Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Tuesday, March 5, 2013

Silabus Kapita Selekta Pendidikan Ekonomi



SILABUS PERKULIAHAN
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2012/2013

Perguruan Tinggi: STKIP Nurul Huda Sukaraja
Mata Kuliah         : Kapita Selekta Pendidikan Ekonomi
Program Studi     : Pendidikan Ekonomi (S1)
Semester              : VI (Enam)
Pengampu            : Mukhamad Fathoni, S.Pd.I.
Contact                : Hp. 081271294699
                               e-mail: mukhamadfathoni@gmail.com
                               Web log: http://www.mufaesa.blogspot.com


                               Twitter: @mukhamadfathoni
                               Facebook: http://www.facebook.com/mukhamad.fathoni1


A.     Kompetensi Dasar
1.     Mahasiswa mampu memahami dan menguasai persoalan–persoalan aktual dan isu-isu pendidikan baik secara konsep  maupun operasionalnya, terutama pendidikan ekonomi di Indonesia.
2.     Mahasiswa mampu menganalisis persoalan-persoalan dan isu-isu tersebut dalam bentuk tulisan/artikel dan mempresentasikannya melalui kegiatan diskusi kelas.

B.      Deskripsi Singkat
Mata kuliah ini membahas tentang dinamika pendidikan ekonomi sebagai bunga rampai pelaksanaan pendidikan nasional, sehingga kajian dalam mata kuliah ini adalah tentang isu-isu strategis yang berkaitan dengan pendidikan ekonomi di Indonesia dalam perspektif nasional, baik pada tataran makro di tingkat nasional dan regional, maupun mikro di tingkat satuan pendidikan. Selain itu, melalui mata kuliah ini mahasiswa dilatih untuk melakukan kajian kritis untuk mengungkap, menggali, mendipkripsikan, dan memposisikan isu-isu pendidikan ekonomi baik dari segi legislasi, konsepsi, maupun praktisi.

C.     Materi Pokok
1.     Negara, sistem ekonomi, pembangunan (pangan, non pangan, pertanian, dan industri), dan pendidikan ekonomi.
2.     Tri pusat pendidikan, kebijakan ekonomi (moneter dan fiskal), proses serta hasil belajar.
3.     Tujuan, manajemen, leadership pendidikan ekonomi, dan otonomi daerah.
4.     Sekolah, globalisasi, dan perubahan sosial masyarakat.
5.     Demokrasi, pluralisasi, dan komersialisasi pendidikan.
6.     Pendidikan ekonomi, kemiskinan, pengangguran, dan distribusi pendapatan.
7.     Kompetensi lulusan, materi, media, dan metode mengajar.
8.     Kurikulum, profesionalisme guru, dan keterbatasan sumber daya.
9.     Biaya pendidikan, sertifikasi guru, kinerja guru, dan pemerataan kesempatan belajar.
10.Krisis global, ketenagakerjaan, Ujian Nasional, dan kualitas produk pendidikan.
11.Teknologi informasi  komunikasi (TIK) dan nilai-nilai kedisiplinan, kesungguhan belajar, dan kejujuran ilmiah dalam pendidikan ekonomi.
12.Perekonomian Indonesia masa yang akan datang dan penanaman nilai-nilai etika/moral kepada siswa serta pendidikan karakter bangsa.

D.  Strategi Pembelajaran
1.     Secara umum perkuliahan akan menggunakan strategi belajar aktif, dimana mahasiswa diperlukan sebagai subyek, dengan sistem komunikasi dialogis. Pendekatan yang diterapkan ialah pembelajaran orang dewasa (andragogy/adult learning) dengan menggunakan lebih banyak teknik diskusi. Mengacu pada perolehan dari membaca atau pengalaman pribadi, mahasiswa diharapkan secara aktif memberikan pendapat atau mengajukan hal-hal yang perlu didiskusikan. Kuliah lebih merupakan upaya saling belajar di antara dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa dengan mengutamakan presentasi dan argumentasi atas berbagai isu yang diidentifikasikan sebagai pokok bahasan.
2.     Ketika presentasi mahasiswa diwajibkan menyusun dan membagi handout berisi konsep-konsep pokok bahasan serta dipaparkan secara deskriptif, kritis, dan berimprovisasi dengan memberikan contoh-contoh yang aktual. Isi paparan hendaknya memotivasi diskusi. Peserta diskusi diharapkan memahami pokok bahasan secara utuh.
3.     Kuliah ini direncanakan akan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan termasuk UTS dan UAS.
4.     Dalam perkuliahan, mahasiswa harus hadir di ruang belajar tepat waktu.


E.   Sumber Belajar
Semua referensi yang berkaitan dengan materi dapat dijadikan sebagai sumber belajar.

F.    Tugas
1.     Mahasiswa memilih salah satu topik diskusi untuk disajikan dalam bentuk makalah dan power point serta mempresentasikannya secara berkelompok atau individu di depan kelas. Makalah dikumpulkan pada saat akan presentasi sesuai jadwal. Presentasi dimulai pertemuan ke-2.
2.     Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diwajibkan menyerahkan makalah akhir hasil perbaikan secara individu dengan melampirkan makalah sebelum direvisi.
3.     Kliping pendidikan dari media cetak lokal, nasional, maupun internasional. Kliping diresume dan diberikan komentar/pendapat penulis. Isi kliping antara 6 – 10 berita.

G.    Evaluasi
Evaluasi Hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah ini meliputi:
1.   Kehadiran di kelas (a)
2.   Makalah dan presentasi (b)
3.   Kliping  pendidikan (c)
4.   Ujian Tengah Semester (d)
5.   Ujian Akhir Semester (e)

Nilai Akhir
Nilai Akhir (NA)      = a + b + c + d + e
                                                 5
      Rentang Nilai
Nilai Angka
Nilai Huruf
Bobot
Predikat
86 – 100
A
4
Lulus sangat baik
71 – 85
B
3
Lulus baik
56 – 70
C
2
Lulus cukup
41 – 55
D
1
Lulus kurang
0 – 40
E
0
Gagal


Sukaraja,  4 Maret 2013
Mengetahui                                       Dosen pengasuh,
          Ketua Program Studi

Mukhamad Fathoni, S.Pd.I.
          Hj. Mursilah, S.E.

atau dapat didownload di sini!

No comments: