SILABUS
Mata
Kuliah : Pengembangan
Sistem Evaluasi PAI
Program
Studi : Pendidikan Agama Islam
(PAI)
Semester : IV (Empat)
Bobot : 3 sks
Pengampu : Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
Tahun Akademik : 2014/2015
Contact : Hp. 0812 7129 4699
A. Kompetensi
Dasar
Mahasiswa memperoleh
wawasan tentang kegiatan evaluasi sebagai satu kegiatan integral dalam kegiatan
pembelajaran, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan dasar dalam
merencanakan, menyusun, dan melaksanakan evaluasi pendidikan serta menafsirkan dan memanfaatkan hasil
dalam konteks kegiatan belajar mengajar (KBM), serta mampu mengembangkan alat
evaluasi terutama tes hasil belajar.
B. Indikator
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat :
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori–teori dan pengetahuan dasar tentang sistem evaluasi pendidikan Islam
- Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan dan fungsi evaluasi pendidikan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan dan memahami ciri–ciri dan prinsip–prinsip evaluasi pendidikan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan cakupan penilaian.
- Mahasiswa dapat merumuskan indikator pencapaian.
- Mahasiswa dapat menjelaskan teknik, jenis, dan bentuk instrumen penilaian.
- Mahasiswa dapat menetapkan kriteria ketuntasan minimal.
- Mahasiswa dapat membuat kisi-kisi soal, menetapkan tingkat kesukaran (TK) dan daya pembeda (DP).
- Mahasiswa dapat menetapkan skor dan menerapkan Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan Penilaian Acuan Norma (PAN).
- Mahasiswa dapat melaksanakan konversi nilai berskala 5, 10, 11, 100 dan Z skor.
- Mahasiswa dapat menetapkan validitas tes dan reliabilitas tes.
- Mahasiswa dapat menganalisis hasil belajar dan pengembangannya.
- Mahasiswa dapat menyusun laporan hasil penilaian.
C. Materi Pokok
1.
Pengetahuan dasar (pengertian,
ciri, tujuan, fungsi, prinsip, dasar al-Qur’an)
2.
Cakupan penilaian (pengetahuan,
sikap, dan keterampilan)
3.
Perumusan indikator pencapaian
4.
Teknik, jenis, dan bentuk instrumen
a. Penilaian sikap
b.
Penilaian pengetahuan
c. Penilaian keterampilan
5.
Perencanaan penyusunan instrumen
a. Kriteria Ketuntasan Minimal
b.
Langkah menyusun instrumen
c.
Kisi-kisi
d. Kartu soal
6.
Penyusunan instrumen
a. Penilaian sikap
b.
Penilaian pengetahuan
c. Penilaian keterampilan
7.
Uji coba instrumen
a. Analisis tingkat kesukaran soal
b. Analisis daya pembeda soal
c. Uji validitas soal
d. Uji reliabilitas tes
8.
Pelaksanaan penilaian
a. Tata tertib
b. Waktu dan tempat
9.
Sistem penilaian
a. Penilaian
Acuan Patokan (PAP)
b. Penilaian
Acuan Norma (PAN)
c. Penilaian Acuan Gabungan/Kombinasi (PAK)
10. Pengolahan skor
a.
Teknik penskoran
b.
Pengolahan skor menjadi nilai
berskala tertentu
11. Analisis hasil ulangan dan tindak lanjut
a. Analisis hasil ulangan
b. Program perbaikan
c. Program pengayaan
12. Pelaporan hasil penilaian
a. Buku laporan hasil belajar
b. Target pencapaian kurikulum
c. Daya serap
D. Strategi
Pembelajaran
1. Secara
umum perkuliahan akan menggunakan strategi belajar aktif, dimana mahasiswa
diperlukan sebagai subyek, dengan sistem komunikasi dialogis. Pendekatan yang
diterapkan ialah pembelajaran orang dewasa (andragogy/adult learning)
dengan menggunakan lebih banyak teknik diskusi. Mengacu pada perolehan dari
membaca atau pengalaman pribadi, mahasiswa diharapkan secara aktif memberikan
pendapat atau mengajukan hal-hal yang perlu didiskusikan. Kuliah lebih
merupakan upaya saling belajar di antara dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa
dengan mengutamakan presentasi dan argumentasi atas berbagai isu yang
diidentifikasikan sebagai pokok bahasan.
2.
Ketika presentasi mahasiswa diwajibkan
menyusun dan membagi handout berisi konsep-konsep pokok bahasan serta
dipaparkan secara deskriptif, kritis, dan berimprovisasi dengan memberikan
contoh-contoh yang aktual. Isi paparan hendaknya memotivasi diskusi. Peserta
diskusi diharapkan memahami pokok bahasan secara utuh.
3. Kuliah
ini direncanakan akan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan termasuk UTS dan
UAS.
4. Dalam
perkuliahan, mahasiswa harus hadir di ruang belajar tepat waktu.
E. Sumber
Pembelajaran
1. Jurnal,
makalah, dan penelitian lainnya yang berkaitan dengan evaluasi pendidikan.
2. Buku
acuan :
Arikunto, Suharsini. Dasar
– Dasar
Evaluasi Pendidikan.
Sudijono, Anas. Pengantar
Evaluasi Pendidikan.
Semua sumber yang berkaitan dengan
evaluasi pendidikan.
Peraturan
perundang-undangan yang berlaku.
F.
Tugas
1. Setiap
mahasiswa ditugaskan melakukan reading course, membaca bahan bacaan
terkait dengan topik tertentu sesuai dengan jadwal perkuliahan sebelum hadir di
kelas. Hasil bacaan dituangkan dalam tulisan tangan (1-3 halaman menggunakan
kertas double folio bergaris) dan dikumpulkan setiap kali pertemuan.
2. Mahasiswa
memilih salah satu topik diskusi untuk disajikan dalam bentuk makalah dan power
point serta mempresentasikannya secara berkelompok atau
individu di depan kelas. Makalah dikumpulkan pada saat akan presentasi sesuai
jadwal. Presentasi dimulai pertemuan ke-2.
3.
Kliping pendidikan dari media cetak lokal,
nasional, maupun internasional. Kliping diresume dan diberikan
komentar/pendapat penulis. Pendapat ditulis dengan mengikuti kerangka berpikir
ilmiah. Isi kliping antara 6–10 berita.
4. Keterlambatan pengumpulan tugas berdampak pada pengurangan skor penilaian.
5. Tugas lain akan diumumkan kemudian.
G. Penilaian
Evaluasi Hasil belajar mahasiswa
dalam mata kuliah ini meliputi:
1. Partisipasi
di kelas (a)
2. Makalah (b)
3. Kliping pendidikan (individu)
(c)
4. Tugas
latihan (individu) (d)
5. Reading course (e)
6. UTS
dan UAS (f)
Nilai
Akhir
Nilai
Akhir (NA) = a + b + c + d + e + f
5
Rentang
Nilai
Nilai
Angka
|
Nilai
Huruf
|
Bobot
|
Predikat
|
86 –
100
|
A
|
4
|
Lulus
sangat baik
|
71 –
85
|
B
|
3
|
Lulus
baik
|
56 –
70
|
C
|
2
|
Lulus
cukup
|
41 –
55
|
D
|
1
|
Lulus
kurang
|
0 – 40
|
E
|
0
|
Gagal
|
Sukaraja,
2 Maret 2015
Mengetahui Dosen Pengampu
Ketua Program Studi, Ttd
Ttd Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
Drs. H. Mu’arif, M.Pd.I.
atau unduh di sini!
No comments:
Post a Comment