Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Wednesday, March 13, 2013

Uji Kompetensi SMK Nurul Huda Sukaraja 2012/2013

SMK NURUL HUDA SUKARAJA SELENGGARAKAN UJIAN PRAKTIK KEJURUAN


PP Nurul Huda Sukaraja. SMK Nurul Huda Sukaraja sebagai salah satu unit pendidikan yang dikelola oleh Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja menyelenggarakan Ujian Praktik Kejuruan atau yang lebih dikenal dengan Uji Kompetensi. Ujian tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan sampai dengan tanggal 6 Maret. Ujian diikuti oleh seluruh siswa kelas XII semua program keahlian, yaitu keahlian Administrasi Perkantoran, keahlian Akuntansi, dan keahlian Multimedia.

Masing-masing peserta mengerjakan ujian praktik sesuai dengan paket soal yang diterima dengan diawasi oleh tim penguji yang terdiri dari penguji internal dan penguji eksternal. Penguji internal terdiri dari guru-guru produktif, sedangkan penguji eksternal melibatkan unsur dari akademisi STKIP Nurul Huda, kopontren, dan sekretariat yayasan. Penilaian ujian praktik kejuruan meliputi tiga unsur, yaitu perencanaan (persiapan kerja), proses (sistematika dan cara kerja), dan hasil kerja. Para peserta ujian tampak cekatan dan terampil dalam melaksanakan ujian praktik dan tidak tampak ada kesulitan siswa dalam mendemontrasikan kompetensi-kompetensi yan diujikan. Hal ini menjadi indikator bahwa pembelajaran yang selama ini dilaksanakan lebih mengutamakan praktik daripada teori.

Mujiyono, Kepala SMK Nurul Huda mengatakan: ”Ujian Nasional pada SMK berbeda dengan ujian nasional pada SMA dan MA. Ujian nasional pada SMK ada Ujian Praktik Kejuruan atau Uji Kompetensi yang merupakan bagian dari Ujian Nasional. Uji kompetensi ini merupakan ujian praktik sesuai dengan program keahlian yang dipilih siswa. Nantinya, siswa selain memperoleh ijazah juga memperoleh sertifikat kompetensi bagi yang dinyatakan lulus uji kompetensi.”

”Keberadaan SMK Nurul Huda Sukaraja menjadi alternatif bagi para lulusan SMP/MTs untuk melanjutkan pendidikannya, karena banyak nilai plus yang dimiliki, antara lain mulai tahun pelajaran 2012/2013 siswa sudah diasramakan tersendiri di lingkungan sekolah. Bukan hanya kompetensi sesuai program yang diberikan, tetapi juga kompetensi sosial keagamaan yang sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter generasi bangsa yang berakhlakul karimah” ujar Mujiyono menambahkan.

Lulusan SMK diharapkan mampu menguasai kompetensi sesuai dengan program keahliannya, sehingga ketika nantinya ketika telah dinyatakan lulus mempunyai bekal yang cukup, baik untuk mengisi lowongan kerja, berwiraswasta, maupun melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (mf)

No comments: