SILABUS PERKULIAHAN
Perguruan
Tinggi : STKIP Nurul Huda Sukaraja
Mata
Kuliah : Profesi Kependidikan
Program
Studi : Pendidikan Fisika
Semester : IV (Empat)
Bobot : 4 sks
Pengampu : Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
Tahun
Akademik : 2014/2015
Contact : Hp. 0812 7129 4699
e-mail: mukhamadfathoni@gmail.com
Kompetensi
Mahasiswa
memiliki dan mampu mengimplementasikan wawasan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan
dalam menjalankan profesi kependidikan, mampu menganalisis masalah yang
dihadapi profesi kependidikan dan menemukan upaya pemecahan berbagai kasus yang
dihadapi profesi kependidikan, dan dapat mengembangkan karirnya sebagai guru
dengan sebaik-baiknya.
Tujuan
Melalui
mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep pengembangan profesi
kependidikan dan melaksanakan upaya pengembangan profesi kependidikan dan kode
etik profesi kependidikan serta mengupayakan pemecahan masalah terkait profesi
kependidikan.
Indikator
Mahasiswa
dapat menjelaskan landasan dan wawasan keilmuan tentang profesi kependidikan.
Mahasiswa
memiliki kemampuan untuk mengembangkan peran profesionalnya sebagai guru dengan
acuan sikap profesional dan wawasan tentang kode etik kependidikan dalam
melaksanakan tugas.
Deskripsi
Dimenasi
profesi kependidikan sangat luas, profesi kependidikan mensyaratkan pengetahuan
dan pemahaman tentang belajar dan pembelajaran agar sesuai dengan perkembangan
peserta didik sehingga pendidikan dapat dilaksanakan secara optimal. Guru yang
profesional senantiasa menjunjung tinggi kode etik, peka terhadap perubahan dan
pembaharuan, serta IPTEK sejalan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan
perkembangan zaman. Mata kuliah ini membahas tentang konsep profesi
kependidikan dan permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan profesi
kependidikan.
Pokok Materi
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
2.
Hakikat profesi kependidikan
3.
Perkembangan profesi kependidikan di Indonesia
4.
Tingkat dan jenis profesi kependidikan
5.
Kode etik profesi kependidikan
6.
Organisasi profesi kependidikan
7.
Integritas kepribadian dan sikap profesional dalam kependidikan
8.
Profesi kependidikan di bidang layanan instruksional
9.
Profesi kependidikan di bidang layanan administrasi dan bimbingan
10.
Penilaian kinerja guru
11.
Pengakuan, perlindungan, dan penghargaan profesi kependidikan
12.
Pengembangan dan peningkatan profesionalisasi guru
13.
Tantangan dan problematika pengembangan profesionalisme guru serta
upaya pemecahannya
14.
Supervisi pendidikan
15.
Refleksi individu
Rincian
Materi Pembelajaran tiap Pertemuan
Pertemuan
ke-
|
Pokok
Materi
|
Sub
Pokok Materi
|
Ket
|
1
|
Pengantar dan substansi belajar& pembelajaran
|
a.
Isi silabus
b.
Mekanisme perkuliahan
c.
Jenis-jenis tugas yang
harus dikerjakan mahasiswa
d.
Mekanisme penilaian
e.
Referensi
|
|
2
|
Pendahuluan
|
a.
Dasar, fungsi, dan tujuan pendidikan
nasional.
b.
Syarat, tugas, hak, serta
kewajiban tenaga kependidikan.
|
|
3
|
Hakikat profesi kependidikan
|
a.
Pengertian profesi,
profesional, profesionalisme, profesionalitas, profesionalisasi.
b.
Karakteristik dan
syarat-syarat profesi kependidikan.
c.
Guru sebagai jabatan
profesi.
|
|
4
|
Perkembangan profesi kependidikan di
Indonesia
|
a.
Masa penjajahan,
b.
Masa kemerdekaan,
c.
Masa reformasi
|
|
5
|
Tingkat dan jenis profesi kependidikan
|
a.
Tingkat profesi
kependidikan
b.
Jenis profesi kependidikan
|
|
6
|
Kode etik profesi kependidikan
|
a.
Pengertian kode etik,
tujuan kode etik, penetapan kode etik.
b.
Kode etik guru Indonesia,.
c.
Pelanggaran dan sanksi.
|
|
7
|
Organisasi profesi kependidikan
|
a.
Tujuan, fungsi, peran organisasi profesi
b.
Macam dan bentuk organisasi
profesi.
c.
Pengembangan organisasi.
|
|
8
|
Integritas kepribadian dan sikap profesional
dalam kependidikan
|
a. Profesi guru sebagai panggilan jiwa
b. Teori kepribadian (Freud, Abraham Maslow, Skinner)
c.
Integritas kepribadian
d.
Sikap profesional dalam
kependidikan
|
|
9
|
Profesi kependidikan di bidang layanan
instruksional
|
a.
Kompetensi pribadi,
b.
Kompetensi sosial,
c.
Kompetensi pedagogik,
d.
Kompetensi profesional.
|
|
10
|
Profesi kependidikan di bidang layanan
administrasi dan bimbingan
|
a.
Profesi kependidikan di
bidang layanan administrasi
b.
Profesi kependidikan di
bidang layanan bimbingan
|
|
11
|
Penilaian kinerja guru
|
a.
Pengertian kinerja guru dan
penilaian kinerja guru.
b.
Persyaratan, prinsip, aspek
penilaian.
c.
Prosedur pelaksanaan
penilaian.
d.
Upaya peningkatan kinerja
guru
|
|
12
|
Pengakuan, perlindungan, dan penghargaan
profesi kependidikan
|
a.
Definisi pengakuan,
perlindungan, dan penghargaan profesi kependidikan
b.
Perlindungan atas hak-hak
guru
c.
Jenis upaya perlindungan
hukum bagi guru
d.
Penghargaan dan
kesejahteraan
e.
Tunjangan guru
|
|
13
|
Pengembangan dan peningkatan profesionalisasi
guru
|
a.
Upaya, teknik, model,
sosialisasi.
b.
Implementasi pengembangan
profesi guru
|
|
14
|
Tantangan dan problematika pengembangan
profesionalisme guru serta upaya pemecahannya
|
a.
Tantangan dan problematika
pengembangan profesionalisme guru
b.
Profesionalisme guru di era
teknologi informasi dan komunikasi
c.
Upaya pemecahannya
|
|
15
|
Supervisi pendidikan
|
a.
Pengertian, tujuan, fungsi,
peran supervisi
b.
Langkah-langkah pelaksanaan
supervisi
|
|
16
|
Refleksi individu
|
Refleksi individu tentang guru yang profesional
|
Strategi Pembelajaran
1.
Diskusi tanpa makalah.
2.
Presentasi slide.
3.
Satu jam diskusi, satu jam dosen.
4.
Kehadiran diperhitungkan tetapi tidak jadi syarat UAS.
5.
Kuliah ini direncanakan akan berlangsung sebanyak 16 minggu
termasuk UTS dan UAS.
6.
Mengingat materi perkuliahan yang berkesinambungan dan membutuhkan
partisipasi aktif mahasiswa, kehadiran mahasiswa pada setiap pertemuan sangat
penting. Oleh karena itu, mahasiswa diharuskan hadir di ruang belajar tepat
waktu.
Tugas
1.
Tugas diumumkan kemudian.
2.
Mahasiswa memilih salah satu topik diskusi untuk disajikan dalam
bentuk makalah dan power point serta mempresentasikannya secara
berkelompok atau individu di depan kelas. Makalah dikumpulkan pada saat akan
presentasi sesuai jadwal. Presentasi dimulai pertemuan ke-2.
Sumber
Pembelajaran
Referensi buku
Suparlan. Guru Sebagai
Profesi. Yogyakarta, Hikayat Publishing.
B. Uno, Hamzah. Profesi
Kependidikan. Jakarta, Bumi Aksara.
Yamin, Martinis, Maisah. Standarisasi
Kinerja Guru. Jakarta, Gaung Persada.
Kunandar. Guru Profesional
Implementasi KTSP. Jakarta, Raja Grasindo Persada.
Soetjipto, Raflis Kosasi. Profesi
Keguruan. Jakarta, Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan, Khairil. Profesi
Kependidikan. Bandung, Alfabeta.
Alma, Buchari. Guru
Profesional Menguasasi Metode dan Terampil Mengajar. Bandung, Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Nomor 14 Tahun
2005 tentang Guru dan Dosen
Peraturan Pemerintah Nomor 19
Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Permendiknas Nomor 16 Tahun
2007 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Referensi tambahan
1.
Jurnal dan makalah
2.
Semua referensi berkaitan dengan profesi kependidikan yang
dikembangkan sendiri oleh mahasiswa, termasuk dari internet.
Penilaian
Evaluasi
Hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah ini meliputi:
1.
10% Kehadiran (a)
2.
20% Tugas (b)
3.
30% Ujian Tengah Semester (c)
4.
40% Ujian Akhir Semester (d)
Nilai Akhir
Nilai Akhir (NA) = a + b + c + d
4
Rentang Nilai
Nilai Angka
|
Nilai Huruf
|
Bobot
|
Predikat
|
86 – 100
|
A
|
4
|
Lulus sangat baik
|
71 – 85
|
B
|
3
|
Lulus baik
|
56 – 70
|
C
|
2
|
Lulus cukup
|
41 – 55
|
D
|
1
|
Lulus kurang
|
0 – 40
|
E
|
0
|
Gagal
|
Sukaraja, 6 Maret 2015
Pengampu,
Dto
Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
atau unduh di sini!
1 comment:
Terimakasih kakak atas artikel nya, terus tulis artikel lainnya ya kak. Izin copas. O iya, perkenalkan nama saya Putri Amelia Nim 1622520017 dari kampus ISB Atma Luhur
Post a Comment