Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Wednesday, March 28, 2012

Profil STKIP Nurul Huda Sukaraja


 

PROFIL
STKIP NURUL HUDA

 Alamat:
 Jln. Kotabaru Sukaraja Buay Madang OKU TIMUR Sumatera Selatan 32161
Telp/Fax. 0735482342; HP. 081368438668, 081532166636; email: stkipnurulhuda@gmail.com
2012



IDENTITAS LEMBAGA PERGURUAN TINGGI


PTAIS                  : STKIP NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR
Alamat                 : Jln. Kotabaru Sukaraja Buaymadang OKU TIMUR Sumsel 32161
                               Telp/Fax. 0735-482342; HP: 081368438668, 0815 32166636, 0815 3564408;
           e-mail: stkipnurulhuda@gmail.com

Visi       
STKIP Nurul Huda Sukaraja merupakan lembaga yang unggul dalam pengembangan SDM berakhlakul karimah berlandaskan iman, ilmu, dan amal secara integral.

Misi
STKIP Nurul Huda Sukaraja menyelenggarakan, membina, dan mengembangkan :
1. Pendidikan yang menghasilkan tenaga pendidik profesional yang mampu bersaing secara global, mengembangkan nilai-nilai Islami dan berakhlakul karimah.
2.     Penelitian kependidikan yang menghasilkan informasi dan pembaharuan pendidikan.
3.  Pengabdian masyarakat dengan orientasi perbaikan mutu pendidikan sesuai kebutuhan masyarakat.

Nama, Alamat, dan Pimpinan Perguruan Tinggi serta Yayasan







 


PROFIL
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) NURUL HUDA
SUKARAJA OKU TIMUR

1.1. Sejarah Singkat STKIP Nurul Huda Sukaraja
Sejarah berdiri STKIP Nurul Huda Sukaraja dimulai dengan didirikannya Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAIS) Nurul Huda Sukaraja berdasarkan hasil rapat pimpinan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja pada tanggal 25 April 1996 dengan membuka dua fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah jurusan Pendidikan Agama Islam, dan Fakultas Dakwah jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), namun fakultas dakwah kurang mendapat respon dari masyarakat.
Pada tanggal 27 Mei 1998 mendapat ijin operasional penyelenggaran Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang Strata Satu (S.1) dengan nomor : E/120/1998 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Nurul Huda Sukaraja. Dan pada tanggal 18 Juni 2004 mendapat ijin operasional kedua dengan nomor: DJ.II/177/2004.
Dengan ijin operasional dari KOPERTAIS WILAYAH VII SUMBAGSEL Nomor : XVII Tahun 2002, pada tahun akademik 2002/2003 sampai dengan tahun akademik 2005/2006 STIT Nurul Huda Sukaraja menyelenggarakan Program Diploma Dua (D.2) Pendidikan Guru Kelas MI/SD.
Dengan ijin operasional dari Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 230/D/O/2007 tanggal 30 Nopember 2007 (telah diperpanjang), dan SK Dirjen  Pendidikan Islam Nomor: DJ.I/385/2008 tanggal 27 Oktober 2008, STIT Nurul Huda Sukaraja  resmi berubah menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda Sukaraja dengan membuka lima program studi sebagai berikut :
1. Program Studi Pendidikan Agama Islam (S.1)
2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S.1)
3. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S.1)
4. Program Studi Pendidikan Fisika (S.1)
5. Program Studi Pendidikan Ekonomi  (S.1)
Dalam penyelenggaraan programnya, STKIP Nurul Huda Sukaraja memiliki Pedoman Akademik yang disusun berdasarkan pedoman akademik yang sudah ada dan peraturan-peraturan serta keputusan-keputusan yang telah dikeluarkan baik oleh Departemen Agama, Departemen Pendidikan Nasional, Kopertais Wilayah VII, Kopertis Wilayah II, maupun oleh STKIP Nurul Huda Sukaraja.

1.2. Visi dan Misi STKIP Nurul Huda Sukaraja
VISI :
STKIP Nurul Huda Sukaraja merupakan lembaga yang unggul dalam pengembangan SDM berakhlakul karimah berlandaskan iman, ilmu, dan amal secara integral.

MISI :
STKIP Nurul Huda Sukaraja menyelenggarakan, membina, dan mengembangkan:
1.   Pendidikan yang menghasilkan tenaga pendidik profesional yang mampu bersaing secara global, mengembangkan nilai-nilai Islami dan berakhlakul karimah;
2.       Penelitian kependidikan yang menghasilkan informasi dan pembaharuan pendidikan;
3.       Pengabdian masyarakat dengan orientasi perbaikan mutu pendidikan sesuai kebutuhan masyarakat.

1.3. Tujuan STKIP Nurul Huda Sukaraja
STKIP Nurul Huda Sukaraja bertujuan untuk menghasilkan :
1.       Lulusan berkualitas beriman, bertakwa, berakhlakul karimah dan profesional sesuai bidang studinya;
2.       Lulusan yang mampu menerapkan dan mengembangkan format ideal pendidikan;
3.       Lulusan yang dapat memenuhi tuntutan dunia kerja;
4.       Penelitian dalam bidang ilmu pendidikan;
5.       Karya yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hubungan dengan instansi lain dan masyarakat.

1.4. Program Pendidikan
Program pendidikan di STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU TIMUR adalah program program sarjana (S1) dengan sistem pendidikan Sistem Kredit Semester (SKS) ditempuh selama 8 semester (4 tahun) yang terbagi dalam semester ganjil dan genap, dapat diselesaikan dalam waktu 7 semester (3,5 tahun).
1.       Program studi melaksanakan pendidikan akademik atau profesional dalam satuan pendidikan.
2.       Program studi dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi.
3.       Ketua Program Studi bertanggung jawab kepada Ketua Sekolah Tinggi melalui Pembantu Ketua I.
4.       STKIP Nurul Huda Sukaraja menyelenggarakan lima program studi, yaitu :
1. Program Studi Pendidikan Agama Islam (S.1)
2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S.1)
3. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S.1)
4. Program Studi Pendidikan Fisika (S.1)
5. Program Studi Pendidikan Ekonomi (S.1)



1.5. Ketenagaan
Untuk mendukung penyelenggaraan proses pembelajaran, saat ini STKIP Nurul Huda Sukaraja mempunyai 73 orang tenaga pendidik dan 20 tenaga administrasi dan penunjang akademik. Ketujuhpuluh tiga orang tenaga pendidik ini terdiri atas 24 orang dosen berpendidikan S.2  (magister) dan 49 orang dosen berpendidikan S.1 dari berbagai disiplin ilmu sesuai mata kuliah yang diampu. Pada saat ini, 15 orang dosen  sedang melanjutkan studi S.2 (magister) di Palembang dan 1 orang dosen studi lanjut di Jakarta.

Keadaan Dosen STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU TIMUR

1.6. Mahasiswa
Pada tahun akademik 2011/2012 jumlah mahasiswa yang terdaftar pada STKIP Nurul Huda Sukaraja sebanyak 2.340 orang mahasiswa.
Keadaan Mahasiswa STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU TIMUR
 
1.7. Alumni
Sampai tahun 2011, alumni STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU TIMUR sejumlah 562 orang. Alumni tersebut tersebar di Indonesia dengan berbagai profesi seperti Pegawai Kemenag, Pegawai Diknas, Dosen, Guru Agama SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, wiraswasta dan sebagainya. Daftar alumni dapat dilihat pada tabel berikut:

Alumni STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU TIMUR
 
1.8. Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasana yang terdapat di STKIP Nurul Huda Sukaraja saat ini adalah sebagai berikut :
1. Perpustakaan
2. Laboratorium Bahasa
3. Laboratorium Komputer
4. Gedung rektorat dan dosen
5. Gedung administrasi dan peralatan pendukung administrasi
6. Gedung kuliah dan fasilitas peralatan pembelajaran
7. Fasilitas penunjang proses belajar mengajar
8. Fasilitas umum untuk dosen, karyawan, dan mahasiswa
9. Internet dan hotspot  area
10. Aula dan ruang seminar
11. Multimedia pembelajaran

1.9. Struktur Organisasi dan Personalia
Berdasarkan SK Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja Nomor : 049/Kpts/Pimp/YPP-NH/Kp.01.3/VI/2011, tanggal 28 Juni 2011, struktur organisasi dan personalia STKIP Nurul Huda Sukaraja sebagai berikut:
Tabel 1
Struktur Organisasi dan Personalia
1.10. Kurikulum
Kurikulum pendidikan di STKIP Nurul Huda Sukaraja terdiri dari Kurikulum Nasional (Kurnas) sebanyak 60% dan Kurikulum Lokal (Kurlok) sebanyak 40%.
Sesuai dengan Surat Keputusan Ketua STKIP Nurul Huda Sukaraja kurikulum program S.1 yang diberlakukan di STKIP Nurul Huda Sukaraja adalah kurikulum tahun 1997 untuk mahasiswa angkatan 1997 s.d. 2001, kurikulum tahun 2001 untuk mahasiswa angkatan tahun 2001 s.d. 2004, dan kurikulum tahun 2004 untuk mahasiswa angkatan 2004 s.d. sekarang.
Untuk menyelesaikan program S.1 mahasiswa harus menyelesaikan semua mata kuliah dan kegiatan akademik lainnya sebanyak 160 sks. Mata kuliah-mata kuliah itu tersebar dalam semester 1 – 8 dan terdiri atas beberapa kelompok mata kuliah.

1.11. Program Pengembangan
A.    Pengembangan Efisiensi dan Produktivitas
1          Peningkatan mutu sumber daya manusia
-           Pelatihan penyusunan proposal penelitian, pengabdian masyarakat dan penulisan karya ilmiah.
-           Peningkatan jumlah dosen untuk mengikuti/menempuh pendidikan pasca sarjana sesuai dengan bidang ilmu yang dibutuhkan.
-           Kursus dan pelatihan bahasa asing.
-           Program pemagangan penelitian di lembaga-lembaga penelitian.
-           Pelatihan metode dan evaluasi pembelajaran.
-           Peningkatan pembimbingan akademik.
-           Menyelenggarakan seminar tentang pendidikan dan keterkaitannya dengan pengguna jasa.
2.        Peningkatan mutu proses pembelajaran
-           Penyusunan buku ajar dan penuntun praktikum
-           Melengkapai media pembelajaran dan peralatan dasar laboratorium serta prasarana listrik dan air
-           Pelatihan penggunaan peralatan laboratorium canggih
-           Pembenahan implementasi kurikulum
-    Implementasi penyusunan Satuan Acara Perkuliahan (SAP), silabus, soal dan penilaian kemajuan akademik mahasiswa
-           Loka karya penyusunan pedoman tata krama dosen dan mahasiswa
-           Peningkatan disiplin dosen dan mahasiswa
3         Peningkatan mutu manajemen
-           Pelatihan pengelolaan laboratorium
-           Pelatihan penataan sistem informasi dan administrasi akademik
-           Pelatihan kesekretariatan bagi karyawan
B.     Pengembangan Relevansi
1.        Penelusuran alumni yang terprogram dan temu alumni.
2.        Pembentukan kelompok studi bidang minat baru
3.        Pelatihan bidang minat mahasiswa secara terencana dan terjadwal
C.    Pengembangan Suasana Akademik
1.        Pelaksanaan penelitian dan pengadian terpadu
2.        Seminar pendidikan agama Islam dan selingkupnya
3.        Seminar rutin bagi dosen
4.        Dialog interaktif terencana dan terjadwal antara dosen dan mahasiswa
D.      Peningkatan Manajemen Kelembagaan
1.        Pelatihan penyusunan sistem evaluasi kegiatan kemahasiswaan dan peningkatan kegiatan kemahasiswaan
2.        Penyusunan rencana strategis pengembangan program studi
3.      Peningkatan layanan informasi dan administrasi melalui suatu sistem terpadu bagi mahasiswa, dosen, alumni, dan calon mahasiswa.

1.12. Profil Pimpinan