SILABUS PERKULIAHAN
SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2016/2017
Perguruan Tinggi : STKIP Nurul Huda Sukaraja
Mata Kuliah : Statistik Pendidikan
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester : V (Lima)
Bobot :
3 sks
Pengampu : Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
Contact : Hp/WA/Line. 0812 7129 4699;
e-mail: mukhamadfathoni@gmail.com
PIN BB: 5A9A2D7D
Kompetensi Dasar
Mahasiswa mampu melaksanakan
analisis deskriptif dan inferensial dalam lapangan pendidikan, khususnya
Pendidikan Agama Islam.
Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan
mahasiswa dapat:
1.
Memahami pengetahuan dasar statistik.
2.
Menyajikan data dalam bentuk distribusi frekuensi dan diagram.
3.
Menghitung tendensi sentral.
4.
Menghitung variabilitas data.
5.
Melakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen.
6.
Melakukan uji prasyarat analisis.
7.
Melakukan analisis deskriptif.
8.
Melakukan analisis hubungan antar variabel.
9.
Melakukan analisis perbedaan antar variabel.
10. Melakukan uji hipotesis.
Sumber Belajar
Hasan, Iqbal.
2009. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara, Jakarta.
Irianto, Agus.
2004. Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Kencana Prenada Media
Group, Jakarta.
Riduwan. 2004. Belajar
Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Alfabeta, Bandung.
Sudijono, Anas.
2010. Pengantar Statistik Pendidikan. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Sudjana. 2001. Metode
Statistika. Tarsito, Bandung.
Sugiyono. 2011.
Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.
Susetyo, Budi. 2010. Statistik Untuk Analisis Data
Penelitian. Refika Aditama, Bandung.
Buku-buku, dokumen-dokumen, laporan, dan tulisan tentang statistik.
Strategi Pembelajaran
1.
Secara
umum perkuliahan akan menggunakan strategi belajar aktif, dimana mahasiswa
diperlukan sebagai subyek, dengan sistem komunikasi dialogis. Pendekatan yang diterapkan ialah pembelajaran orang
dewasa (andragogy/adult learning) dengan menggunakan lebih banyak teknik
diskusi. Mengacu pada perolehan dari membaca atau pengalaman pribadi, mahasiswa
diharapkan secara aktif memberikan pendapat atau mengajukan hal-hal yang perlu
didiskusikan. Kuliah lebih merupakan upaya saling belajar di antara
dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa dengan mengutamakan presentasi dan
argumentasi atas berbagai isu yang diidentifikasikan sebagai pokok bahasan.
2. Ketika presentasi mahasiswa diwajibkan menyusun dan
membagi handout berisi konsep-konsep pokok bahasan serta dipaparkan
secara deskriptif, kritis, dan berimprovisasi dengan memberikan contoh-contoh
yang aktual. Isi paparan hendaknya memotivasi diskusi. Peserta diskusi
diharapkan memahami pokok bahasan secara utuh.
3.
Kuliah
ini direncanakan akan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan termasuk UTS dan
UAS.
4. Dalam perkuliahan, mahasiswa harus hadir di
ruang belajar tepat waktu.
Tugas
1.
Setiap
mahasiswa ditugaskan melakukan reading course, membaca bahan bacaan
terkait dengan topik tertentu sesuai dengan jadwal perkuliahan sebelum hadir di
kelas. Hasil bacaan dituangkan dalam tulisan tangan (1-3 halaman menggunakan kertas double folio
bergaris) dan dikumpulkan setiap kali pertemuan.
2.
Mahasiswa
memilih salah satu topik diskusi untuk disajikan dalam bentuk makalah dan power
point serta
mempresentasikannya secara berkelompok atau individu di depan kelas. Makalah
dikumpulkan pada saat akan presentasi sesuai jadwal. Presentasi dimulai
pertemuan ke-2.
3.
Kliping pendidikan dari
media cetak lokal, nasional, maupun internasional. Kliping diresume dan
diberikan komentar/pendapat penulis. Pendapat ditulis dengan mengikuti kerangka
berpikir ilmiah. Isi kliping antara 6–10 berita.
4.
Keterlambatan pengumpulan
tugas berdampak pada pengurangan skor penilaian.
Penilaian
Evaluasi Hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah ini meliputi:
1.
Partisipasi
di kelas (a)
2.
Tugas
latihan (individu) (b)
3.
Reading course (c)
4.
Kliping
pendidikan (d)
5.
UTS dan (e)
6.
UAS (f)
Nilai Akhir (NA) = a + b + c + d + e + f
6
Rentang Nilai
Nilai Angka
|
Nilai Huruf
|
Bobot
|
Predikat
|
86 – 100
|
A
|
4
|
Lulus sangat baik
|
71 – 85
|
B
|
3
|
Lulus baik
|
56 – 70
|
C
|
2
|
Lulus cukup
|
41 – 55
|
D
|
1
|
Lulus kurang
|
0 – 40
|
E
|
0
|
Gagal
|
Sukaraja, 19 September 2016
Dosen Pengampu,
Ttd
Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
atau unduh di sini!
No comments:
Post a Comment