PIN BB: 5A9A2D7D
Deskripsi Mata Kuliah
Mata
kuliah ini membahas alat penilaian proses dan hasil pembelajaran: jenis,
pengembangan, dan vailidasi; berbagai jenis tes kebahasaan, kemampuan bahasa, dan kesastraan; pengolahan data
hasil pengukuran: dasar, lanjutan, dan pengolahan skor mentah menjadi nilai
jadi; memberi latihan penerapan mengembangkan, memvalidasi, dan mengolah hasil
pengukuran dalam pembelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia.
Tujuan Mata Kuliah
Mahasiswa
memiliki pengetahuan yang memadai tentang alat penilian proses pembelajaran;
alat penilaian hasil pembelajaran, pengolahan
data hasil pengukuran;
penggunaan hasil penilaian dalam pembelajaran; serta mampu menerapkan pengetahuannya
untuk mengembangkan alat penilaian proses dan hasil pembelajaran, dan menggunakan penilaian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Materi Pokok
1.
Pengetahuan dasar (pengertian,
tujuan, fungsi, dan prinsip) evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia
2.
Cakupan penilaian Bahasa
Indonesia: kebahasaan dan kesastraan (pengetahuan, sikap, dan keterampilan)
3.
Teknik dan bentuk instrumen penilaian
a. Penilaian sikap
b.
Penilaian pengetahuan
c. Penilaian keterampilan
4.
Perencanaan penyusunan instrumen
a. Kriteria Ketuntasan Minimal
b.
Langkah menyusun instrumen
c.
Kisi-kisi
d. Kartu soal
5.
Penyusunan instrumen
a. Penilaian sikap
b.
Penilaian pengetahuan
c. Penilaian keterampilan
6.
Uji coba instrumen tes
a. Analisis tingkat kesukaran soal
b. Analisis daya pembeda soal
c. Uji validitas soal
d. Uji reliabilitas tes
7.
Sistem penilaian
a. Penilaian
Acuan Patokan (PAP)
b. Penilaian
Acuan Norma (PAN)
c. Penilaian Acuan Gabungan/Kombinasi (PAK)
8.
Pengolahan skor
a.
Teknik penskoran
b.
Pengolahan skor menjadi nilai
berskala tertentu
9.
Analisis hasil ulangan dan tindak
lanjut
a. Analisis hasil ulangan
b. Program perbaikan
c. Program pengayaan
d. Pelaporan
e. Target pencapaian kurikulum
f. Daya serap peserta didik
Strategi Pembelajaran
1. Secara
umum perkuliahan akan menggunakan strategi belajar aktif, dimana mahasiswa
diperlukan sebagai subyek, dengan sistem komunikasi dialogis. Pendekatan yang
diterapkan ialah pembelajaran orang dewasa (andragogy/adult learning)
dengan menggunakan lebih banyak teknik diskusi. Mengacu pada perolehan dari
membaca atau pengalaman pribadi, mahasiswa diharapkan secara aktif memberikan
pendapat atau mengajukan hal-hal yang perlu didiskusikan. Kuliah lebih
merupakan upaya saling belajar di antara dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa
dengan mengutamakan presentasi dan argumentasi atas berbagai isu yang
diidentifikasikan sebagai pokok bahasan.
2.
Ketika presentasi mahasiswa diwajibkan
menyusun dan membagi handout berisi konsep-konsep pokok bahasan serta
dipaparkan secara deskriptif, kritis, dan berimprovisasi dengan memberikan
contoh-contoh yang aktual. Isi paparan hendaknya memotivasi diskusi. Peserta
diskusi diharapkan memahami pokok bahasan secara utuh.
3. Kuliah ini
direncanakan akan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan termasuk UTS dan UAS.
4. Dalam
perkuliahan, mahasiswa harus hadir di ruang belajar tepat waktu.
Sumber Pembelajaran
Semua sumber yang berkaitan dengan
evaluasi pembelajaran.
Peraturan perundang-undangan
yang berlaku.
Tugas
1. Setiap
mahasiswa ditugaskan melakukan reading course, membaca bahan bacaan
terkait dengan topik tertentu sesuai dengan jadwal perkuliahan sebelum hadir di
kelas. Hasil bacaan dituangkan dalam tulisan tangan (1-3 halaman menggunakan
kertas double folio bergaris) dan dikumpulkan setiap kali pertemuan.
2. Mahasiswa
memilih salah satu topik diskusi untuk disajikan dalam bentuk makalah dan power
point serta mempresentasikannya secara berkelompok atau
individu di depan kelas. Makalah dikumpulkan pada saat akan presentasi sesuai
jadwal. Presentasi dimulai pertemuan ke-2.
3.
Kliping pendidikan dari media cetak lokal,
nasional, maupun internasional. Kliping diresume dan diberikan
komentar/pendapat penulis. Pendapat ditulis dengan mengikuti kerangka berpikir
ilmiah. Isi kliping antara 6–10 berita.
4. Keterlambatan pengumpulan tugas berdampak pada pengurangan skor penilaian.
5. Tugas lain akan diumumkan kemudian.
Penilaian
Evaluasi Hasil belajar mahasiswa
dalam mata kuliah ini meliputi:
1. Partisipasi
di kelas (a)
2. Makalah (b)
3. Kliping pendidikan (individu)
(c)
4. Tugas
latihan (individu) (d)
5. Reading course (e)
6. UTS, dan (f)
7. UAS (g)
Nilai Akhir
Nilai Akhir (NA) = a + b + c + d + e + f + g
7
Rentang Nilai
Nilai Angka
|
Nilai Huruf
|
Bobot
|
Predikat
|
86 – 100
|
A
|
4
|
Lulus sangat baik
|
71 – 85
|
B
|
3
|
Lulus baik
|
56 – 70
|
C
|
2
|
Lulus cukup
|
41 – 55
|
D
|
1
|
Lulus kurang
|
0 – 40
|
E
|
0
|
Gagal
|
Sukaraja,
1 Oktober 2015
Mengetahui Dosen Pengampu
Ketua Program Studi, Ttd
Ttd Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
Herni
Fitriani, M.Pd.
Atau unduh di:
1. pdf
2. word
No comments:
Post a Comment