Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Wednesday, October 2, 2013

Silabus Statistik Tahun 2013



SILABUS PERKULIAHAN
SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2013/2014

Perguruan Tinggi         : STKIP Nurul Huda Sukaraja
Mata Kuliah                : Statistik Pendidikan
Program Studi             : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester                      : V (Lima)
Pengampu                   : Mukhamad Fathoni, S.Pd.I.
Contact                       : Hp. 0812 7129 4699
                                      e-mail: mukhamadfathoni@gmail.com
                                      Web log: http://www.mufaesa.blogspot.com
                                      Twitter: https://twitter.com/mukhamadfathoni 
                                      Facebook: http://www.facebook.com/mukhamad.fathoni1

Kompetensi Dasar
Mahasiswa mampu  melaksanakan analisis deskriptif dan inferensial dalam lapangan pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam.

Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat:
1.      Memahami pengetahuan dasar statistik.
2.      Menyajikan data dalam bentuk distribusi frekuensi dan diagram.
3.      Menghitung tendensi sentral.
4.      Menghitung variabilitas data.
5.      Melakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen.
6.      Menentukan populasi dan sampel penelitian.
7.      Melakukan uji prasyarat analisis.
8.      Melakukan analisis deskriptif.
9.      Melakukan analisis hubungan antar variabel.
10.  Melakukan analisis perbedaan antar variabel.
11.  Melakukan uji hipotesis.

Materi
No
Topik
Materi
1.
Pengetahuan dasar
Pengertian statistik, tujuan statistik, kegunaan statistik, ciri-ciri statistik, macam statistik, data penelitian, konsep dasar penelitian.
2.
Distribusi frekuensi
Distribusi frekuensi data tunggal, distribusi frekuensi data kelompokkan, diagram.
3.
Tendensi sentral
Mean, median, modus, kuartil, decil, percentil.
4.
Variabilitas data
Rentangan, simpangan rata-rata, simpangan baku, varians.
5.
Validitas dan reliabilitas instrument
Validitas instrumen, reliabilitas instrumen.
6.
Populasi dan sampel
Populasi, sampel, teknik sampling.
7.
Uji persyaratan analisis
Normalitas (Liliefors, Chi Kuadrat), homogenitas (Bartlet)
8.
Analisis Deskriptif
Analisis data nominal, analisis data ordinal, analisis data interval/rasio.
9.
Hubungan antar variabel (Analisis korelasi)
Product Moment, Kontingensi, Korelasi Phi, Point Biserial, peta korelasi, regresi linier.

No
Topik
Materi
10.
Perbedaan antara variabel (Analisis komparasi)
Analisis dua sampel berkorelasi, analisis dua sampel independen.
11.
Uji hipotesis
Konsep dasar pengujian hipotesis, hipotesis deskriptif, hipotesis komparatif, hipotesis asosiatif.


Sumber Belajar
Susetyo, Budi. 2010. Statistik Untuk Analisis Data Penelitian. Refika Aditama, Bandung.
Irianto, Agus. 2004. Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Hasan, Iqbal. 2009. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara, Jakarta.
Sudjana. 2001. Metode Statistika. Tarsito, Bandung.
Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Alfabeta, Bandung.
Buku-buku, dokumen-dokumen, laporan, dan tulisan tentang  statistik.


Strategi Pembelajaran
1.      Secara umum perkuliahan akan menggunakan strategi belajar aktif, dimana mahasiswa diperlukan sebagai subyek, dengan sistem komunikasi yang dialogis, dan mengutamakan latihan–latihan secara individual.
2.      Setiap kali pertemuan diadakan penjajagan materi–materi yang telah diberikan, dan memberikan kesempatan untuk tanya jawab dan latihan–latihan pada setiap tatap muka. Secara terstruktur mahasiswa  diberi tugas, tugas–tugas memberikan kontribusi dalam penilaian.
3.      Kuliah ini direncanakan akan berlangsung sebanyak 16 kali pertemuan termasuk UTS dan UAS.
4.      Dalam perkuliahan, mahasiswa harus hadir di ruang belajar tepat waktu.


Penilaian
Evaluasi Hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah ini meliputi:
1.        Kehadiran di Kelas (a)
2.        Post Test (b)
3.        Tugas Latihan (c)
4.        Ujian Tengah Semester (d)
5.        Ujian Akhir Semester (e)


Nilai Akhir
Nilai Akhir (NA)         = a + b + c + d + e
                                                   5
Rentang Nilai
Nilai Angka
Nilai Huruf
Bobot
Predikat
86 – 100
A
4
Lulus sangat baik
71 – 85
B
3
Lulus baik
56 – 70
C
2
Lulus cukup
41 – 55
D
1
Lulus kurang
0 – 40
E
0
Gagal
Tugas
     Setiap mahasiswa diwajibkan mengerjakan tugas latihan terkait dengan topik tertentu sesuai dengan jadwal perkuliahan. Latihan dikumpulkan setiap kali pertemuan berikutnya (menggunakan kertas double folio bergaris).

Sukaraja, 30 September 2013
Dosen Pengampu,
Ttd
Mukhamad Fathoni, S.Pd.I.

Selengkapnya dapat di download pada link di bawah ini:
1. Silabus perkuliahan
2. Pengetahuan dasar statistik
3. Distribusi frekuensi
    Soal latihan distribusi frekuensi
4. Histogram dan polygon
5. Pemusatan data
    Soal latihan pemusatan data
6. Penyebaran data
    Soal latihan penyebaran data
7. Uji instrumen pengumpulan data
    Contoh uji validitas
    Contoh uji reliabilitas
    Soal latihan uji instrumen pengumpulan data
8. Populasi sampel
    Soal latihan populasi sampel
9. Uji homogenitas
    Contoh uji homogenitas
    Soal latihan uji homogenitas
10. Uji normalitas
      Contoh uji normalitas
      Soal latihan uji normalitas
11. Konsep dasar uji hipotesis
      Soal latihan uji hipotesis
12. Analisis data dengan statistik
13. Teknik analisis deskriptif
      Contoh analisis deskriptif
      Soal latihan analisis deskriptif
14. Teknik analisis korelasi
      Contoh analisis korelasi
      Soal latihan analisis korelasi
15. Teknik analisis komparasi
      Contoh analisis komparasi
      Soal latihan analisis komparasi
16. Ujian tengah semester
17. Ujian akhir semester