Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Wednesday, February 23, 2022

Teknologi Pembelajaran di Kurikulum Merdeka

Semua aktivitas kehidupan di era digital ini tidak dapat terlepas dari teknologi, teknologi menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia.

Teknologi berkembang dengan pesat sebanding dengan tingkat pemanfaatannya, termasuk di bidang pendidikan yang didukung dengan kondisi Pandemi Covid-19. Proses pembelajaran yang berlangsug merupakan kombinasi antara sumberdaya manusia dan sumberdaya non manusia berupa teknologi. Teknologi pembelajaran hadir untuk membantu dan memacu proses pembelajaran, teknologi pembelajaran memberikan kemudahan dan fasilitas pembelajaran.

Kurikulum merdeka adalah untuk mengatasi krisis pembelajaran di Indonesia yang berlangsung lama dan belum membaik, ditambah dengan pandemi Covid-19 yang menyebabkan kehiangan pembelajaran (learning loss) dan meningkatnya kesenjangan pembelajaran.

Ada tiga cakupan utama dalam desain kurikulum merdeka, yaitu desain sistem pembelajaran, desain materi pembelajaran, dan alur tujuan pembelajaran. Desain sistem pembelajaran merupakan prosedur terorganisir meliputi: penganalisaan, perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian. Dalam sistem pembelajaran, proses pembelajaran menjadi faktor yang sama pentingnya dengan hasil pembelajaran. Proses pembelajaran tidak bisa dikesampingkan, karena hasil pembelajaran diperoleh melalui proses pembelajaran. Hasil pembelajaran yang baik tentunya diperoleh dari proses pembelajaran yang baik juga. Kemudian desain materi pembelajaran merupakan kegiatan merencanakan proses pembelajaran agar terjadi komunikasi interaktif. Dalam perencanaan ini harus memperhatikan prinsip-prinsip perhatian, persepsi, dan daya tangkap peserta didik. Hal yang juga harus diperhatikan adalah kesesuaian dari materi pembelajaran, media pembelajaran, dan tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh peserta didik. Selanjutnya, alur tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara sistematis dan logis sesuai dengan urutan langkah-langkah pembelajaran.

Kurikulum sekolah/madrasah harus ditetapkan sebagai pegangan dengan memperhatikan prinsip-prinsip perencanaan untuk mengamil keputusan tentang desain krikulum dan proses kerjanya. Prinsip-prinsip yang menjadi pegangan dalam proses perancangan kurikulum, yaitu: sederhana, fokus pada kompetensi dan karakter peserta didik, fleksibel, selaras, gotong royong, dan memperhatikan hasil kajian dan umpan balik.

Kurikulum merdeka memiliki kelebihan dibanding dengan kurikulum versi sebelumnya, yaitu lebih fleksibel hanya memuat materi pembelajaran yang esensial, memberikan kemerdekaan kepada peserta didik untuk memilih sesuai minat, memberikan kemerdekaan kepada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai konteks, sekolah/madrasah memiliki kemerdekaan untuk memilih dan mengembangkan kurikulum sesuai konteksnya, kurikulum lebih menekankan proses pembelajaran yang bermakna melalui pembelajaran proyek, dan pembelajaran menekankan peserta didik untuk mengkonstruksikan pengetahuan dengan mengkolaborasi beberapa mata pelajaran.

Metode pembelajaran yang sesuai dengan konsep kurikulum merdeka hanya dapat dilakukan dengan dukungan teknologi. Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang besar antara masyarakat yang memiliki akses teknologi dan yang tidak memiliki akses teknologi. Padahal dengan teknologi memungkinkan pemerataan akses kesempatan memperoleh materi dan pembelajaran yang sama.

Struktur utama kurikulum merdeka harus diikuti oleh guru dalam menyusun desain pembelajaran, demikian juga dengan teknologi pembelajaran sebagai usaha sistematis merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi keseluruhan pembelajaran. Struktur utama kurikulum merdeka yang harus diperhatikan meliputi pembelajan intrakurikuler berbasis mata pelajaran dan pembelajaran proyek berbasis pencapaian kompetensi umum. Kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi tidak boleh keluar dari struktur utama kurikulum merdeka, karena hal yang menonjol dari kurikulum merdeka adalah kesesuaian antara perencanaan dan tujuan utama pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi dan karakter. Oleh karena itu, guru sebagai pendidik profesional harus siap dan mampu mendesain teknologi pembelajaran yang cocok dan relevan ditetapkan di kurikulum merdeka. Modal dasar guru untk menerapkan kurikulum merdeka adalah kemauan untuk berubah.

No comments: