KONTRAK TRANSAKSI
PERKULIAHAN
SEMESTER GENAP TAHUN
AKADEMIK 2012/2013
Mata
Kuliah : Pengembangan
Sistem Evaluasi PAI
Program
Studi : Pendidikan
Agama Islam (PAI)
Semester : IV
(Empat)
Bobot : 3 sks
Pengampu : Mukhamad Fathoni, S.Pd.I.
Contact : Hp. 0812 7129 4699
e-mail: mukhamadfathoni@gmail.com
Web log: http://www.mufaesa.blogspot.com
Twitter: @mukhamadfathoni
Facebook: http://www.facebook.com/mukhamad.fathoni1
A.
Kompetensi Dasar
Mahasiswa memperoleh wawasan tentang kegiatan
evaluasi sebagai satu kegiatan integral dalam kegiatan pembelajaran, dan
memiliki pengetahuan serta keterampilan dasar dalam merencanakan, menyusun, dan
melaksanakan evaluasi pendidikan serta
menafsirkan dan memanfaatkan hasil dalam konteks kegiatan belajar mengajar (KBM),
serta mampu mengembangkan alat evaluasi terutama tes hasil belajar.
B.
Hasil Belajar
- Mampu memahami pengetahuan dasar tentang sistem evaluasi pendidikan
- Mengetahui tujuan dan kegunaan evaluasi pendidikan.
- Mengetahui ciri–ciri dan prinsip–prinsip evaluasi pendidikan.
- Mengetahui fungsi dan kegunaan tes standar dan tes non standar.
- Mampu menyusun tes hasil belajar
- Mampu merencanakan, menyusun dan melaksanakan evaluasi pendidikan.
- Mampu memberikan skor dan terampil menerapkan penilaian acuan norma (PAN) dan penilaian acuan patokan (PAP).
- Mampu membuat kisi – kisi soal, menetapkan tingkat kesukaran (TK) dan daya pembeda (DP).
- Mengetahui hubungan taksonomi tujuan pendidikan dengan evaluasi pendidikan.
- Mampu menetapkan validitas tes dan reliabilitas tes.
- Mampu melaksanakan konversi nilai berskala 5,8,10, dan 100 dan Z skor.
- Mampu menganalisa hasil belajar dan pengembangannya.
C. Indikator
Setelah mengikuti
perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat :
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori–teori dan pengetahuan dasar tentang sistem evaluasi pendidikan Islam
- Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan dan kegunaan evaluasi pendidikan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan dan memahami ciri–ciri dan prinsip–prinsip evaluasi pendidikan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan taksonomi tujuan pendidikan dengan evaluasi pendidikan.
- Mahasiswa dapat membedakan antara tes standar dan tes non standar.
- Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk dan jenis tes standar.
- Mahasiswa dapat menetapkan skor dan menerapkan Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan Penilaian Acuan Norma (PAN).
- Mahasiswa dapat melaksanakan konversi nilai berskala 5,8,10,100 dan Z skor.
- Mahasiswa dapat membuat kisi–kisi soal, menetapkan tingkat kesukaran (TK) dan daya pembeda (DP).
- Mahasiswa dapat menetapkan validitas tes dan reliabilitas tes.
- Mahasiswa dapat menganalisa hasil belajar dan pengembangannya.
D.
Materi Pokok
- Pengetahuan Dasar tentang Evaluasi Pendidikan
a. Pengertian Evaluasi
Pendidikan.
b. Urgensi Evaluasi dalam
Pendidikan.
c. Tujuan dan Fungsi
Evaluasi.
d. Dasar al-Qur’an
tentang evaluasi.
e. Ciri–ciri dan prinsip–prinsip
evaluasi pendidikan.
- Jenis dan proses Evaluasi Pendidikan
- Hubungan antara Taksonomi Tujuan Pendidikan dan Evaluasi Hasil Belajar
- Penilaian Berbasis Kompetensi (Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadits, Fiqih, dan SKI)
- Teknik dan Bentuk Evaluasi Hasil Belajar:
a. Teknik Evaluasi non
tes
b. Teknik Evaluasi tes uraian
c. Teknik Evaluasi tes
objektif
d. Teknik Evaluasi tes Perbuatan
- Teknik pembuatan soal:
a. Soal tes tertulis
b. Soal tes perbuatan
c. Soal instrumen non tes
(pengamatan sikap, penilaian portofolio, kecapakan hidup, tes skala sikap, tes
minat, tes motivasi berprestasi, tes kreativitas, tes strates belajar)
- Perencanaan penulisan tes
a. Langkah – langkah
menyusun tes
b. Membuat kisi – kisi
soal
c. Tingkat kesukaran (TK)
dan Daya Pembeda (DP).
- Pemberian skor dan sitem penilaian
a. Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM)
b. Teknik Pemberian skor
c. Penilaian Acuan
Patokan (PAP)
d. Penilaian Acuan Norma
(PAN)
- Teknik Pengelolaan Skor Hasil Evaluasi.
a. Pengelolaan skor
menjadi nilai huruf
b. Pengelolaan skor
menjadi nilai berskala 5, 9, 10,
dan 100
c. Pengelolaan skor
menjadi skor standar z
- Validitas dan Reliabilitas Tes:
a. Validitas tes
-
Pengertian validitas
-
Macam – macam validitas
-
Cara mengetahui validitas tes
b. Reliabilitas tes
-
Pengertian Reliabilitas tes
-
Metode Reliabilitas tes
-
Reliabilitas tes uraian
- Tes standar dan tes non standar
- Analisis hasil evaluasi dan pengembangannya:
a. Analisis hasil ulangan
b. Program
remedial/perbaikan
c. Program pengayaan
d. Pelaporan
E.
Strategi Pembelajaran
1. Secara umum perkuliahan akan menggunakan
strategi belajar aktif, dimana mahasiswa diperlukan sebagai subyek, dengan
sistem komunikasi yang dialogis, dan mengutamakan latihan – latihan secara
individual.
2. Setiap kali pertemuan diadakan penjajagan
materi – materi yang telah diberikan, dan memberikan kesempatan untuk tanya
jawab dan latihan – latihan pada setiap tatap muka. Secara terstruktur
mahasiswa diberi tugas.
Tugas – tugas memberikan kontribusi dalam penilaian.
3.
Kuliah ini direncanakan akan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan termasuk
UTS dan UAS.
4.
Dalam perkuliahan, mahasiswa harus hadir di ruang belajar tepat waktu.
5.
Mahasiswa harus memenuhi kehadiran minimal 80% dari rencana perkuliahan.
F.
Sumber Pembelajaran
1. Majalah, jurnal, makalah, dan penelitian lainnya.
2. Buku acuan :
Arikunto, Suharsini. 1984. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan.
Jakarta: Bina Aksara.
______________.1986. Prosedur Penelitian
: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara.
Bukhari, Muchtar.1980. Teknik – teknik
Evaluasi dalam Pendidikan. Bandung: Jemmars.
Joni, Raka.T. 1984. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan.
Malang: Yayasan Penerbit LPM.
Purwanto, Ngalim. M. 1990. Prinsip –
prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setiawan, Coni. 1990. Pendekatan
Keterampilan Proses. Jakarta: Grafindo Persada.
______________. 1982. Prinsip – prinsip
dan teknik Pengukuran dan Penilaian dalam Pendidikan. Jakarta: Mutiara.
Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.
Thoha, Chabib. 1990. Teknik Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
W. Best, John. 1982. Methode Penilaian
Pendidikan. Terj.Sanfiah Faisal dan Muladi G.W. Surabaya: Usaha Nasional.
Winkel,W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan
Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Semua sumber yang berkaitan dengan evaluasi pendidikan dapat
digunakan sebagai referensi.
G.
Penilaian
Evaluasi Hasil
belajar mahasiswa dalam mata kuliah ini meliputi:
1.
Partisipasi di kelas 10%
2.
Tugas laporan reading course
20%
3.
Kliping pendidikan 20%
4.
Tugas latihan (praktikum) 30%
5.
UTS dan UAS 20%
H. Tugas
1.
Setiap mahasiswa ditugaskan
melakukan reading course, membaca bahan bacaan terkait dengan topik
tertentu sesuai dengan jadwal perkuliahan sebelum hadir di kelas. Hasil bacaan
dituangkan dalam tulisan tangan (1-3 halaman menggunakan kertas
double folio bergaris) dan dikumpulkan setiap kali pertemuan.
2.
Setiap mahasiswa diwajibkan
mengerjakan tugas latihan terkait dengan topik tertentu sesuai dengan jadwal
perkuliahan. Latihan dikumpulkan setiap kali pertemuan berikutnya.
3.
Kliping
pendidikan dari media lokal, nasional, maupun internasional. Kliping diresume
dan diberikan komentar/pendapat penulis. Isi kliping antara 6-10 berita. (Dikumpul tanggal 10 Juni 2013).
4. Keterlambatan pengumpulan tugas berdampak pada pengurangan skor penilaian.
4. Keterlambatan pengumpulan tugas berdampak pada pengurangan skor penilaian.
Sukaraja,
4 Maret 2013
Mengetahui
Dosen
Pengampu
Ketua
Program Studi,
Drs.
H. Mu’arif, M.Pd.I. Mukhamad
Fathoni, S.Pd.I.
atau dapat didownload di sini!
No comments:
Post a Comment