Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Thursday, March 5, 2015

Silabus Pengembangan Sistem Evaluasi PAI



SILABUS

Mata Kuliah                         : Pengembangan Sistem Evaluasi PAI
Program Studi         : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester                   : IV (Empat)
Bobot                         : 3 sks
Pengampu                : Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
Tahun Akademik    : 2014/2015
Contact                      : Hp. 0812 7129 4699
                                     e-mail: mukhamadfathoni@gmail.com
                                     Blog: http://www.mufaesa.blogspot.com
                                                              Twitter: https://twitter.com/mukhamadfathoni
                                                              Facebook: http://www.facebook.com/mukhamad.fathoni1

A.    Kompetensi Dasar
Mahasiswa memperoleh wawasan tentang kegiatan evaluasi sebagai satu kegiatan integral dalam kegiatan pembelajaran, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan dasar dalam merencanakan, menyusun, dan melaksanakan evaluasi pendidikan  serta menafsirkan dan memanfaatkan hasil dalam konteks kegiatan belajar mengajar (KBM), serta mampu mengembangkan alat evaluasi terutama tes hasil belajar.

B.        Indikator
      Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat :
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan teori–teori dan pengetahuan dasar tentang sistem evaluasi pendidikan Islam
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan dan fungsi evaluasi pendidikan.
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan dan memahami  ciri–ciri dan prinsip–prinsip evaluasi pendidikan.
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan cakupan penilaian.
  5. Mahasiswa dapat merumuskan indikator pencapaian.
  6. Mahasiswa dapat menjelaskan teknik, jenis, dan bentuk instrumen penilaian.
  7. Mahasiswa dapat menetapkan kriteria ketuntasan minimal.
  8. Mahasiswa dapat membuat kisi-kisi soal, menetapkan tingkat kesukaran (TK) dan daya pembeda (DP).
  9. Mahasiswa dapat menetapkan skor dan menerapkan Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan Penilaian Acuan Norma (PAN).
  10. Mahasiswa dapat melaksanakan konversi nilai berskala 5, 10, 11, 100 dan Z skor.
  11. Mahasiswa dapat menetapkan validitas tes dan reliabilitas tes.
  12. Mahasiswa dapat menganalisis hasil belajar dan pengembangannya.
  13. Mahasiswa dapat menyusun laporan hasil penilaian.

C. Materi Pokok
1.         Pengetahuan dasar (pengertian, ciri, tujuan, fungsi, prinsip, dasar al-Qur’an)
2.         Cakupan penilaian (pengetahuan, sikap, dan keterampilan)
3.         Perumusan indikator pencapaian
4.         Teknik, jenis, dan bentuk instrumen
a.    Penilaian sikap
b.   Penilaian pengetahuan
c.    Penilaian keterampilan
5.         Perencanaan penyusunan instrumen
a.    Kriteria Ketuntasan Minimal
b.   Langkah menyusun instrumen
c.    Kisi-kisi
d.   Kartu soal
6.         Penyusunan instrumen
a.    Penilaian sikap
b.   Penilaian pengetahuan
c.    Penilaian keterampilan
7.         Uji coba instrumen
a.    Analisis tingkat kesukaran soal
b.   Analisis daya pembeda soal
c.    Uji validitas soal
d.   Uji reliabilitas tes
8.         Pelaksanaan penilaian
a.    Tata tertib
b.   Waktu dan tempat
9.         Sistem penilaian
a.    Penilaian Acuan Patokan (PAP)
b.   Penilaian Acuan Norma (PAN)
c.    Penilaian Acuan Gabungan/Kombinasi (PAK)
10.     Pengolahan skor
a.    Teknik penskoran
b.   Pengolahan skor menjadi nilai berskala tertentu
11.     Analisis hasil ulangan dan tindak lanjut
a.    Analisis hasil ulangan
b.   Program perbaikan
c.    Program pengayaan
12.     Pelaporan hasil penilaian
a.    Buku laporan hasil belajar
b.   Target pencapaian kurikulum
c.    Daya serap

D.    Strategi Pembelajaran
1.      Secara umum perkuliahan akan menggunakan strategi belajar aktif, dimana mahasiswa diperlukan sebagai subyek, dengan sistem komunikasi dialogis. Pendekatan yang diterapkan ialah pembelajaran orang dewasa (andragogy/adult learning) dengan menggunakan lebih banyak teknik diskusi. Mengacu pada perolehan dari membaca atau pengalaman pribadi, mahasiswa diharapkan secara aktif memberikan pendapat atau mengajukan hal-hal yang perlu didiskusikan. Kuliah lebih merupakan upaya saling belajar di antara dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa dengan mengutamakan presentasi dan argumentasi atas berbagai isu yang diidentifikasikan sebagai pokok bahasan.
2.      Ketika presentasi mahasiswa diwajibkan menyusun dan membagi handout berisi konsep-konsep pokok bahasan serta dipaparkan secara deskriptif, kritis, dan berimprovisasi dengan memberikan contoh-contoh yang aktual. Isi paparan hendaknya memotivasi diskusi. Peserta diskusi diharapkan memahami pokok bahasan secara utuh.
3.      Kuliah ini direncanakan akan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan termasuk UTS dan UAS.
4.      Dalam perkuliahan, mahasiswa harus hadir di ruang belajar tepat waktu.

E.     Sumber Pembelajaran
1.    Jurnal, makalah, dan penelitian lainnya yang berkaitan dengan evaluasi pendidikan.
2.    Buku acuan :
Arikunto, Suharsini. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan.
Semua sumber yang berkaitan dengan evaluasi pendidikan.
Peraturan perundang-undangan yang berlaku.

F.      Tugas
1.      Setiap mahasiswa ditugaskan melakukan reading course, membaca bahan bacaan terkait dengan topik tertentu sesuai dengan jadwal perkuliahan sebelum hadir di kelas. Hasil bacaan dituangkan dalam tulisan tangan (1-3 halaman menggunakan kertas double folio bergaris) dan dikumpulkan setiap kali pertemuan.
2.      Mahasiswa memilih salah satu topik diskusi untuk disajikan dalam bentuk makalah dan power point serta mempresentasikannya secara berkelompok atau individu di depan kelas. Makalah dikumpulkan pada saat akan presentasi sesuai jadwal. Presentasi dimulai pertemuan ke-2.
3.      Kliping pendidikan dari media cetak lokal, nasional, maupun internasional. Kliping diresume dan diberikan komentar/pendapat penulis. Pendapat ditulis dengan mengikuti kerangka berpikir ilmiah. Isi kliping antara 6–10 berita.
4.      Keterlambatan pengumpulan tugas berdampak pada pengurangan skor penilaian.
5.      Tugas lain akan diumumkan kemudian.

G.    Penilaian
      Evaluasi Hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah ini meliputi:
1.      Partisipasi di kelas (a)
2.      Makalah (b)
3.      Kliping pendidikan (individu) (c)
4.      Tugas latihan (individu) (d)
5.      Reading course (e)
6.      UTS dan UAS (f)

Nilai Akhir
Nilai Akhir (NA)      = a + b + c + d + e + f
                                                   5
     




Rentang Nilai
Nilai Angka
Nilai Huruf
Bobot
Predikat
86 – 100
A
4
Lulus sangat baik
71 – 85
B
3
Lulus baik
56 – 70
C
2
Lulus cukup
41 – 55
D
1
Lulus kurang
0 – 40
E
0
Gagal


                                                                                    Sukaraja,  2 Maret 2015
            Mengetahui                                                   Dosen Pengampu
            Ketua Program Studi,                                 Ttd
            Ttd                                                                  Mukhamad Fathoni, M.Pd.I.
            Drs. H. Mu’arif, M.Pd.I.                            

atau unduh di sini!




No comments: