Berdasarkan surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 2960/B-SI.02.01/SD/E/2025 tanggal 19 Maret 2025 tentang Penerapan Multi-Factor Authentication (MFA) bahwa untuk memperkuat keamanan dan perlindungan data kepegawaian termasuk data pribadi ASN dari ancaman siber seperti phishing, pencurian identitas, dan peretasan akun yang akan berdampak luas terhadap keamanan dan kepercayaan publik, maka BKN berupaya melakukan antisipasi terhadap kebocoran dan penyalahgunaan data serta memastikan layanan berbasis digital tetap aman, andal, dan dapat diakses dengan mudah oleh seluruh ASN. Upaya yang dilakukan adalah dengan melalui penerapan Multi-Factor Authentication (MFA). Dengan MFA, maka autentikasi selain menggunakan password, juga melalui OTP (One-Time Password), sehinga memperkecil peluang peretasan dan penyusupan ke dalam sistem.
Oleh karena itu seluruh ASN wajib melakukan aktivasi MFA melalui platform ASN digital, yaitu https://asndigital.bkn.go.id. Tata cara aktivasi MFA dapat dilihat pada tautan s.id/aktivasimfaasn. Jika mengalami kendala dalam aktivasi dan pemanfaatan MFA, dapat disampaikan melalui layanan Helpdesk pada platform ASN Digital dengan cara pilih menu Layanan Pendukung kemudian pilih Layanan Helpdesk atau dapat menghubungi Kantor Regional BKN setempat atau menghubungi Bagian Kepegawaian di instansi unit kerja masing-masing.
Platform ASN Digital merupakan platform digital manajemen ASN terpadu dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pada platform ASN Digital seluruh layanan manajemen ASN dapat diakses sesuai kewenangan yang dimiliki setiap ASN. Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki satu akun yaitu Single Sign On (SSO) ASN untuk mengakses layanan yang ada pada platform ASN Digital BKN seperti e-kinerja dan MyASN.
Lantas, bagaimana cara melakukan aktivasi Multi-Factor Authentication (MFA) pada portal ASN Digital?
Simak penjelasan selengkapnya melalui video berikut dari Channel Youtube Catatan ASN (silakan disubscrib channelnya):
Berikut tahapan melakukan aktivasi MFA SSO BKN:
Tahap Persiapan
Pada tahapan ini pastikan password MyASN yang dulu MySAPK atau e-kinerja telah diubah menjadi password dengan kategori kuat, yaitu minimal terdiri dari 12 karakter dan kombinasi dari huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol, contoh:
ASnku20250323# atau
250323koPIenak@.
Untuk merubah password yang masih lemah atau kurang dari 12 karakter dapat melalui aplikasi ASN Digital di https://asndigital.bkn.go.id/

Tahap Aktivasi
Setelah password diganti dengan password kategori kuat, sudah instal Google Authentication, maka selanjutnya adalah aktivasi MFA, dengan langkah berikut:
Pertama, login ke https://asndigital.bkn.go.id/ (disarankan menggunakan PC/Laptop).
Setelah berhasil login, klik "Aktifkan MFA (OTP)
Berikutnya akan muncul tampilan seperti berikut:
Kedua, buka Authentication di perangkat android/iphone, klik "Pindai Kode QR", klik "Tambah Kode"
Berikutnya arahkan scan ke Barcode pada asndigital.go.id yang ada di PC/Laptop. Jika pada aplikasi Authentication di android/iphone sudah tampil 6 angka, maka masukkan 6 angka tersebut ke kolom On-Time Code. Selanjutnya beri nama device nya, misal Atha. Berikutnya klik "Submit".
Jika tahap ini berhasil, maka akan tampil halaman seperti berikut:
Jika proses login (masuk)nya berhasil, maka akan muncul tampilan seperti berikut yang ada nama pengguna (ASN)
Selanjutnya tinggal diklik jenis layanan yang akan diakses oleh ASN, misal layanan MyASN atau Kinerja dengan tanpa perlu memasukkan user dan password lagi. Jika terjadi sistem meminta lagi memasukkan user, password, dan OTP, maka ikuti saja langkah yang ada, karena MFA ASN tetap aktif. Akan tetapi jika yang muncul adalah scan barcode, maka harus diaktifkan ulang MFA nya dengan scan ulang barcodenya.
Catatan penting:
Kode OTP akan selalu diminta setiap login pada https://asndigital.bkn.go.id/, artinya OTP tidak hanya untuk aktivasi. Kode OTP pada Authentication akan selalu berganti, jadi pastikan OTP yang diketikan di https://asndigital.bkn.go.id/ sudah sama dengan yang tampil pada Authentication saat itu.
Jika ketika login di https://asndigital.bkn.go.id/ sudah memasukan NIP, Password, dan OTP dengan benar, tetapi muncul pesan "Tunggu 2 menit", maka harus ditunggu selama minimal 2 menit, kemudian masukan kembali OTP yang sedang tampil di Authentication.
Apabila ada ASN yang mengalami kendala OTP tidak valid yang ditandai dengan muncul kode OTP lebih dari 1 (satu) di Authentication, maka sebaiknya menggunakan email gmail yang lain atau membuat email gmail baru, langkah selanjutnya ikuti tahapan dari awal dengan menggunakan email gmail baru tersebut sebagai akun Authentication.
Demikian, tutorial yang dapat diberikan, terima kasih, semoga bermanfaat, dan selamat melakukan aktivasi MFA SSO BKN, semoga berhasil. Aamiin.
No comments:
Post a Comment