Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Sunday, October 21, 2012

Proposal Penelitian Tindakan Kelas





PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA LIMA-LIMA UNTUK MENINGKATKAN 
HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR LAYANAN INFORMASI  INTERNET
 SISWA MTs NURUL HUDA SUKARAJA










PROPOSAL PTK
Disusun Untuk Melengkapi Salah Satu Tugas Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 
Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahap 11


 Oleh:
Mukhamad Fathoni
Nomor Peserta: 12110822420003
Kelas: 08
Asal: MTs Nurul Huda Sukaraja




PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG)
RAYON 109
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
10-18 September 2012
 


 

BAB I
PENGAJUAN MASALAH PTK

1.1.  Pendahuluan
Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru di MTs Nurul Huda Sukaraja ditemukan beberapa permasalahan yang terjadi di kelas, seperti guru mengajar dengan menjelaskan materi dilanjutkan tanya jawab, komunikasi guru cenderung searah, sebagian siswa belum memahami internet walaupun sudah ada yang mempunyai akun facebook, siswa lebih senang bermain face book daripada mempelajari e-mail, sedikit siswa yang berani mengajukan pertanyaan, sebagian siswa diam memperhatikan penjelasan guru, tetapi tampak tidak konsentrasi, sebagian siswa diam seolah memperhatikan penjelasan guru, tetapi ketika ditanya banyak yang tidak mampu memberikan jawaban, mayoritas siswa mau bertanya dan menjawab pertanyaan harus dipancing terlebih dahulu, sebagian siswa enggan untuk membuat catatan, mayoritas siswa tidak dapat menyelesaikan soal latihan tepat waktu, rata-rata nilai post test kurang dari 60, dan mayoritas siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal.
Masalah-masalah yang ditemui tersebut kemungkinan disebabkan oleh metode mengajar guru yang bersifat monoton, sehingga tidak menarik dan membosankan bagi siswa. Siswa mengikuti pembelajaran dengan pasif, seolah tidak dilibatkan langsung dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran hanya menggunakan papan tulis. Tidak ada bahan ajar lain selain buku yang dipegang guru. Siswa tidak memahami materi yang diajarkan, karena materi masih tergolong baru.
Analisis harus dilakukan terhadap penyebab masalah, agar diperoleh gambaran yang jelas. Setelah dilakukan analisis, ternyata penyebab masalah tersebut berasal dari dua pihak, yaitu dari guru dan siswa. Penyebab dari pihak guru antara lain: guru masih menjadi pusat pembelajaran yang bertugas mentransfer pengetahuan, media dan bahan ajar tidak ada, metode pembelajaran monoton sehingga tidak menarik bagi siswa, dan penjelasan guru membingungkan siswa. Penyebab dari pihak siswa meliputi: siswa tidak terlibat langsung selama pembelajaran, partisipasi siswa selama pembelajaran rendah, materi pembelajaran termasuk baru sehingga konsepnya tidak dipahami, siswa merasa malu, takut, atau lainnya terhadap guru yang akhirnya menyebabkan siswa pasrah saja.
Masalah-masalah dan penyebabnya dapat diidentifikasi bahwa kelemahan tersebut meliputi aspek: metode mengajar, perhatian/partisipasi siswa, dan hasil belajar. Berdasarkan identifikasi yang dilakukan diperoleh temuan bahwa metode mengajar, partisipasi siswa, dan hasil belajar rendah atau tidak memuaskan.

Selengkapnya dapat diunduh di bawah ini:

1. PTK Cover
2. PTK Proposal
3. PTK Silabus
4. PTK RPP
5. PTK Modul
6. PTK LKS
7. PTK Slide Media
8. PTK Instrumen Penilaian

No comments: