Ahlan Wasahlan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuhu
!!!SELAMAT DATANG!!!
"Tuhan Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Hamba-Nya."


Monday, June 28, 2010

Silabus mata kuliah statistik pendidikan

Mata Kuliah : Statistik Pendidikan

Kode Mata Kuliah : PAI 501

Komponen : MKB

Fakultas : Tarbiyah

Jurusan : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Program : S.1

Bobot : 3 SKS

Semester : V ( Lima )

A. Kompetensi Dasar

Mahasiswa mampu melaksanakan analisis deskriptif dan inferensial dalam lapangan pendidikan, khususnya PAI.

B. Hasil Belajar

Mahasiswa mampu mneganalisis tabel dan grafik :

1. Mahasiswa mampu menganalisis data dengan ukuran – ukuran tendensi pusat.

2. Mahasiswa mampu menganalisis data dengan ukuran – ukuran variabilitas data.

3. Mahasiswa mampu melakukan uji persyaratan analisis ( uji asumsi ) dalam rangka uji hipotesis dengan teknik korelasi, komparasi, dan regresi.

4. Mahasiswa mampu menganalisis data dalam rangka uji hipotesis dengan teknik korelasi, komparasi, dan regresi.

5. Mahasiswa mampu menganalisis data dengan menggunakan alat bantu ( komputer ).

C. Indikator

Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat :

1. Mahasiswa mampu membuat tabel dan grafik dalam rangka analisis data kuantitatif.

2. Mahasiswa mampu melakukan interprestasi data yang dimuat tabel dan grafik.

3. Mahasiswa mampu menganalisis data dengan ukuran – ukuran tendensi pusat.

4. Mahasiswa mampu membuat interprestasi terhadap analisis data dengan ukuran – ukuran tendensi pusat.

5. Mahasiswa mampu menganalisis data dengan ukuran – ukuran variabilitas data.

6. Mahasiswa mampu membuat interprestasi terhadap analisis data dengan ukuran – ukuran variabilitas data.

7. Mahasiswa mampu melakukan uji persyaratan analisis ( uji asumsi ) dalam rangka uji hipotesis dengan teknik korelasi.

8. Mahasiswa mampu melakukan uji persyaratan analisis ( uji asumsi ) dalam rangka uji hipotesis dengan teknik komparasi.

9. Mahasiswa mapu melakukan uji persyaratan analisis ( uji asumsi ) dalam rangka uji uji hipotesis dengan teknik regresi.

10. Mahasiswa mampu menganalisis data dalam rangka uji hipotesis dengan teknik korelasi.

11. Mahasiswa mampu menganalisis data dalam rangka uji hipotesis dengan teknik komparasi.

12. Mahasiswa mampu menganalisis data dalam rangka uji hipotesis dengan teknik regresi.

13. Mahasiswa mampu menganalisis data dengan menggunakan alat bantu ( komputer ).

A. Materi Pokok

1. Tabel dan grafik dalam rangka analisis data kuantitatif.

2. Interprestasi data yang dimuat dalam tabel dan grafik.

3. Analisis data dengan ukuran – ukuran tendensi pusat.

4. Analisis data dengan ukuran – ukuran variabilitas data.

5. Uji persyaratan analisis ( uji asumsi ) dalam rangka uji hipotesis dengan teknik korelasi.

6. Uji persyaratan analisis ( uji asumsi ) dalam rangka uji hipotesis dengan teknik komparasi.

7. Uji persyaratan analisis ( uji asumsi ) dalam rangka uji hipotesis dengan teknik regresi.

8. Analisis data dalam rangka uji hipotesis dengan teknik korelasi.

9. Analisis data dalam rangka uji hipotesis dengan teknik komparasi.

10. Analisis data dalam rangka uji hipotesis dengan teknik regresi.

11. Analisis data dengan menggunakan alat bantu ( komputer )

B. Strategi Pembelajaran

1. Secara umum perkuliahan akan menggunakan strategi belajar aktif, dimana mahasiswa diperlukan sebagai subyek, dengan sistem komunikasi yang dialogis, dan mengutamakan latihan – latihan secara individual dan kelompok.

2. Setiap kali pertemuan diadakan penjajagan materi – materi yang telah diberikan, dan memberikan kesempatan untuk tanya jawab dan latihan – latihan ( praktikum ) pada setiap tatap muka. Secara terstruktur mahasiswa diberi tugas, menggunakan buku praktikum yang dikumpulkan pada akhir pembahasan setiap materi pokok, baik dalam ruang perkuliahan maupun di rumah. Tugas – tugas emberikan kontribusi dalam penilaian.

C. Sarana dan Sumber Pembelajaran

1. Papan tulis, penghapus, spidol, dan OHP.

2. Dosen Mata Kuliah desain instruksional yang berkompeten.

2. Majalah, jurnal, makalah, dan penelitian lainnya.

3. Buku acuan :

Anas Sudijono.2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Radja Grafindo Persada.

Sudjana, 2000. Metode Statistik.Bandung : Tarsito.

Sutrisno Hadi.Statistik Jilid I, II , dan III. Yogyakarta : Fak Psikologi UGM.

G. Penilaian

Evaluasi Hasil belajar Mahasiswa dalam mata kuliah ini meliputi :

1. Porto Folio ( 40 % )

2. Mid Semester ( 20 % ), berupa ujian tertulis.

3. Partisipasi ( 10 % ) berupa kehadiran dan keterlibatan mahasiswa dalam tanya jawab dan diskusi.

4. Ujian Akhir Semester ( 30 % ), berupa tes tertulis.

No comments: