Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Monday, January 22, 2018

Perkemahan Dakwah dan Silaturahmi

PERKEMAHAN DAKWAH DAN SILATURAHMI
SMK PONDOK PESANTREN NURUL HUDA SUKARAJA TAHUN 2017


Perkemahan Dakwah dan Silaturahmi merupakan program wajib yang masuk dalam jadwal kegiatan akademik dan harus diikuti oleh seluruh warga sekolah, yaitu seluruh santri dari kelas X sampai dengan kelas XII dan dewan guru serta pengurus asrama putri SMK.
Perkemahan Dakwah dan Silaturahmi merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan selama empat hari di akhir semester ganjil, yaitu setelah pelaksanaan ujian akhir semester ganjil sekaligus dalam rangka mengisi kegiatan pasca ujian akhir semester dan pembagian buku laporan hasil belajar (rapor), yaitu tanggal 20 s.d. 23 Desember 2017.
Tahun 2017 dilaksanakan di Desa Simpang Saga Trans Kecamatan Buay Runjung Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Jarak tempuh dari sekolah ±4 jam perjalanan kendaraan roda empat. Bumi perkemahan di lapangan SD Tanjung Harapan Simpang Saga Trans terletak ±5 km dari Jalan Lintas Muaradua – Kisam dengan kondisi jalan naik turun curam sehing memacu adrenalin untuk berpetualang menjelajah wilayah Indonesia, sehingga menumbuhkan kesadaran akan kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Perkemahan Dakwah dan Silaturahmi dilaksanakan dalam rangka memberikan pengalaman langsung kepada santri tentang kehidupan di tengah masyarakat. Santri dapat mempraktikkan pengetahuan, perilaku, dan keterampilan yang diperoleh selama belajar di sekolah. Santri belajar beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan baru yang belum dikenalnya, sehingga bisa berperan aktif dan bermanfaat di tengah masyarakat. Kegiatan perkemahan juga dimaksudkan untuk memperkenalkan dan menjalin silaturahmi dengan masyarakat, lebih mendekatkan SMK Nurul Huda Sukaraja dengan masyarakat, memperoleh data tentang keterampilan kemasyarakatan yang dibutuhkan di tengah masyarakat.
Kegiatan dikemas dalam bentuk perkemahan kepramukaan dipadukan dengan tradisi pesantren dan ibadah kemasyarakatan. Materi kegiatan tidak hanya tentang kepramukaan tetapi lebih dititikberatkan pada kegiatan-kegiatan pembentukan karakter Islami. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain pendirian tenda, upacara kepramukaan, shalat dan dzikir berjamaah, pawai dakwah, gema shalawat Nabi, silaturahmi masyarakat, senam pagi, latihan gabungan dengan SMP/MTs sekitar, permainan dan perlombaan, persahabatan olah raga dengan karang taruna, K3 perkemahan, unggun gembira, pentas seni, pembagian rapor, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan kemasyarakatan dan pembentukan karakter santri.

Kegiatan kepramukaan di alam terbuka dilakukan untuk memberikan pengalaman langsung kepada santri tentang teknik dan praktik penguasaan alam, pemanfaatan, dan konservasi alam dengan kemampuaan yang dimiliki dengan harapan santri menyadari bahwa manusia adalah khalifah Allah di bumi yang harus melestarikan bumi, namun tetap menyadari bahwa sanri juga bagian dari alam dan mengikuti hukum  alam atau sunnatulloh. Kegiatan kepramukaan diarahkan dalam hal bakti terhadap masyarakat dan lingkungannya untuk meningkatkan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan sekitar serta peduli terhadap masyarakat. (mf)

No comments: