Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Tuesday, July 3, 2012

Tanggapan Siswa tentang Layanan Belajar


ABSTRAK
(Oleh Mukhamad Fathoni, S.Pd.I.)


Guru bertugas memberikan layanan dalam rangka memenuhi kebutuhan belajar siswa. Kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan pokok berupa ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui proses pendidikan yang berlangsung dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Ketika seorang guru mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa, pada dasarnya guru sedang memberikan layanan belajar terhadap siswa, layanan yang dilakukan guru tersebut terencana, sistematis, dan bertujuan. Layanan tersebut harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Guru dalam proses belajar mengajar memiliki multi peran, tidak semata-mata sebagai pengajar yang mentransfer pengetahuan, tetapi juga sebagai pendidik yang mentransferi nilai-nilai dan sekaligus sebagai pembimbing dan pelayan yang memberikan pengarahan dan menuntun siswa dalam belajar. Penerapan layanan belajar dalam proses belajar mengajar harus dimulai dari menanamkan pada diri guru bahwa layanan belajar sebagai suatu budaya. Ini berarti melakukan kegiatan pelayanan sebagai suatu hal yang membanggakan dengan nilai luhur yang dijunjung tinggi. Budaya layanan belajar tersebut harus ditanamkan dengan kuat sehingga mewarnai hubungan antara guru dan siswa, dan dapat menjadi sarana yang sangat baik untuk mencapai prestasi belajar siswa yang baik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Nurul Huda Sukaraja sejumlah 88 orang. Sampel diambil 50% sejumlah 44 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Uji hipotesis menggunakan uji t.
Kesimpulan penelitian ini adalah tanggapan siswa tentang kemampuan guru memberikan layanan belajar di MTs Nurul Huda Sukaraja OKU TIMUR termasuk sedang/cukup. Prestasi belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Huda Sukaraja OKU TIMUR termasuk sedang/cukup. Hubungan antara tanggapan siswa tentang kemampuan guru memberikan layanan belajar dan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX MTs Nurul Huda Sukaraja OKU TIMUR memiliki korelasi yang signifikan pada taraf nyata 0,05. Koefisien korelasinya r = 0,672. Koefisien korelasi ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sedang antara tanggapan siswa tentang kemampuan guru memberikan layanan belajar dan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX. Berdasarkan koefisien determinasinya diketahui bahwa tanggapan siswa mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 45,16 %.

Kata kunci: layanan belajar, prestasi belajar, akidah akhlak.


Selengkapnya dapat didownload di link berikut:
1. Cover
2. Isi
3. Kisi-kisi dan angket
4. Daftar nilai
5. Uji normalitas
6. Rekap skor jawaban angket
7. Biodata peneliti
Semoga bermanfaat, amin.

No comments: