Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Thursday, September 22, 2016

Silabus Mata Kuliah Statistik Pendidikan Agama Islam





SILABUS PERKULIAHAN
SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Perguruan Tinggi         : STKIP Nurul Huda Sukaraja
Mata Kuliah                : Statistik Pendidikan
Program Studi             : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester                      : V (Lima)
Bobot                          : 3 sks
Pengampu                   : Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
Contact                       : Hp/WA/Line. 0812 7129 4699;
                                      e-mail: mukhamadfathoni@gmail.com
                                      Blog: http://www.mufaesa.blogspot.com
                                      Twitter: https://twitter.com/mukhamadfathoni 
                                      Facebook: http://www.facebook.com/mukhamad.fathoni1
                                      PIN BB: 5A9A2D7D
                                     
Kompetensi Dasar
Mahasiswa mampu  melaksanakan analisis deskriptif dan inferensial dalam lapangan pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam.

Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat:
1.      Memahami pengetahuan dasar statistik.
2.      Menyajikan data dalam bentuk distribusi frekuensi dan diagram.
3.      Menghitung tendensi sentral.
4.      Menghitung variabilitas data.
5.      Melakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen.
6.      Melakukan uji prasyarat analisis.
7.      Melakukan analisis deskriptif.
8.      Melakukan analisis hubungan antar variabel.
9.      Melakukan analisis perbedaan antar variabel.
10.  Melakukan uji hipotesis.

Sumber Belajar
Hasan, Iqbal. 2009. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara, Jakarta.
Irianto, Agus. 2004. Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Alfabeta, Bandung.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Sudjana. 2001. Metode Statistika. Tarsito, Bandung.
Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.
Susetyo, Budi. 2010. Statistik Untuk Analisis Data Penelitian. Refika Aditama, Bandung.
Buku-buku, dokumen-dokumen, laporan, dan tulisan tentang  statistik.

Strategi Pembelajaran
1.    Secara umum perkuliahan akan menggunakan strategi belajar aktif, dimana mahasiswa diperlukan sebagai subyek, dengan sistem komunikasi dialogis. Pendekatan yang diterapkan ialah pembelajaran orang dewasa (andragogy/adult learning) dengan menggunakan lebih banyak teknik diskusi. Mengacu pada perolehan dari membaca atau pengalaman pribadi, mahasiswa diharapkan secara aktif memberikan pendapat atau mengajukan hal-hal yang perlu didiskusikan. Kuliah lebih merupakan upaya saling belajar di antara dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa dengan mengutamakan presentasi dan argumentasi atas berbagai isu yang diidentifikasikan sebagai pokok bahasan.
2.    Ketika presentasi mahasiswa diwajibkan menyusun dan membagi handout berisi konsep-konsep pokok bahasan serta dipaparkan secara deskriptif, kritis, dan berimprovisasi dengan memberikan contoh-contoh yang aktual. Isi paparan hendaknya memotivasi diskusi. Peserta diskusi diharapkan memahami pokok bahasan secara utuh.
3.    Kuliah ini direncanakan akan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan termasuk UTS dan UAS.
4.    Dalam perkuliahan, mahasiswa harus hadir di ruang belajar tepat waktu.

Tugas
1.    Setiap mahasiswa ditugaskan melakukan reading course, membaca bahan bacaan terkait dengan topik tertentu sesuai dengan jadwal perkuliahan sebelum hadir di kelas. Hasil bacaan dituangkan dalam tulisan tangan (1-3 halaman menggunakan kertas double folio bergaris) dan dikumpulkan setiap kali pertemuan.
2.    Mahasiswa memilih salah satu topik diskusi untuk disajikan dalam bentuk makalah dan power point serta mempresentasikannya secara berkelompok atau individu di depan kelas. Makalah dikumpulkan pada saat akan presentasi sesuai jadwal. Presentasi dimulai pertemuan ke-2.
3.    Kliping pendidikan dari media cetak lokal, nasional, maupun internasional. Kliping diresume dan diberikan komentar/pendapat penulis. Pendapat ditulis dengan mengikuti kerangka berpikir ilmiah. Isi kliping antara 6–10 berita.
4.    Keterlambatan pengumpulan tugas berdampak pada pengurangan skor penilaian.

Penilaian
Evaluasi Hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah ini meliputi:
1.    Partisipasi di kelas (a)
2.    Tugas latihan (individu) (b)
3.    Reading course (c)
4.    Kliping pendidikan (d)
5.    UTS dan (e)
6.    UAS (f)

Nilai Akhir (NA)          = a + b + c + d + e + f
                                                    6
Rentang Nilai
Nilai Angka
Nilai Huruf
Bobot
Predikat
86 – 100
A
4
Lulus sangat baik
71 – 85
B
3
Lulus baik
56 – 70
C
2
Lulus cukup
41 – 55
D
1
Lulus kurang
0 – 40
E
0
Gagal

Sukaraja, 19 September 2016
Dosen Pengampu,
Ttd
Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.




atau unduh di sini!

No comments: