a. Dasar filosofis
1) Dalam
kehidupan nyata, setiap orang mempunyai cara yang unik dalam berhubungan dengan
orang lain dan masing-masing memainkan sesuatu yang dinamakan peran.
2) Dapat
memahami diri sendiri dan orang lain sangatlah penting bagi kita untuk menyadari bagaimana peran tersebut
dilakukan.
b. Asumsi
Masing-masing
individu memiliki cara yang khas untuk bercerita pada orang lain, situasi, dan
sasaran. Sebuah peran adalah rangkaian perasaan, kata-kata dan tindakan, ini
khas dan membiasakan berhubungan dengan orang lain.
Bermain
peran adalah kegiatan yang berhubungan dengan masalah yang dialami, melukiskan
suatu masalah, melakukan tindakan,dan kemudian didiskusikan.
c. Tujuan
Siswa
dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk mengenali diri mereka sendiri dan
perasaan orang lain, dapat memperoleh perilaku baru untuk menangani situasi
yang sulit.
d. Langkah-langkah
1.Warm up
the group
2.Pemilihan peserta
3.Menyusun tahapan-tahapan
4.Menyiapkan
pemain peran
5.Memainkan
atau memerankan
6.Mendiskusikan
atau mengevaluasi
7.Memerankan
kembali
8.Mendiskusikan
dan mengevaluasi kembali
9.Bertukar
pengalaman dan menyimpulkan
e. Sistem sosial
Dalam
sistem sosial guru bertanggung jawab menganalisa tahapan dan memandu siswa
untuk siswa beraktivitas ke dalam setiap tahapan yang ditentukan, meskipun
materi diskusi dan pelaksanaannya banyak ditentukan oleh siswa.
f. Sistem pendukung
Dalam sistem
pendukung ini yang paling utama adalah situasi masalah yang dapat dijadikan sumber
sempurna untuk situasi masalah yaitu film, roman, dan cerita pendek.
g. Prinsip reaksi
1)
Guru harus
menerima usul dan tanggapan siswa
2)
Guru memberikan
respon yang dapat membantu siswa mengeksplor berbagai sisi dari situasi masalah, memilih dan memperlihatkan nilai
alternatif dari pertunjukan
3)
Mencerminkan,
menafsirkan, dan meringkas tanggapan, guru meningkatkan kesadaran para siswa dari apa yang dilihat dan dirasakan
4)
Guru perlu
menekankan bahwa da jalan yang berbeda untuk memainkan peran dan perbedaan konsekuensi sebagai hasil dari apa yang telah mereka
eksplor
5)
Ada jalan
alternatif untuk memecahkan suatu masalah, tidak ada satupun jalan atau cara yang benar.
h. Dampak pembelajaran
Dampak
pembelajaran bermain peran tergantung pada kualitas analisis yang bagus, tetapi
secara umum pembelajaran bermain peran akan berdampak pada:
1)
Siswa mampu mengeksplorasi perasaan mereka
2)
Siswa mendapat wawasan, nilai dan persepsi
3)
Siswa mampu mengembangkan kemampuan pemecahan
masalah mereka dan sikap
4)
Siswa mampu mengeksplorasi materi pelajaran
dengan cara bervariasi
No comments:
Post a Comment