Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Wednesday, February 10, 2016

Silabus Statistik



SILABUS PERKULIAHAN
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Perguruan Tinggi         : STKIP Nurul Huda Sukaraja
Mata Kuliah                : Statistik
Program Studi             : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Semester                      : IV (Empat)
Bobot                          : 3 sks
Pengampu                   : Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
Contact                       : Hp. 0812 7129 4699
                                      e-mail: mukhamadfathoni@gmail.com
                                      Blog: http://www.mufaesa.blogspot.com
                                      Twitter: https://twitter.com/mukhamadfathoni 
                                      Facebook: http://www.facebook.com/mukhamad.fathoni1
                                      PIN: 5A9A2D7D

Kompetensi
Mahasiswa mampu  melaksanakan analisis deskriptif dan inferensial dalam lapangan pendidikan, khususnya Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat:
1.      Memahami pengetahuan dasar statistik.
2.      Menyajikan data dalam bentuk distribusi frekuensi
3.      Menyajikan data dalam bentuk diagram.
4.      Menghitung tendensi sentral.
5.      Menghitung variabilitas data.
6.      Melakukan uji instrumen.
7.      Melakukan uji prasyarat analisis.
8.      Melakukan analisis deskriptif.
9.      Melakukan analisis hubungan antar variabel.
10.  Melakukan analisis perbedaan antar variabel.

Materi
Pertemuan ke-
Topik
Materi
1.       
Pengantar perkuliahan
Ruang lingkup mata kuliah, kebijakan perkuliahan dan penilaian.
2.       
Pengetahuan dasar
Pengertian statistik, tujuan statistik, kegunaan statistik, ciri-ciri statistik, macam statistik, data penelitian, konsep dasar penelitian.
3.       
Distribusi frekuensi
Distribusi frekuensi data tunggal, distribusi frekuensi data kelompokkan
4.       
Diagram
Histogram dan Polygon
5.       
Tendensi sentral
Mean, median, modus, kuartil, decil, percentil.
6.       
Variabilitas data
Rentangan, simpangan rata-rata, simpangan baku, varians.
7.       
Uji instrumen
Tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas, dan reliabilitas.
8.       
Ujian Tengah Semester
-
9.       
Uji persyaratan analisis
Normalitas (Liliefors, Chi Kuadrat), homogenitas (Bartlet)
10.   
Analisis Deskriptif
Analisis data nominal, analisis data ordinal, analisis data interval/rasio.
11.   
Hubungan antar variabel (Analisis korelasi)
Product Moment, Kontingensi, Korelasi Phi, Point Biserial, peta korelasi.
12.   
Perbedaan antara variabel (Analisis komparasi)
Analisis dua sampel berkorelasi, analisis dua sampel independen.
13.   
Review dan tindak lanjut
a.    Review atas segala pengalaman belajar mahasiswa untuk memeriksa bagian dari pengalaman mahasiswa yang kurang memadai, sehingga perlu dilakukan diskusi tindak lanjut.
b.    Penyelesaian hal-hal yang menyangkut administrasi akademik seperti kelengkapan tugas, kehadiran, mekanisme ujian, dan perbaikan nilai.
14.   
Ujian Akhir Semester
-


Sumber Belajar
Hasan, Iqbal. 2009. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara, Jakarta.
Irianto, Agus. 2004. Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Alfabeta, Bandung.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Sudjana. 2001. Metode Statistika. Tarsito, Bandung.
Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.
Susetyo, Budi. 2010. Statistik Untuk Analisis Data Penelitian. Refika Aditama, Bandung.
Buku-buku, dokumen-dokumen, laporan, dan tulisan tentang  statistik.

Strategi Pembelajaran
1.        Secara umum perkuliahan akan menggunakan strategi belajar aktif, dimana mahasiswa diperlukan sebagai subyek, dengan sistem komunikasi dialogis. Pendekatan yang diterapkan ialah pembelajaran orang dewasa (andragogy/adult learning) dengan menggunakan lebih banyak teknik diskusi. Mengacu pada perolehan dari membaca atau pengalaman pribadi, mahasiswa diharapkan secara aktif memberikan pendapat atau mengajukan hal-hal yang perlu didiskusikan. Kuliah lebih merupakan upaya saling belajar di antara dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa dengan mengutamakan presentasi dan argumentasi atas berbagai isu yang diidentifikasikan sebagai pokok bahasan.
2.        Kuliah ini direncanakan akan berlangsung sebanyak 14 kali pertemuan termasuk UTS dan UAS.
3.        Dalam perkuliahan, mahasiswa harus hadir di ruang belajar tepat waktu.

Tugas
1.      Setiap mahasiswa diwajibkan mengerjakan tugas mandiri terkait dengan topik tertentu sesuai dengan jadwal perkuliahan. Tugas dikumpulkan setiap kali pertemuan berikutnya
2.      Keterlambatan pengumpulan tugas berdampak pada pengurangan skor penilaian.

Penilaian
Komponen penilaian meliputi:
1.        Partisipasi di kelas (a)
2.        Tugas mandiri (individu) (b)
3.        UTS dan (c)
4.        UAS (d)

Nilai Akhir dirumuskan berikut:
Nilai Akhir (NA)         = a + b + c + d
                                                4
Rentang Nilai
Nilai Angka
Nilai Huruf
Bobot
Predikat
86 – 100
A
4
Lulus sangat baik
71 – 85
B
3
Lulus baik
56 – 70
C
2
Lulus cukup
41 – 55
D
1
Lulus kurang
0 – 40
E
0
Gagal


Sukaraja, 10 Pebruari 2016
Dosen Pengasuh,
Ttd
Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.

No comments: