Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Tuesday, March 31, 2015

Naskah Soal Ujian Tengah Semester Profesi Kependidikan



NASKAH SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER
TAHUN AKADEMIK 2014/2015

A.    Identitas
Perguruan tinggi   : STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU TIMUR
Program studi       : Pendidikan Fisika
Mata kuliah          : Profesi Kependidikan
Semester               : IV (Empat)
Sifat ujian             : Take home

B.     Petunjuk
1.    Baca dan pahami terlebih dahulu soalnya.
2.    Gunakan kajian akademik untuk menjawab permasalahan berikut dengan mengedepankan pemikiran-pemikiran yang argumentatif dan konstruktif!
3.    Jawaban diketik rapi menggunakan kertas A4 dengan spasi 1,5.
4.    Jawaban dikumpul pada tanggal 21 April 2015.
5.    Keterlambatan pengumpulan jawaban akan berdampak pada pemberian sanksi berupa pengurangan skor penilaian (10 skor).
6.    Hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan langsung kepada dosen pengasuh.

C.    Soal
1.    Di Amerika Serikat, ada dokumen yang disebut Dictionary of Occupation Title (DOT) yang dipublikasikan oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat. Dokumen tersebut memuat ribuan jenis pekerjaan atau jabatan, baik yang memerlukan keahlian maupun yang tidak memerlukan keahlian khusus. Di Indonesia juga banyak pekerjaan atau jabatan yang tersedia sesuai  dengan pasar tenaga kerja. Daftarlah  pekerjaan-pekerjaan yang anda ketahui! Pilih pekerjaan atau jabatan yang dapat dikategorikan sebagai profesi atau hanya pekerjaan saja! Gunakan karakteristik profesi untuk menjustifikasi!
2.    Kesejahteraan guru selalu menjadi bahan perbincangan tiada henti. Pertanyaan dasar yang perlu dijawab ialah, benarkah kesejahteraan para guru belum memadai dibandingkan dengan profesi lain? Berikan paparan tentang standar gaji, penghasilan dan penghargaan lain yang diatur oleh peraturan perundang-undangan dan dibandingkan dengan ketentuan upah minimum regional dan provinsi dan tingkat kebutuhan hidup minimum (KHM)!
3.    Kajilah dampak jangka panjang ketika persyaratan untuk menjadi guru sedemikian ”cair” dalam arti dapat diduduki oleh siapapun yang tanpa kecuali, oleh lulusan sarjana (S1) dan D-IV kependidikan maupun non-kependidikan!
4.    Sebuah proses pendidikan diarahkan untuk melahirkan produk pendidikan yang memiliki kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Bagaimana Anda melihat produk pendidikan kita dalam pencapaian ketiga kompetensi tersebut? Berikan alasan-alasan bersifat teoritik dan praktis!
5.    Ada istilah: 1. Karena keluarga mendapat pekerjaan, dan 2. Karena pekerjaan mendapat keluarga. Apa pendapat Anda tentang kedua Istilah tersebut? Istilah mana yang sebaiknya Anda lakukan sebagai orang yang telah mempelajari profesi kependidikan? Berikan alasannya!

Bekerjalah dengan Jujur, karena Apapun yang Anda Kerjakan, Tuhan Maha Mengetahui

No comments: