SILABUS PERKULIAHAN
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2012/2013
Perguruan Tinggi:
STKIP Nurul Huda Sukaraja
Mata
Kuliah : Kapita
Selekta Pendidikan Ekonomi
Program
Studi : Pendidikan Ekonomi
(S1)
Semester : VI (Enam)
Pengampu : Mukhamad Fathoni, S.Pd.I.
Contact : Hp. 081271294699
e-mail: mukhamadfathoni@gmail.com
Web log: http://www.mufaesa.blogspot.com
Twitter: @mukhamadfathoni
Facebook: http://www.facebook.com/mukhamad.fathoni1
A.
Kompetensi
Dasar
1.
Mahasiswa
mampu memahami
dan menguasai persoalan–persoalan aktual dan
isu-isu pendidikan
baik secara konsep maupun
operasionalnya, terutama pendidikan
ekonomi di Indonesia.
2.
Mahasiswa
mampu menganalisis persoalan-persoalan dan isu-isu tersebut dalam bentuk
tulisan/artikel dan mempresentasikannya melalui kegiatan diskusi kelas.
B.
Deskripsi
Singkat
Mata kuliah ini membahas tentang dinamika
pendidikan ekonomi sebagai bunga rampai pelaksanaan pendidikan nasional, sehingga
kajian dalam mata kuliah ini adalah tentang isu-isu strategis yang berkaitan
dengan pendidikan ekonomi di Indonesia dalam perspektif nasional, baik pada tataran
makro di tingkat nasional dan regional, maupun mikro di tingkat satuan pendidikan. Selain
itu, melalui mata kuliah ini mahasiswa dilatih untuk melakukan kajian kritis untuk
mengungkap, menggali, mendipkripsikan, dan memposisikan isu-isu pendidikan ekonomi baik dari segi legislasi,
konsepsi, maupun praktisi.
C.
Materi
Pokok
1.
Negara,
sistem ekonomi, pembangunan (pangan, non pangan, pertanian, dan industri), dan
pendidikan ekonomi.
2.
Tri
pusat pendidikan, kebijakan ekonomi (moneter dan fiskal), proses serta hasil
belajar.
3.
Tujuan,
manajemen, leadership pendidikan ekonomi, dan otonomi daerah.
4.
Sekolah,
globalisasi, dan perubahan sosial masyarakat.
5.
Demokrasi,
pluralisasi, dan komersialisasi pendidikan.
6.
Pendidikan
ekonomi, kemiskinan, pengangguran, dan distribusi pendapatan.
7.
Kompetensi
lulusan, materi, media, dan metode mengajar.
8.
Kurikulum,
profesionalisme guru, dan keterbatasan sumber daya.
9.
Biaya
pendidikan, sertifikasi guru, kinerja guru, dan pemerataan kesempatan belajar.
10.Krisis
global, ketenagakerjaan, Ujian Nasional, dan kualitas produk pendidikan.
11.Teknologi
informasi komunikasi (TIK) dan
nilai-nilai kedisiplinan, kesungguhan belajar, dan kejujuran ilmiah dalam
pendidikan ekonomi.
12.Perekonomian
Indonesia masa yang akan datang dan penanaman nilai-nilai etika/moral kepada
siswa serta pendidikan karakter bangsa.
D.
Strategi
Pembelajaran
1. Secara
umum perkuliahan akan menggunakan strategi belajar aktif, dimana mahasiswa
diperlukan sebagai subyek, dengan sistem komunikasi dialogis. Pendekatan
yang diterapkan ialah pembelajaran orang dewasa (andragogy/adult learning)
dengan menggunakan lebih banyak teknik diskusi. Mengacu pada perolehan dari membaca
atau pengalaman pribadi, mahasiswa diharapkan secara aktif memberikan pendapat
atau mengajukan hal-hal yang perlu didiskusikan. Kuliah lebih merupakan upaya
saling belajar di antara dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa dengan
mengutamakan presentasi dan argumentasi atas berbagai isu yang
diidentifikasikan sebagai pokok bahasan.
2.
Ketika
presentasi mahasiswa diwajibkan menyusun dan membagi handout berisi
konsep-konsep pokok bahasan serta dipaparkan secara deskriptif, kritis, dan
berimprovisasi dengan memberikan contoh-contoh yang aktual. Isi paparan
hendaknya memotivasi diskusi. Peserta diskusi diharapkan memahami pokok bahasan
secara utuh.
3. Kuliah
ini direncanakan akan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan termasuk UTS dan
UAS.
4. Dalam
perkuliahan, mahasiswa harus hadir di ruang belajar tepat waktu.
E.
Sumber
Belajar
Semua referensi yang berkaitan dengan materi dapat
dijadikan sebagai sumber belajar.
F.
Tugas
1. Mahasiswa
memilih salah satu topik diskusi untuk disajikan dalam bentuk makalah dan power
point serta mempresentasikannya secara berkelompok atau individu di depan
kelas. Makalah dikumpulkan pada saat akan presentasi sesuai jadwal. Presentasi
dimulai pertemuan ke-2.
2.
Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diwajibkan
menyerahkan makalah akhir hasil perbaikan secara individu dengan melampirkan
makalah sebelum direvisi.
3.
Kliping
pendidikan dari media cetak lokal, nasional, maupun internasional. Kliping diresume
dan diberikan komentar/pendapat penulis. Isi kliping antara 6 – 10 berita.
G.
Evaluasi
Evaluasi Hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah ini meliputi:
1.
Kehadiran
di kelas (a)
2.
Makalah
dan presentasi (b)
3.
Kliping pendidikan (c)
4.
Ujian Tengah Semester
(d)
5.
Ujian Akhir Semester
(e)
Nilai Akhir
Nilai Akhir (NA) =
a + b + c + d + e
5
Rentang Nilai
Nilai
Angka
|
Nilai
Huruf
|
Bobot
|
Predikat
|
86 – 100
|
A
|
4
|
Lulus sangat baik
|
71 – 85
|
B
|
3
|
Lulus baik
|
56 – 70
|
C
|
2
|
Lulus cukup
|
41 – 55
|
D
|
1
|
Lulus kurang
|
0 – 40
|
E
|
0
|
Gagal
|
Sukaraja, 4 Maret 2013
Mengetahui Dosen
pengasuh,
Ketua
Program Studi
Mukhamad
Fathoni, S.Pd.I.
Hj.
Mursilah, S.E.
atau dapat didownload di sini!
No comments:
Post a Comment