Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Saturday, July 28, 2012

Interview dan Uji Instrumen Penelitian


INTERVIEW DAN UJI INSTRUMEN

A.  Pendahuluan
Setiap penelitian selalu membutuhkan data. Data diperoleh menggunakan alat atau instrumen pengumpulan data. Salah satu instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah interview atau wawancara.  
Penting bagi seorang peneliti yang akan mengumpulkan data menggunakan wawancara untuk mengetahui seluk-beluk tentang wawancara. Bahkan sangat mungkin dan harus untuk dilakukan latihan-latihan terlebih dahulu. Latihan-latihan perlu dilakukan, karena tidak semua orang dapat melakukan wawancara dengan baik. Ada hal-hal tertentu yang harus dipersiapkan, diperhatikan, dan dikuasasi oleh orang yang akan melakukan wawancara.
Wawancara sebagai instrumen pengumpulan data memerlukan persiapan yang matang baik moril maupun materil. Pengumpulan data menggunakan instrumen lain, tidak mengharuskan berinteraksi langsung dengan responden. Lain halnya dengan wawancara yang mengharuskan ada interaksi langsung dengan responden sebagai sumber data.
Selain persiapan matang moril dan materil, setiap instrumen pengumpulan data juga harus dianalisis validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas dan reliabilitas harus dilakukan untuk jaminan bahwa data yang diperoleh menggunakan instrumen tertentu sudah sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan bagi suatu data penelitian. Oleh karena itu, makalah ini akan membahas dua topik utama, yaitu tentang seluk-beluk wawancara sebagai instrumen pengumpulan data dan tentang uji instrumen yang meliputi uji validitas dan reliabilitas instrumen pengumpulan data.

Selengkapnya berikut:

No comments: