TUGAS INDIVIDU
Mata
Kuliah : Pengembangan Sistem
Evaluasi PAI
Program
Studi : Pendidikan Agama Islam
(S1)
Semester : IV.A
Tahun
Akademik : 2013/2014
Petunjuk
1.
Tugas bersifat individu dan take
home.
2.
Ruang lingkup materi adalah materi
Pendidikan Agama Islam SMP/MTs/SMA/MA/ SMK.
3.
Hasil kerja ditulis rapi menggunakan
kertas dobel folio bergaris.
4.
Tugas dikumpul tanggal 5 Juni 2014.
Tugas
1
Pokok
materi : Perencanaan Tes
Pilihan Ganda
Tugas : Tulis instrumen tes
tertulis pilihan ganda (50 soal) dengan
sistematika:
a.
Tabel proporsi banyak soal (1
semester)
b.
Kisi-kisi soal (1 semester)
c.
Kartu soal (2 kartu)
d.
Rumusan soal (10 soal)
Tugas
2
Pokok
materi : Perencanaan Tes
Uraian
Tugas : Tulis instrumen tes
tertulis uraian (10 soal) dengan
sistematika:
a.
Tabel proporsi banyak soal (1
semester)
b.
Kisi-kisi soal (1 semester)
c.
Kartu soal (2 kartu)
d.
Rumusan soal (10 soal)
Tugas
3
Pokok
materi : Perencanaan Tes
Praktik
Tugas : Tulis instrumen tes
praktik dengan sistematika:
a.
Kompetensi dasar
b.
Materi
c.
Rumusan soal/perintah kerja
d.
Lembar penilaian
e.
Pedoman penskoran
f.
Rumus nilai akhir
Tugas
4
Pokok
materi : Penilaian Sikap dalam
Pembelajaran
Tugas : Buat instrumen penilaian sikap dalam pembelajaran
dengan
sistematika:
a.
Kompetensi dasar
b.
Materi
c.
Aspek sikap
d.
Lembar penilaian
e.
Pedoman penskoran
Tugas
5
Pokok
materi : Uji Coba Instrumen
Tes Pilihan Ganda
Tugas :
Berikut ini adalah data berupa
skor-skor hasil tes belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang
diikuti oleh 10 siswa, dengan menyajikan 12 butir item bentuk obyektif (jawaban
betul diberi skor 1, sedangkan jawaban salah diberi skor 0). Hasil tes
tersebut seperti disajikan pada tabel di bawah ini :
No. Urt Siswa
|
Nomor soal /
Skor perolehan tiap item
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
2
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
3
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
4
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
5
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
6
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
7
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
8
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
9
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
Anda diminta :
a. Menghitung angka indeks kesukaran item, setelah itu berikan
interpretasinya!
b. Menghitung angka indeks daya pembeda item, setelah itu
berikan interpretasinya!
c. Menentukan reliabilitas tes!
d.
Menentukan
validitas item tes!
e.
Menentukan validitas tes!
Tugas
6
Pokok
materi : Uji Coba Instrumen
Tes Uraian
Tugas :
Berikut ini adalah data berupa
skor-skor hasil tes belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang
diikuti oleh 5 siswa, dengan menyajikan 5 butir item bentuk uraian (jawaban sangat
lengkap dan benar diberi skor 5, jawaban lengkap dan benar diberi skor 4,
jawaban kurang lengkap dan benar diberi skor 3, jawaban tidak lengkap dan benar
diberi skor 2, jawaban salah diberi skor 1). Hasil tes
tersebut seperti disajikan pada tabel di bawah ini :
No urut Peserta
|
Nomor soal/skor perolehan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
1
|
3
|
4
|
3
|
5
|
2
|
2
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
2
|
2
|
1
|
4
|
2
|
4
|
4
|
5
|
3
|
5
|
4
|
5
|
3
|
3
|
2
|
3
|
1
|
Anda diminta :
a. Menghitung angka indeks kesukaran item, setelah itu berikan
interpretasinya!
b. Menentukan reliabilitas tes!
c.
Menentukan
validitas item tes!
d.
Menentukan validitas tes!
اللّÙ‡ُÙ…َّ لاَسَÙ‡ْÙ„َ
اِلاَّÙ…َاجَعَÙ„ْتَÙ‡ُ سَÙ‡ْÙ„ًا ÙˆَاَÙ†ْتَ تَجْعَÙ„ُ اْÙ„ØُزْÙ†َ اِØ°َا Ø´ِئْتَ سَÙ‡ْلاً
Selamat Bekerja, Semoga Sukses
File pdf dapat diunduh di sini!
No comments:
Post a Comment