Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Wednesday, March 13, 2013

Ujian Sekolah MTs Nurul Huda Sukaraja

UJIAN SEKOLAH DI MTs NURUL HUDA SUKARAJA BERJALAN TERTIB


PP Nurul Huda Sukaraja. Hari ini (13/03) merupakan hari kedua pelaksanaan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2012/2013. Demikian juga dengan siswa MTs Nurul Huda Sukaraja hari ini juga mengikuti ujian tersebut. Adapun mata ujinya adalah Bahasa Inggris dan Pendidikan Kewarganegaraan. Pelaksanaan ujian terpantau tertib dan tenang.

Sugiyanto, Kepala MTs Nurul Huda Sukaraja mengatakan, ”Ujian Sekolah tahun ini dilaksanakan dari tanggal 11 s.d. 16 Maret 2013. Pada tahun ini siswa yang mengikuti ujian sebanyak 106 orang dengan menggunakan 6 ruang ujian. Masing-masing ruang diawasi oleh dua orang pengawas.”

”Hasil Ujian Sekolah nantinya akan turut menentukan kelulusan siswa. Sebagaimana diketahui bersama bahwa kelulusan siswa dari satuan pendidikan ditentukan oleh Nilai Sekolah dan Nilai Ujian Nasional. Nilai Sekolah sendiri merupakan gabungan dari Rata-Rata Nilai Rapor dan Nilai Ujian Sekolah. Kita berharap semua siswa dapat mengikuti tahapan-tahapan ujian dengan baik sehingga nantinya dapat lulus.” Sugiyanto menambahkan.

Dengan aturan yang jelas, pemerintah selalu berupaya melakukan perubahan dan perbaikan pendidikan di Indonesia, terutama pada pengelolaan mutu pendidikan. Salah satunya dengan penyelenggaraan Ujian Nasional yang masih saja menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat, baik siswa, orang tua, praktisi, dan pengamat pendidikan. Banyak pihak memprotes dan bahkan tidak setuju dengan penyelenggaraan Ujian Nasional. Keberatan-keberatan tersebut bukan tanpa alasan. Alasan-alasan tersebut antara lain siswa merasa tertekan dan cemas berlebihan karena takut tidak lulus, orang tua merasa khawatir dengan nasib dan masa depan siswanya, tenaga kependidikan menganggap Ujian Nasional menimbulkan diskriminasi terhadap beberapa mata pelajaran, Ujian Nasional juga dianggap mengesampingkan aspek-aspek pedagogis dalam pendidikan.

Walaupun dengan kontroversi yang ada, Ujian Nasional harus tetap dilaksanakan. Ujian Nasional tetap penting sebagai barometer pendidikan di Indonesia, tetapi tentunya dengan berbagai perbaikan pada beberapa aspeknya sehingga Ujian Nasional benar-benar menjadi evaluasi pendidikan yang tidak merugikan semua pihak. Ujian Nasional juga mempunyai dampak positif, antara lain: dapat melihat pemetaan pendidikan di Indonesia, dapat melihat kemampuan siswa, membuat siswa lebih giat belajar walaupun hanya pada mata pelajaran tertentu, para guru menjadi lebih giat dalam mengajar seperti memberikan jam tambahan belajar untuk mata pelajaran tertentu.

Jadi, Ujian Nasional sebagai suatu kegiatan evaluasi di bidang pendidikan tidak harus diperdebatkan lagi. Perdebatan-perdebatan yang muncul menjadi indikator bahwa dalam praktik penyelenggaraan pendidikan di Indonesia masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahan, delapan standar nasional pendidikan yang telah ditetapkan dalam Sistem Pendidikan Nasional tidak terpenuhi. (mf)

No comments: