Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Sunday, October 21, 2012

Model Pembelajaran Sosial



PENELITIAN MODEL SOSIAL
(Belajar tentang Pembelajaran Sosial)
 Oleh: Mukhamad Fathoni

Dasar Filosofi
1.    Tabiat dasar manusia adalah makhluk sosial.
2.    Manusia pada dasarnya suka bekerja sama, berdebat, berdiskusi, dan selalu berupaya menyaingi kompetensi yang dimiliki lawannya.
3.    Sekolah harus menjadi lingkungan masyarakat kecil yang produktif.
4.    Belajar dimulai dari materi yang paling sederhana sampai pada materi yang paling rumit.

Asumsi Dasar
1.    Setiap guru adalah peneliti.
2.    Peran utama pendidikan untuk mempersiapkan warga negara yang akan mengembangkan tingkah laku demokratis yang terpadu, baik dalam tataran pribadi maupun sosial serta meningkatkan taraf hidup yang berbasis demokrasi sosial yang produktif.
3.    Usaha yang dilakukan bersama dapat meningkatkan kualitas kehidupan, mendatangkan kebahagiaan dan semangat serta mencegah konflik sosial yang dekonstruktif serta mendorong aspek intelektual.

Teori Model Sosial
Model pembelajaran kelompok sosial meliputi unsur:
1.    Mengajar siswa bagaimana cara bekerja sama secara positif dan saling membutuhkan.
2.    Menjamin bahwa setiap siwa belajar bagaimana cara mengembangkan diri sendiri dengan bertanggungjawab dan  tidak meninggalkan usaha untuk bekerja sama.
3.    Bekerja dengan semua siswa secara bersama- sama, tidak ada kelompok siswa yang tidak dapat belajar secara bersama-sama.
4.    Menciptakan sebuah kelas dan sekolah kerja sama, belajar bekerja sama bukan kegiatan seketika, tetapi sebuah cara yang dilakukan mencapai belajar untuk hidup dan bekerja bersama.

Fokus Pencapaian
Lingkungan kerjasama yang ditimbulkan oleh model sosial harus memberikan dampak besar pada:
1.    perilaku kerja sama para siswa,
2.    meningkatkan perasaan empati terhadap orang lain,
3.    mengurangi ketegangan antarkelompok dan perilaku agresif serta antisosial,
4.    meningkatkan pertimbangan moral, dan
5.    membangun perasaan positif terhadap orang lain, termasuk orang-orang kelompok etnis lainnya.
6.    menciptakan interaksi yang integratif antar individu.

Tujuan Pembelajaran Sosial
Meningkatkan kemampuan siswa untuk berinteraksi dengan orang lain dalam proses yang demokratis dan kerja sama secara produktif dalam suatu lingkungan masyarakat.

Implikasi Model
1.    Pembelajaran model sosial memiliki efek positif pada beragam siswa dan dapat diterapkan untuk semua kategori siswa.
2.    Pengembangan tanggung jawab sosial secara positif mempengaruhi prestasi karena mempengaruhi pribadi secara positif yang menyertai kegiatan kerja sama.
3.    Siswa belajar tentang cara bekerja dan hidup secara bersama-sama.

Langkah-Langkah
1.    memilih model pembelajaran,
2.    belajar untuk menggunakannya,
3.    bertanya dampaknya pada siswa.
4.    mencari cara menggunakan model yang baik untuk melayani kebutuhan belajar siswa

Hasil-Hasil Penelitian
Hasil belajar kelompok eksperimen (model sosial) lebih baik daripada kelompok control (model tutorial) untuk materi-materi tertentu.

Atau  dapat diunduh di sini!

No comments: